Cara Melatih Kucing Buang Air Agar Tidak Pernah Sembarangan

Diposting pada

Memelihara kucing merupakan pilihan yang sangat tepat menurut aku, khususnya bagi kamu yang suka hewan lucu dan bisa diajak bermain. Meski hewan yang disebut kucing ini lucu dan banyak yang melihara, tapi tetap ada yang tidak suka karena saat dipelihara, kucingnya suka buang air sembarangan! Mungkin karena belum tahu cara melatih kucing buang air.

Kamu tahu sendiri kan kalau bau dari pup kucing itu sedap banget! Juga banyak orang yang susah menghilangkan bau dari hasil si kucing buang air itu.

Tempat untuk si kucing buang air juga terkadang susah dijangkau, seperti di kolong tempat tidur, lemari atau lainnya. Malah tempat tidur juga sering, aku sering kena berkah air kencing kucing kalau lupa menutup pintu kamar.

Mungkin kita udah banyak nyoba berbagai cara mencegah si kucing tidak buang air sembarangan seperti menyediakan Cat Litter (Litter Box), membawanya ke toilet dan semacam itu.

Memang, secara alami si kucing buang air di pasir atau tanah.

Dalam penerapannya ya si kucing harus dikenalkan pada litter box tersebut sedari dini. Untuk melatih kucing ataupun yang masih kitten supaya buang air tidak sembarangan, kita perlu fokus dalam Litter Boxnya.

Cara Melatih Kucing Buang Air

Gambar Anak Kucing Lucu Ingin Buang Air
foto anak kucing lucu ingin buang air
via : wyrk.com

Supaya kamu tahu gimana cara yang terbaik untuk melatih kucing buang air, KucingPedia.com akan membagikan informasi yang terpercaya dimana artikel ini bersumber dari WikiHow mengenai cara melatih kucing buang air supaya tidak di sembarang tempat. Gimana aja?

A. Menyiapkan Persediaan

1. Siapkan kotak kotoran ukurang besar

Melatih Kucing Buang Air Dengan Litter Box Besar
Litter box berpengaruh besar dalam cara melatih kucing buang air agar tidak sembarangan
via : id.wikihow.com

Pertumbuhan tubuh si kucing bisa dibilang cepat, maka dari itu usahakan ketika kamu membeli Litter Box langsung saja yang besar, jangan yang kecil.

Kenapa ini dijadikan pertimbangan?

Kotak yang besar memberikan akes si kucing untuk masuk ke kotak dengan leluasa dan dia akan nyaman buang air, tidak merasa sempit.

Oiya jika kamu punya anak kucing yang dirasa tidak sampai untuk memanjat ke Litter Box tersebut, cobalah buat jembatan buatan supaya ia bisa memanjatnya tanpa kesusahan.

2. Pilih kotak kotoran yang tertutup

Melatih Kucing Buang Air Dengan Litter Box Tertutup
melatih kucing buang air dengan Litter Box tertutup
via : kittiesfunny.net

Ini menjadi salah satu alternatif dalam pemilihan kotak untuk si anak kucing buang air. Beberapa jenis kotak memiliki tutup di sekelilingnya.

Kotak ini menjadi pilihan yang cocok untuk menahan pasir dan kotoran kucing yang suka digali/didorong kemudian sekaligus berfungsi untuk menghalangi baunya keluar.

Selain itu kucing juga merasa aman dengan kotak jenis seperti ini. Kelemahannya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Litter Box biasa.

Sama seperti pemilihan kotak Litter Box biasa, usahakan beli yang ukuran besar untuk kotak kotoran tertutup ini.

Kamu tahu kan kucing suka mengendus kesana sini di Litter Box sebelum mengubur kotorannya? Nah dengan kotak yang besar ia lebih leluasa bergerak untuk menuntaskan panggilan alam.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan kucing tidak suka saat pertama kali diperkenalkan dengan kotak kotoran jenis ini karena ada pintunya.

Jadi cobalah untuk melepas pintu tersebut sampai si kucing terbiasa menggunakannya.

3. Pemilihan pasir

Kucing Persia Putih dan Litter Boxnya
kucing persia putih dan Litter boxnya
via : www.flickr.com

Ada banyak jenis pasir yang bisa digunakan untuk kucing remaja maupun dewasa (8 bulan keatas). Dalam pemilihannya pun harus cermat, pilih produk atau jenis pasir yang tidak ada debunya, karena debu bisa mengiritasi paru-paru kucing. Memilih pasir yang tepat usahakan memiliki faktor berikut :

  • Menggunakan pasir yang tidak wangi, karena bisa saja kucing tidak suka dan memilih tempat lain yang ada bau kotoran kucingnya.
  • Menggunakan pasir yang mudah diserok
  • Pilih pasir yang memang biasa digunakan untuk kotoran kucing, ini supaya dia mengenal bahwa “Oh ini lho pasir yang biasa buat aku buang air, pup ah”

Sebagai referensi, kamu bisa lihat : Jenis dan Daftar Harga Pasir Kucing.

 

4. Alat tambahan

Skop untuk Membuang Kotoran Kucing
skop untuk membuang kotoran kucing
via : kk.org

Kemudian hal terakhir untuk persiapan ialah membeli alat tambahan seperti penyerok dan kain.

Alat penyerok tentu digunakan untuk membuang kotoran kucing yang ada di pasir, kemudian kain diletakkan di bawah kotak untuk mencegah pasir si kucing berceceran di kandang/lantai rumah kita.

B. Mulai Memperkenalkan Kotak Kotoran

1. Menaruh kotak di tempat yang tenang

Menaruh Kotak Kotoran di Tempat yang Tenang
menaruh cat litter di tempat yang tenang
via : id.wikihow.com

Salah satu trik cara melatih kucing buang air yang efektif ialah menaruh kotak kotoran yang mudah diakses, tidak ramai dan kalau bisa bebas dari aktifitas hewan ataupun manusia.

Sebaiknya kotak tersebut ditaruh dimana kucing lebih sering menghabiskan waktunya, misal di kandang, ataupun ruangan khusus si kucing. Ini dilakukan supaya ia bisa melihat kotaknya terus dan jika dia ingin pup tinggal digunakan deh.

Selain itu pikirkan juga bahwa semua makhkul hidup butuh privasi, khususnya kucing. Saat buang air ia pasti lebih suka sembunyi-sembunyi entah di kolong, dibalik sofa, sudut-sudut yang jarang terlihat dan hal lainnya.

Jika kamu baru mulai melatih anak kucing tetapi harus memindahkan kotak kotoran, lakukan secara perlahan, beberapa meter setiap harinya.

Memindahkan kotak ke ruangan berbeda keesokan harinya bisa membingungkan anak kucingmu dan menuntunnya buang air di tempat lain.

Kamu bisa menaruh mangkuk makanannya di tempat kotak tersebut dahulu berada karena kebanyakan kucing keberatan buang air di tempat mereka makan.

2. Taruh kucing di Litter Box

Menaruh Anak Kucing ke Litter Box
menaruh anak kucing ke Litter Box
via : id.wikihow.com

Ada proses dimana kamu harus mencoba untuk menaruh si kucing ke Litter Box supaya dia terbiasa dengan aroma di dalamnya. Walau bukan saatnya menggunakan, tetap biarkan dia menghabiskan beberapa menitnya di sana.

Usahakan untuk menaruhnya dengan intensif setelah dia makan, bangun tidur atau waktu lainnya. Kalau dia udah berjongkok di suatu tempat, pindahkan dia segera ke Litter Box.

Hal tersebut tentunya untuk membiasakan si kucing agar pup di Litter Box.

3. Beri dia kasih sayang

Mengusap-usap Kucing Membuatnya Senang
mengusap kucing termasuk memberinya kasih sayang lho
via : www.proplan.co.id

Salah satu tips yang manjur dalam artikel cara melatih kucing buang ialah setelah si kucing menggunakan Litter Box, berikan ia kasih sayang atau pujian berupa mengelus-elus kepalanya.

Jangan sesekali kamu memarahinnya ya, bukannya patuh malah bisa-bisa dia akan takut.

4. Sediakan lebih dari satu kotak

Punya Lebih Dari 1 Cat Litter itu Lebih Baik
lebih dari satu cat litter itu bagus
via : www.catster.com

Ini dilakukan jika kamu punya kucing lebih dari satu. Misal kamu punya seekor kucing dan 2 kotak kotoran, terus kamu nambah 1 lagi kucingnya, jadi tambahkan satu lagi tidak masalah.

5. Mengurung si kucing jika perlu

Mengurung Kucing di Tempat Khusus yang Luas
kamar khusus kucingnya raditya dika
via : twitter.com/radityadika

Maksudnya ialah kamu mengurungnya dalam suatu ruangan, kemudian taruh kotak kotoran di pojokan. Lakukan maksimal 1 minggu saja, ini untuk mempercepat proses adaptasinya.

Pisahkan tempat tidur, kotak kotoran dan makanan di sudut yang berbeda. Kemudian usahakan jangan ada karpet di ruangan tersebut, takutnya ia malah buang air di situ.

C. Menjaga Kenyamanan si Kucing

1. Bersihkan sebagian kotak kotoran setiap hari

Membersihkan Sebagian Litter Box Kucing
membersihkan sebagian cat litter
via : www.petsclan.com

Hmm, kelihatannya ribet ya. Namun ini penting lho karena kebanyakan kucing tidak suka buang air di tempat yang kotor. Jadi sehari sekali kamu usahakan membersihkan Litter Boxnya.

Tapi sisakan sepotong kecil kotorannya ya, ini membantu banget supaya si kucing mengenali bahwa Litter Box ini tempat pupnya.

2. Bersihkan seluruh kotak kotoran dengan rutin

Mencuci Litter Box Kucing Seminggu Sekali
mencuci Litter Box secara rutin
via : id.wikihow.com

Kalau yang ini kamu harus memberishkannya seminggu sekali saja sudah cukup.

Buang kotorannya dan bersihkan, kemudian kalau kotaknya kosong langsung cuci dengan pembersih yang tidak bahaya (pakai sabun mandi), bilas dan keringkan kemudian ganti dengan pasir yang bersih.

3. Menyingkirkan pot tanaman yang besar

Kucing Buang Air di Pot Bunga
kucing buang air di pot bunga
via : pixabay.com

Pot tanaman/vas yang besar biasanya sering digunakan sama kucing untuk buang air kecil. Nah untuk mencegahnya cobalah kamu untuk menyingkirkannya dari jangkauan kucing.

Bisa juga kamu menututpi potnya dengan kertas timah kalau si kucing belum terbiasa untuk buang air di Litter Box.

Tips Melatih Kucing Agar Buang Air Tidak Sembarangan

Gambar Kucing Tiduran di Litter Box di Artikel Cara Melatih Kucing Buang Air
gambar kucing suka tiduran di litter box
via : littlekittycity.weebly.com

Selain step by step untuk melatih kucing supaya tidak buang air sembarangan, kami juga ada tips nih. Ada beberapa tips yang ampuh dan bisa kamu praktekan, seperti :

1. Memberi makanan yang terjadwal
Cara ini bagus untuk memprediksi ia akan menggunakan kotak kotoran. Untuk anak kucing biasnaya memerlukan 20 menit setelah makan untuk buang air. Nah kalau sudah sekitar waktu segitu, bawa dia mendekat ke kotak kotoran.

2. Gunakan produk pasir yang berbeda
Cobalah berbagai produk pasir untuk mencari tahu kesukaan kucingmu yang mana. Terus apakah si kucing lebih suka pasir yang biasa aja atau suka yang wangi.

3. Mengganti pasir secara perlahan
Kalau dirasa harus mengganti jenis pasir, coba ganti secara perlahan dari satu pasir ke pasir lain dengan mencampurkan pasir baru dengan yang lama dan secara perlahan menambah jumlah pasir “baru” dalam periode sekitar dua minggu.

4. Mengenali tingkah laku si kucing
Coba perhatikan tingkah laku si kucing kalau sudah kebelet ingin buang air, seperti mengeong kah, menggaruk sesuatu atau mulai mengendus-endus lantai atau karpet yang kemungkinan besar pertanda si kucing sudah tidak tahan buang air. Kalau sudah seperti itu langsung saja bawa dia ke Litter Box.

Dalam mengajari kucing buang air besar atau kecil memang harus sabar, mulai dari persiapan, pengenalan hingga mengurus kotorannya, juga terkadang harus memperhatikan tanda kucing akan buang air, jadi kita harus menikmati proses tersebut.

Jika kamu punya anak kucing mungkin akan lebih mudah untuk mengarahkannya supaya buang air pada tempatnya dibandingkan kucing yang sudah dewasa. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kucing yang dewasa tidak bisa melakukannya juga kan? Semoga artikel cara melatih kucing buang air ini berguna banget buat kamu.

Yang kamu cari?

    cara melatih kucing, cara melatih kucing agar tidak buang kotoran sembarangan, cara melatih kucing pup di pasir, cara melatih kucing kampung, cara melatih kucing buang air, cara mengajari kucing pup di wc, cara melatih kucing buang air di toilet, cara melatih kucing anggora, melatih kucing buang air, cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

24 thoughts on “Cara Melatih Kucing Buang Air Agar Tidak Pernah Sembarangan

  1. Kucing-kucing di rumah saya biasanya pup di wc kamar mandi tapi kemaren kita rescue seekor persia yg sudah lebih tua dr kucing2 yg biasanya kami rescue. Udah sekitar 1 tahun, dia nggak mau pakai boxnya. Harus gimana ya? Udah beberapa kali “kecelakaan” nih, dari pup di lantai sampai pee di keset. Harus digimanain lagi ya?

    1. wah kalau kasusnya kayak gini harus coba dibujuk lagi kak, karena udah kebiasaan pup di sembarang tempat. Latih lagi kayak cara di artikel ini, terus coba diperhatiin kapan aja dia pup. Biar kalau dia mau pup langsung pindahin ke box pupnya

  2. Permisi gan-butuh info nih…bgamna caranya melatih sikucing agar bisa mengubur pup nya yah?? Krna drumah sya mpusnya sllu meninggalkan kotoran nya (tidak bisa mngubur pupnya) malahan dia hnya menggaruk2 liter box nya saja..trims

  3. Mhn kenal sy widhi, hobby kucing apa sj, di rumah banyak kucing persia, himalaya jg domestik, semuanya klo pup sdh teratue di box, tapi pingin sich cara nya pus diajari pup di wc. Btw bgmn sy biar dpt adopsi maine coon atau norwegian forest ya ? Tks dan sy tunggu infonya

  4. Kak gimana ajarin kucing yg umurnya baru sebulan ya? Udah di taro kotak pasirnya tapi dia masih pipi sembarangan bahkan pasirnya dimakanin sama mereka (saya takut ditelen pasirnya sama mereka).
    Terus pasir yg saya gunain pake kerikil gitu kak, gimana ya solusinya?

    1. coba ganti yg jgn kerikil, soalnya dia masih kecil..tau sendiri kalau bayi suka mainan gak jelas haha. Kalau dia pernah pup di suatu tempat, pupnya pindahin ke litter box aja. Terus coba bawa dia ke litter box untuk nyium pupnya sendiri, biar kenal kalau itu tempat tuh buat dia buang air.

  5. Haduh binging deh kucingku umur 3 bln susah banget pup dan pipis di litter box padahal udah pasirnya wangi baru trus,masih sika aja pipis dalam rumah, kalo ada plastik mesti dia pipis ma pup disitu kalo gak ada ya yg ada dasarnya diatas sapu,diatas payung,diatas kotak make up,haduhhh padahal kucing yg umur 6 bln gak pernah sama sekali pup dan pipis sembarangan dari kecil,krn yg punya kucing besar dulunya sering disentil kalo buang kotoran sembarangan efeknya kucing jadi sangat disiplin sementara yg kecil sama yg punya dulu gak pernah didisiplinin efeknya ampe gede gak bisa disiplin,jadinya pembeli baru bingung ngajarinnya

  6. Kak, kucingku baru 4 bulan nah tadinya dia kalo Poop atau buang air di box pasir nah akhir-akhir ini dia malah lebih milih Poop dipasir halaman rumah kak, padahal kebersihan box pasir selalu terjaga kak. Gimana ya kak biar dia bisa buang air lagi di box nya?

  7. Kucing saya juga. Dr kecil di ajarkan buang air di toilet…klau udh ngeong” aku lgsg antar ke toilet..dan ttup pintunya. Dgn sndri nya dia buang air d sudut saluran..jd kebiasaan deh baing air di toilet…

  8. Kak tempat yg paling nyaman buat Kitten pup itu kira2 dimana ya? Soalnya aku taro Litter box didalem kandang dya gak pernah pup. Pas aku keluarin eh dya malah pup dikolong sofa. Masih tahap belajar sih

Tinggalkan Balasan