Cara Memandikan Kucing dan Tips Lengkap dari Ahlinya!

Mandi merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga badan kita bersih dan terbebas dari kuman. Layaknya manusia, kucing juga perlu untuk memberihkan diri dari kotoran. Selain membersihkan, mandi juga bisa bikin bulu kucing menjadi bagus lho, tapi dengan cara memandikan kucing yang bener.

Biasanya si kucing membersihkan diri dengan cara menjilati tubuhnya kan? Tapi itu tidak cukup untuk membersihkan kucing kita dari jamur, kutu, kotoran ataupun bakteri yang dapat membuat kucing tidak sehat.ย Cara memandikan kucing sebenarnya tidak sulit, namun pasti ada kendala sedikit seperti kucing takut air, berontak, kemudian mencakar kita.

Nah supaya kamu tahu gimana cara memandikan kucing sendiri dengan baik, Kucing Pedia mempunyai panduan lengkap untuk memandikan si kucing kesayangan. Di artikel ini kita akan bahas caranya mulai dari persiapan, langkah-langkah dan tips memandikan kucing.

 

Perlu diperhatikan ๐Ÿ™‚

Tips ini untuk kucing yang sudah berumur atau dewasa (lebih dari 3 bulan), bukan untuk anak kucing bahkan anak kucing yang baru lahir.

Artikel ini adalah salah satu bagian cara merawat bulu kucing yang baik.

 

Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

Gambar Cara Memandikan Kucing di Rumah

gambar kucing sedang dimandikan
via : vetdog.com.br

Sebelum kita memulai memandikan si kucing, kita siapkan alat-alat mandinya seperti di bawah ini.

Persiapan wajib :

  • Ember berisi air hangat
  • Sampo kucing, BUKAN sampo manusia. Cek rekomendasi shampo kucing.
  • Bedak khusus kucing.
  • Sisir
  • Blower (sebaiknya pakai ini dibanding Hair Dryer)
  • Handuk
  • Cottonbuds
  • Handuk lembut/khusus

Opsional :

  • Baby Oil
  • Bedak bayi (alternatif bedak)
  • Kanebo (alternatif handuk)

 

Langkah-langkah memandikan kucing

1. Membasahi semua tubuh kucing

Kucing Mandi Dengan Air Hangat dari Shower

cara memandikan kucing dengan dibasuhi air hangat
via : pinterest.com

Pertama-tama kita basahi dulu semua bagian tubuh si kucing dengan air hangat tadi secara merata hingga ke kulit, tapi jangan sampai telinganya kemasukan air ya.

 

2. Mulai menggunakan shampoo

Menggunakan Shampoo untuk Kucing

menggunakan shampoo khusus kucing dengan merata
via : blog.dia.es

Setelah dibasahin tubuhnya, sekarang kita gunakan shampo khusus kucing yang sudah disediakan sebelumnya. Shampoin si kucing hingga merata ke seluruh tubuh, tapi ingat jangan sampai kena mata, hidung dan mulut si empus kesayangan.

Oiya kamu bisa sambil mengusap-usap tubuhnya, kemudian memijitnya supaya shampo yang diberikan bisa merata, meresap hingga akar bulu kucing.

Usahakan lakukan hal ini dengan benar, supaya bisa menghilangkan kutu pada kucing.

 

3. Membilas

Gambar Membilas Anak Kucing

membilas anak kucing dari shampoo
via : www.rutvet.ru

Jangan lupa dibilas ya, supaya shampoo dan kotoran yang ada pada tubuh si kucing hilang. Lakukan dengan air hangat tadi, kemudian pastikan tidak ada sisa shampoo di tubuh si kucing.

 

4. Keringkan si kucing

Gambar Kucing Lucu Memakai Handuk

gambar kucing lucu memakai handuk di kepala
via : dailypicksandflicks.com

Selanjutnya keringkan si kucing memakai handuk lembut yang bersih ya, gosok semua bagian tubuh si kucing secara perlahan menggunakan handuk tersebut perlahan-lahan. Lakukan cara ke 4 ini hingga si kucing kering.

Selain menggunakan handuk, kamu juga bisa menggunakan Blower. Apakah memakai hair dryer boleh? Tetap boleh, namun banyak kucing yang kurang suka. Memakai Blower ini lebih mudah dan cepat kering dibandingkan dengan handuk.

 

5. Membersihkan telinga kucing

Membersihkan Telinga Kucing Setelah Mandi

membersihkan telinga kucing setelah mandi

Setelah si kucing mandi, lebih bagus lagi kita bersihkan telinganya menggunakan Cottonbuds dipadukan dengan Baby oil. Bersihkan seperti layaknya telinga manusia, pelan-pelan saja supaya si kucing tidak merasa sakit.

Tips memandikan kucing

1. Memotong kuku kucing

Sebisa mungkin potong kuku si kucing sebelum memandikannya, ini untuk meminimalisir luka yang kita alami kalau si kucing sampai takut dan mencakar kita saat mandi. Namun jangan dipotong terlalu dalam lalu secara merata dan sedang saja, kan kuku kucing diperlukan untuk pertahanan diri.

 

2. Menyikat untuk meratakan shampoo
Saat mulai memandikan kucing dengan shampoo, kamu bisa menggunakan sikat khusus untuk meratakannya. Gosok saja si kucing dengan sikat tersebut secara perlahan dan hati-hati. Ini bertujuan untuk bulu kucing yang rontok dan menggumpal bisa dikeluarkan.

 

3. Mengetahui waktu yang tepat
Kapan sih waktu yang bagus untuk memandikan si kucing? Ini sih sebenarnya tergantung, kalau kucing kamu terlihat sangat kotor atau banyak kutunya lebih baik segera mandikan.

Kalau secara umum, sebaiknya mandikan kucing seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan dan kecantikan si kucing ya!

Dari cara-cara diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa memandikan kucing sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Hanya butuh ketelatenan, berani (kalau kucing ngamuk hehe) dan sabar. Semoga kamu bisa cepat mahir untuk memandikan kucing dengan baik dan benar.

Yang kamu cari?

    memandikan kucing, cara mandiin kucing, cara memandikan kucing anggora, cara mandikan kucing, cara memandikan kucing yang benar, Waktu yang tepat memandikan kucing, tips memandikan kucing, cara memandikan kucing tanpa hairdryer, cara memandikan kucing dengan benar, cara memandikan

21 Comments

  1. Joe
  2. Aji saputra
  3. kidung
      • meitri
  4. Adji
  5. Najma
  6. octavia
  7. Wieka
  8. ichsan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *