Cara Memandikan Kucing dan Tips Lengkap dari Ahlinya!

Diposting pada

Mandi merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga badan kita bersih dan terbebas dari kuman. Layaknya manusia, kucing juga perlu untuk memberihkan diri dari kotoran. Selain membersihkan, mandi juga bisa bikin bulu kucing menjadi bagus lho, tapi dengan cara memandikan kucing yang bener.

Biasanya si kucing membersihkan diri dengan cara menjilati tubuhnya kan? Tapi itu tidak cukup untuk membersihkan kucing kita dari jamur, kutu, kotoran ataupun bakteri yang dapat membuat kucing tidak sehat. Cara memandikan kucing sebenarnya tidak sulit, namun pasti ada kendala sedikit seperti kucing takut air, berontak, kemudian mencakar kita.

Nah supaya kamu tahu gimana cara memandikan kucing sendiri dengan baik, Kucing Pedia mempunyai panduan lengkap untuk memandikan si kucing kesayangan. Di artikel ini kita akan bahas caranya mulai dari persiapan, langkah-langkah dan tips memandikan kucing.

 

Perlu diperhatikan 🙂

Tips ini untuk kucing yang sudah berumur atau dewasa (lebih dari 3 bulan), bukan untuk anak kucing bahkan anak kucing yang baru lahir.

Artikel ini adalah salah satu bagian cara merawat bulu kucing yang baik.

 

Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

Gambar Cara Memandikan Kucing di Rumah
gambar kucing sedang dimandikan
via : vetdog.com.br

Sebelum kita memulai memandikan si kucing, kita siapkan alat-alat mandinya seperti di bawah ini.

Persiapan wajib :

  • Ember berisi air hangat
  • Sampo kucing, BUKAN sampo manusia. Cek rekomendasi shampo kucing.
  • Bedak khusus kucing.
  • Sisir
  • Blower atau Hair dryer (tergantung kucingnya suka yang mana)
  • Handuk
  • Cottonbuds
  • Handuk lembut/khusus

Opsional :

  • Baby Oil
  • Bedak bayi (alternatif bedak)
  • Kanebo (alternatif handuk)

 

Langkah-langkah memandikan kucing

1. Membasahi semua tubuh kucing

Kucing Mandi Dengan Air Hangat dari Shower
cara memandikan kucing dengan dibasuhi air hangat
via : pinterest.com

Pertama-tama kita basahi dulu semua bagian tubuh si kucing dengan air hangat tadi secara merata hingga ke kulit, tapi jangan sampai telinganya kemasukan air ya.

 

2. Mulai menggunakan shampoo

Menggunakan Shampoo untuk Kucing
menggunakan shampoo khusus kucing dengan merata
via : blog.dia.es

Setelah dibasahin tubuhnya, sekarang kita gunakan shampo khusus kucing yang sudah disediakan sebelumnya. Shampoin si kucing hingga merata ke seluruh tubuh, tapi ingat jangan sampai kena mata, hidung dan mulut si empus kesayangan.

Oiya kamu bisa sambil mengusap-usap tubuhnya, kemudian memijitnya supaya shampo yang diberikan bisa merata, meresap hingga akar bulu kucing.

Usahakan lakukan hal ini dengan benar, supaya bisa menghilangkan kutu pada kucing.

 

3. Membilas

Gambar Membilas Anak Kucing
membilas anak kucing dari shampoo
via : www.rutvet.ru

Jangan lupa dibilas ya, supaya shampoo dan kotoran yang ada pada tubuh si kucing hilang. Lakukan dengan air hangat tadi, kemudian pastikan tidak ada sisa shampoo di tubuh si kucing.

 

4. Keringkan si kucing

Gambar Kucing Lucu Memakai Handuk
gambar kucing lucu memakai handuk di kepala
via : dailypicksandflicks.com

Selanjutnya keringkan si kucing memakai handuk lembut yang bersih ya, gosok semua bagian tubuh si kucing secara perlahan menggunakan handuk tersebut perlahan-lahan. Lakukan cara ke 4 ini hingga si kucing kering.

Selain menggunakan handuk, kamu juga bisa menggunakan Blower. Apakah memakai hair dryer boleh? Tetap boleh, namun disesuaikan dengan kesukaan kucing.

Ada yang suka pakai Hair dryer atau yang sebaliknya. Memakai Blower ini lebih mudah dan cepat kering dibandingkan dengan handuk.

 

5. Membersihkan telinga kucing

Membersihkan Telinga Kucing Setelah Mandi
membersihkan telinga kucing setelah mandi

Setelah si kucing mandi, lebih bagus lagi kita bersihkan telinganya menggunakan Cotton buds/Kapas lembab dipadukan dengan Baby oil.

Bersihkan seperti layaknya telinga manusia, pelan-pelan saja supaya si kucing tidak merasa sakit. Kamu bisa baca step by stepnya di artikel Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar.

Tips memandikan kucing

1. Memotong kuku kucing

Panduanya: Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar.

Sebisa mungkin potong kuku si kucing sebelum memandikannya, ini untuk meminimalisir luka yang kita alami kalau si kucing sampai takut dan mencakar kita saat mandi.

Namun jangan dipotong terlalu dalam lalu secara merata dan sedang saja, kan kuku kucing diperlukan untuk pertahanan diri.

 

2. Menyikat untuk meratakan shampoo
Saat mulai memandikan kucing dengan shampoo, kamu bisa menggunakan sikat khusus untuk meratakannya.

Gosok saja si kucing dengan sikat tersebut secara perlahan dan hati-hati. Ini bertujuan untuk bulu kucing yang rontok dan menggumpal bisa dikeluarkan.

 

3. Mengetahui waktu yang tepat
Kapan sih waktu yang bagus untuk memandikan si kucing? Ini sih sebenarnya tergantung, kalau kucing kamu terlihat sangat kotor atau banyak kutunya lebih baik segera mandikan.

Kalau secara umum, sebaiknya mandikan kucing seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan dan kecantikan si kucing ya!

Dari cara-cara diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa memandikan kucing sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Hanya butuh ketelatenan, berani (kalau kucing ngamuk hehe) dan sabar. Semoga kamu bisa cepat mahir untuk memandikan kucing dengan baik dan benar.

Yang kamu cari?

    memandikan kucing, cara mandiin kucing, cara memandikan kucing anggora, cara mandikan kucing, cara memandikan kucing yang benar, Waktu yang tepat memandikan kucing, tips memandikan kucing, cara memandikan, cara memandikan kucing dengan benar, cara memandikan kucing tanpa hairdryer
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

52 thoughts on “Cara Memandikan Kucing dan Tips Lengkap dari Ahlinya!

  1. Dear Yugi,

    Saya mau tanya mengenai dampak dari bulu kucing. Kebanyakan pendapat yang saya dengar bahwa bulu kucing itu sangat berbahaya buat pernapasan manusia, terlebih bagi kaum wanita yang berdampak dengan kemandulan. terlepas bulu kucing ini bersih atau tidak nya.

    apa pendapat anda mengenai hal ini , semoga pendapat anda bisa memberikan pandangan yang benar tentang bulu kucing

    Terima Kasih

    Joe – Yogyakarta

    1. Halo kak Joe,

      Bulu kucing berbahaya? Sebenarnya bulu kucing ini tidak berbahaya. Kalaupun ada yang bilang berbahaya, itu karena parasit/bakteri yang dibawa kalau bulunya kotor. Silahkan kakak baca di artikel bahaya bulu kucing bagi ibu hamil, dan kesehatan manusia. Semoga ini bisa menjawab pertanyaan kakak.

    1. kadar keasaman atau ph shampo manusia lebih tinggi, dan kebanyakan shampo manusia deterjennya lebih tinggi (kalau busanya banyak banget). Kalaupun maksa pengen pake shampo yang buat manusia, pake shampo untuk bayi. Dan sedikit aja….

  2. Tadi mandiin kucing, selesainya hujan terus udh dikeringin make handuk rencana dijemur krna hujan jd make hydyer.. Kucingny lngsung lompt”tan itu beresiko kucingny stress ga?

  3. Dear Yugi,

    Mau tanya dong, cara mandiin kucing persia yg sudah dewasa gimana ya biar dia gak ngamuk2 kalo kena air.
    Tengkyu yugi..

  4. Kalo supaya pas kucingnya dimandiin gak kaget trua nyakar gimana?soalnya setiap mandiin kucing dia selalu kabur dan nyakar

  5. saya ada kucing persia warna putih, nah warna bulu di beberapa bagian terlihat kotor n berwarna coklat kotor, cara membersihkan supaya berwarna putih bersih lagi bagaimana? lalu bagaimana cara membersihkan bagian muka kucing? soalnya bagian muka juga berwarna coklat kotor

    1. relatif sih, tapi biasanya yang kitten 1-3 bulan itu mandiinya jangan langsung siram air. Pakai handuk yang udah dikasih air hangat tentunya..

  6. Ka salam kenal

    ka mau nanya, menurut kka aku hrs hentikan atau ngak ya. Kucingku dr dl pkai hair dryer klo mandi, aku rawat dia dr umur 1 thun dn skrg umurnya 2 thun. Smpe skrg udah rutin mandi. Tp ttp klo mandi ngak demen bgt. Byk tingkah di hair dyer jg byk tingkah tp ngak ky gejala tkut. Eh brp bln lalu ak ganti skrg ke blower. Dia tkut bgt pdhl udah 5x lebih. Dn tdi jam 3 aku mandiin .. dia ngamuk2 ky biasa. Tkt suara blower. Tp x ini loncat2 berontak parah.

    Kirain aku mkin lama dia bakalan terbiasa. Eh hri ini stlh mandi galaknya minta ampun. Jd bnr2 agresif pdhl tipe kucingku ini pendiem bgt ngak prh agresif. Ini td betinanya di serang trs jd aneh. Sm aku jg ngak prh agresif. Ini aku sentuh aja ngamuk2. mrk udah pd steril.. bkn birahi.

    Apa krn tkt bgt blower jd gni? Apa aku ngak pake blower lg. Apa biarin aja smpai hilang tktnya?

    1. wah udah dari kecil biasa pakai hair dryer si ya, sebaiknya pakai hair dryer aja. Cuman kamu harus hati-hati, perhatikan tingkah si kucing.

  7. Kak…aku punya kucing, dia ini nggak suka banget di mandiin, tp berontaknya biasa aja nggak sampek meong2 gitu cuma dia ngeluarin cakarnya,,,hehehe,,, nah gimana sih caranya biar kucing ini terbiasa di mandikan, apalagi kucingku ini sampe kutuan banyak banget gara2 suka main di pasir depan rumah. Makasih

  8. Kak, kan kalo kucing makan ikan goreng bikin bulu rontok ya. Sedangkan kucing q kalo ga pake ikan dia gamau makan. Kira2 ngatasi nya gimana ya? Dikasi makan apa??

    Btw, sekalian nanya ya kak. Kalo kucing keracunan pertolongan pertama nya gimana?

    Thanks in advance

  9. mau nanya boleh, kucing saya garuk garuk mulu dibelakang telinganya, sampe abis, kepalanya juga kaya rontok gtu, umur 2.5an bulan, karena apa ya,, apa emang dy ganti bulu atau gimana,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *