Panduan Lengkap: Cara Membersihkan Telinga Kucing + Gambar

Diposting pada

Bagaimana cara membersihkan telinga kucing? Seperti yang sudah kita tahu, bahwa kucing menjadi salah satu hewan yang paling banyak menjadi hewan peliharaan. Kucing juga merupakan hewan yang mandiri, sehingga dalam perawatannya tidak begitu menyusahkan.

Kucing juga mempunyai bagian sensitif seperti telinga. Jika telinga kucing kotor, memang tidak merasakan sakit, akan tetapi bisa saja membuat infeksi pada telinga kucing

Tetapi, jika dalam membersihkan badan sendiri kucing bisa melakukannya, berbeda dengan telinga. Meskipun kucing sering menggaruk telinga, bukan berarti kucing dapat membersihkan telinga sendiri.

Oleh karena itu, pemelihara kucing tidak boleh lengah dengan keadaan kucing. Lebih baik mempelajari cara membersihkan telinga kucing agar kucing yang dipelihara lebih bersih lagi.

 

Kesalahan dalam perawatan telinga kucing

Bagi pencinta kucing memang sudah tidak asing lagi dalam membersihkan telinga kucing kotor. Tetapi kebanyakan orang hanya ingin merawat seekor kucing saja tanpa mau mengurusnya dengan benar.

Cara yang dapat dilakukan hampir sama, tapi lebih baik oleh dokter hewan saja.

Tidak hanya digunakan untuk cara membersihkan telinga kucing biasa saja yang dapat dilakukan hal seperti itu, cara membersihkan telinga kucing persia, angora, atau kucing bagus lainnya juga sama.

Tapi orang-orang yang memelihara kucing seperti ini kebanyakan tidak membersihkannya sendiri namun lebih langsung ke dokter hewan saja. Kucing yang mempunyai kotoran yang sangat berlebih dapat mengakibatkan penyakit pada telinga kucing.

Cairan yang terdapat dalam telinga kucing akan menumpuk dan membuat tumbuh nya bakteri maupun jamur yang membuat kucing merasa sangat tidak nyaman.

Bisa juga kutu atau tungau sesekali masuk kedalam telinga kucing dan berkembang sehingga dapat merusak telinga kucing.

Karena ketidaknyamanan ini kucing sering menggaruk bagian telinga. Dan karena keseringan itu akhirnya terdapat luka dan dapat menimbulkan infeksi pada telinga kucing karena cakaran kuku kucing yang terlalu kuat dan lamanya menggaruk.

 

Maka untuk mencegah hal tersebut, KucingPedia menyiapkan cara-cara ini.

Sebelum mulai membersihkan telinga kucing. Kamu wajib mempersiapkan: cairan/obat pembersih telinga kucing, kapas/kain kasa. Sebaiknya jangan pakai cutton bud (kecuali ada saran dari dokter).

Cara membersihkan telinga kucing

Berikut merupakan langkah-langkah dari cara membersihkan telinga kucing agar kucing dapat terhindar dari penyakit.

Membersihkan telinga kucing cocok banget dilakukan setelah si kucing mandi, pelajari di: Cara Memandikan Kucing di Rumah.

  • 1. Pastikan dulu kucingnya lagi seneng
Foto Kucing Lucu Tersenyum
senyumnya kucing ini lucu banget

Kita harus bisa memastikan kalau kucing kita dalam keadaan yang santai atau tidak stres (Baca: Ciri-ciri Kucing Sedang Stres).

Banyak kucing yang tidak suka kalau telinganya dibersihin.Salah satu langkah yang tepat untuk membuat dia nyaman yaitu bawa si kucing ke tempat yang sepi atau kondusif, jangan ada hewan peliharaan lain di tempat itu.

Coba minta temanmu untuk membantu memegangi kucing. Kalau kucingmu memang takut, bisa sedikit dipaksa sih.

Caranya yaitu dengan membungkus tubuh dan kaki kucing menggunakan handuk yang tebal.

 

  • 2. Menetesi telinga dengan carian pembersih

Lalu kita tetesi dahulu telinga si kucing, menetesinya secara bergantian dari satu kuping ke satunya lagi.

Dalam meneteskannya, gunakan takaran atau dosis yang ada pada instruksi di label obat pencuci telinganya. Untuk bagian yang ditetesi, lihat gambar di bawah ini:

Bagian Telinga Kucing yang Ditetesi Obat
foto bagian telinga kucing. via : pets-wiki.com

Ini penting lho karena kalau tidak kayak gitu, telinga kucingmu bisa susah sembuh nantinya.

 

  • 3. Pijat lembut telinga si kucing
Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar
cara membersihkan telinga selanjutnya kita pijit telinga si kucing.

Sesudah menetesi, cobalah untuk memijat pangkal telinga kucing selama 20 – 45 detik supaya cairan pembersihnya bekerja. Jangan berlebihan ya.

Selain itu, tujuan memijat ini untuk membuang kotoran dan tahi kuping yang mengendap.

 

  • 4. Biarkan kucing istirahat dan menggelengkan kepalanya
Kucing Memutar-putar Kepalanya
foto kucing Memutar-putar Kepalanya : imgur.com

Biarkan kucing menggelengkan kepalanya agar sisa kotoran dalam telinga keluar.

 

  • 5. Bersihkan lekukan pada telinga kucing dengan kapas
Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Kapas
Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Kapas. via : https://www.youtube.com/watch?v=PSXZO1aNYS0

Kemudian kita ke langkah yang lebih penting dalam cara membersihkan telinga kucing.

Sebelum kita mengusap kapas, terlebih dahulu lembabkan kapas atau kain kasa yang udah disiapin.

Dalam mengusap atau mengeluarkan kotoran telinga dari kucig, jangan mendorong terlalu dalam bagian kapasnya.

Maksudnya, kalau terlalu dalam malahan kotoran bisa menumpuk. Kemudian lapisan tipis yang ada di lubang telinga bisa rusak atau gendang telinganya yang bisa sampai rusak.

 

  • 6. Beri hadiah kasih sayang ke kucingmu
Foto Mengusap-usap Kepala Kucing
Foto Mengusap-usap Kepala Kucing. via : petattack.com

Usap-usap kucingmu, peluk, kasih minum, makan atau mainan. Ini supaya dia merasa rileks lagi dan tidak takut kalau kita ingin membersihkan telinga si empus lagi.

 

Metode lain dalam membersihkan telinga kucing

Selain dengan cara tersebut, cara membersihkan kotoran telinga kucing dapat dibersihkan dengan cara-cara tertentu seperti:

metode suction atau hisap

Metode ini menggunakan alat mesin penghisap khusus yang terbuat dai karet. Nah, metode ini biasa dilakukan apabila kotoran telinga kucing ini bersifat cair. Kemudian terdapat cara irigasi.

Cara ini dapat dilakukan dengan memasukan cairan ceruminolitik yang bisa menghancurkan kotoran dalam telinga. Tetapi cairan ini harus di keluarkan kembali bersama dengan kotoran telinga.

 

Info lain dalam cara membersihkan telinga kucing

1. Membersihkan telinga kucing secara rutin 2-4 minggu sekali atau ketika telinga kucing kotor.

2. Jika dirasa ragu dalam cara membersihkan telinga kucing, lebih baik segera periksakan ke dokter hewan agar kucing dapat perawatan dalam pembersihan kotoran di telinganya.

3. Kotoran telinga kucing hampir sama dengan manusia, ada yang berair dan tidak. Jika kotoran yang tidak berair dapat dilakukan seperti cara tadi, begitupun dengan membersihkan telinga kucing yang berair.

4. Sama halnya dengan manusia, kotoran yang menyebabkan penyakit pada telinga kucing ini dapat mengakibatkan kucing kurangnya pendengaran.

5. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa pendengaran kucing sangat tajam dan bisa saja berkurang ketajamannya jika kucing terserang penyakit yang membahayakan kucing. Sangat disayangkan bukan? baik kucing biasa ataupun kucing lainnya sama seperti itu.

6. Kurangnya ketajaman pendengaran pada kucing ini juga dapat berakibat menjadi permanen jika kucing terus menerus mempunyai kotoran yang menumpuk di telinganya.

7. Penyakit telinga pada kucing disebut dengan otitis yang dapat disebabkan oleh infeksi kuman atau bakteri pada telinga kucing. Sehingga memang benar-benar dibutuhkan cara membersihkan telinga kucing agar kucing dapat bermain bersama lagi seperti waktu dulu.

 

Oleh karena itu cara membersihkan telinga kucing dengan baik dan benar, dengan tahapan yang benar dan ditangani dengan tepat dapat membuat kucing terhindar dari segala kemungkinan terbesar penyakit yang dapat menyerang kucing. Maka jagalah kucing sebaik-baiknya dengan perawatan yang tepat.

Yang kamu cari?

    cara membersihkan telinga kucing, membersihkan telinga kucing, cara bersihkan telinga kucing, cara membersihkan kuping kucing, telinga kucing, cara membersihkan kotoran telinga kucing, cara cuci telinga kucing, pembersih telinga kucing, cara membersihkan telinga kucing anggora, kuping kucing
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

Tinggalkan Balasan