Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dengan Cepat

Bulu merupakan bagian penting untuk hewan, terutama kucing. Bulu mempunyai berbagai fungsi, seperti mempercantik si kucing dan bisa menghangatkan tubuhnya. Contoh saja seperti bulu kucing persia, bulunya yang panjang dan lebat membuatnya semakin cantik dan lucu kalau lama-lama dipandang. Tapi kalau bulu kucing persia rontok bagaimana? Duh, kita harus tahu cara mengatasi bulu kucing rontok nih.

Bulu kucing yang rontok, pasti akan sangat menyebalkan untuk mereka maupun untuk kita. Bulu kucing bisa rontok dan tercecer di baju atau lantai, terus bisa-bisa bulu kucing botak! Eh jangan sampai.

Sebenarnya hal itu biasa aja, cuman tetap aja menyebalkan. Untuk kucing yang berumur 4-5 bulan mengalaminya, karena saat itu terjadi pergantian bulu. Tapi kalau rontoknya parah jangan dianggap sepele, coba baca bahaya bulu kucing untuk manusia. Supaya kita tahu cara mengatasi bulu kucing yang rontok, KucingPedia mempunyai informasi tentang penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasi bulu yang rontok pada kucing.

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok

kenapa bulu kucing rontok ya? via : www.justanswer.com

Kenapa bulu kucing rontok? Ada beberapa penyebab atau alasan bulu kucingmu rontok, diantaranya sebagai berikut :

1. Memang waktunya
Sudah disinggung sebelumnya kalau pada waktu tertentu kucing akan mengalami kerontokan bulu, ini normal. Biasanya setahun sekali kucing akan mengalami kerontokan bulu yang banyak namun akan cepat berganti dengan bulu baru. Kucing betina yang sedang birahi maupun hamil juga rentan mengalami kerontokan.

2. Kekurangan Gizi
Biasanya yang ini kita cuek-cuek aja nih, tapi ini bisa nyebabin si kucing bulunya rontok. Penyebab bulu rontok pada kucing salah satunya kekurangan vitamin A, E, Protein dimana nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembentukan bulu kucing.

3. Vitamin yang berlebih
Tadi kekurangan, yang satu ini kalau kelebihan. Iya sih vitamin penting buat kesehatan si kucing. Tapi kalau kelebihan atau overdosis, bisa-bisa doping dia. Hehe maksudnya bisa terjadi kerontokan bulu, kulit kering, mengelupas dan berkerak. Jadi usahain berikan secukupnya saja ya.

4. Salah pilih produk mandi
Kalau yang satu ini kamu harus teliti ya. Biasanya produk mandi yang sering kita gunakan untuk kucing adalah shampo. Jika kita memandikan kucing dengan shampo yang tidak cocok nantinya bulu kucing akan rontok. Kemudian jangan pilih produk shampo kucing yang busanya banyak, seringkali ditemukan kadar detergen yang tinggi. Bisa-bisa kulit kucing kita iritasi dan bulunya tambah rontok. Anggun C Sasmi aja kalau udah cocok gak mau ganti yang lain, jadi pilih shampo yang cocok ya hehe.

5. Alergi
Alergi merupakan salah satu penyebab bulu kucing rontok, walau bukan penyebab utama namun terdapat pemicu yang serius misalnya dari obat, vaksin yang salah, parasit bahkan dari makanan kucing. Kalau udah kayak gini langsung dibawa ke dokter hewan terdekat.

6. Suhu
Hampir sama seperti nomor 1, ini sudah waktunya dan memang wajar. Fungsi utama dari bulu kucing yaitu sebagai pengatur suhu badan. Saat musim dingin bulunya yang lebat akan menghangatkan tubuhnya, kemudian saat musim sedang panas bulunya akan rontok supaya ya enggak kepanasan.

7. Kutu dan Pinjal
Ektoparasit yang satu ini sukanya bermukim di bulu dan kulit. Mereka mengambil nutrisi tubuh yang ada di kucing lewat kulit, nutrisi diambil otomatis bulunya akan rontok. Nutrisi tersebut digunakan untuk menjaga kesehatan bulu kucing tapi malah diserap sama si parasit.

8. Tungau
Tungau yang menyebabkan rontoknya kucing ialah si demodex dan scabies. Hampir sama seperti Kutu dan Pijal, tapi si tungau ini bisa membuat terowongan-terowongan kecil yang bisa dilihat seperti lubang pada kulit kucing. Biasanya kalau sudah terlanjur seperti ini kulitnya bisa infeksi dan bulunya bisa rontok.

9. Jamur
Bulu kucing yang panjang akan rentan terkena jamur apabila kondisinya lembab. Akibatnya bulu akan rontok

10. Pengobatan
Biasanya setelah kucing mendapatkan pengobatan tertentu bulunya akan mengalami kerontokan.

11. Stres
Mungkin paling sering karena ini. Kucing kalau udah stres, pembuluh darah yang berfungsi mengirimkan nustrisi ke seluruh tubuh bisa macet sehingga kucing tidak bergairah dan bulunya akan rontok.

 

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

cara mengatasi bulu kucing rontok biar lebat kayak gini, via : www.buzzfeed.com

Jika kamu sudah tahu kenapa bulu kucing rontok, sekarang tinggal kamu belajar cara mengatasi bulu rontok pada kucing.

1. Biarkan dan rawat seperti biasa
“Lho kok gitu?” Untuk beberapa penyebab seperti sudah musimnya, sewaktu kucing hamil atau birahi, sehabis pengobatan sebaiknya tetap rawat seperti biasa. Jangan diambil pusing.

2. Berikan mainan dan buat dia nyaman
Jika kucingmu stress, berikan mainan khusus kucing. Kalau kucingmu senang, bulunya gak rontok tentu bisa membuatmu gak stres kan. Hehe

3. Ganti produk yang cocok
Entah itu produk makanan, produk buat mandi atau produk kucing yang berhubungan langsung dengan badannya. Jika tidak cocok langsung ganti aja, tapi dengan konsultasi tanya ke yang ahli ya.

4. Memandikan si kucing
Dengan perawatan seperti memandikan kucing secara rutin dapat mengatasi bulu kucing rontok. Memandikan kucing ampuh untuk membasmi parasit, tungau, jamur, bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan bulu kucing. Jika kamu pengen tahu cara tepatnya,kamu bisa baca cara memandikan kucing di rumah sendiri.

5. Beri vitamin
Ingat, beri vitamin dalam batas wajar. Hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatannya saja. Jangan sampai kucing doping, hehe.

6. Menyisir Bulu Kucing
Menyisir bulu kucing banyak manfaatnya lho seperti :

  • Untuk melancarkan metabolisme tubuh kucing yang nantinya berdampak bagus untuk kulit, seperti pijet gitu
  • Bisa menyingkirkan kutu dan tungau kalau pake sisir khusus
  • Hubungan emosional kamu dan si empus bisa makin dekat

Dari berbagai manfaat itu tentunya bisa untuk mengatasi bulu rontok pada kucing dan mencegah rontok kembali.

7. Obat bulu kucing rontok
Kamu bisa memberinya obat bulu kucing rontok khusus kucing yang biasanya bisa didapetin di Pet Shop. Gunakan secukupnya saja ya

Untuk mengatasi bulu kucing yang rontok kamu harus paham dengan yang menyebabkannya. Setelah kamu tahu, kamu bisa mengatasinya deh. Tapi jika kamu masih ragu untuk mengatasi bulu kucing rontok, sebaiknya kamu bawa aja kucingya ke dokter untuk lebih baiknya. Semoga cara mengatasi bulu kucing rontok bisa kamu praktekkan 🙂

Yang kamu cari?

    bulu kucing rontok, cara mengatasi bulu kucing rontok, penyebab bulu kucing rontok, cara mengatasi bulu kucing rontok parah, bulu kucing, Cara agar bulu kucing tidak rontok, cara mengatasi bulu kucing yang rontok, obat bulu kucing rontok, agar bulu kucing tidak rontok, kenapa bulu kucing rontok

One Response

  1. zacky 26 Februari 2017

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *