7 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Mudah dan Ampuh

Apa kamu pernah merasakan ganasnya kutu di kepala? Admin sih belum pernah, tapi katanya bikin gak nyaman banget! Kutu suka banget hinggap di tempat yang gelap dan hangat seperti di rambut kita atau bulu kucing. Kasian banget kalau kucing kita sampai dihinggapi kutu, harus segera cari tahu cara menghilangkan kutu kucing nih!

Kenapa harus cepet-cepet tahu cara menghilangkan kutu kucing? Karena kutu kucing jangan dianggap sepele, kutu kucing membuat gatal dan kemudian kucing akan menggaruk bahkan mengigit tubuhnya sendiri. Otomatis kalau ini dibiarkan, kulitnya akan lecet atau luka dan nantinya bisa terjadi alergi serta kemungkinan infeksi sekunder.

Kutu pada kucing juga bisa menyerang kita saat berinteraksi dengan kucing, kutu yang tidak terkendali keluar tuh dari tubuh si kucing dan hinggap ke kulit kita, akhirnya si kutu malah mengigit kulit kita sekarang. Gak mau sampai seperti itu kan?

cara membersihkan kutu kucing gimana kak? bisa dilakuin di rumah gak?

Sempat ada komentar seperti itu di KucingPedia.com, cara menghilangkan kutu kucing bisa dilakukan di rumah kok tanpa perlu pergi ke dokter hewan tapi sebaiknya konsultasi dengan dokter lebih bagus lagi. Maka dari itu admin akan memberikan informasi tentang cara menghilangkan kutu kucing.

 

Cara menghilangkan kutu kucing

Gambar Cara Menghilangkan Kutu Kucing

kucing garuk-garuk, gimana sih cara menghilangkan kutu pada kucing? via : Warren Photographic

Untuk membersihkan kutu kucing atau cara membersihkan kutu pada kucing ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari cara yang alami sampai menggunakan benda/alat tertentu. Berikut ini cara menghilangkan kutu kucing yang bisa kamu lakukan :

1. Memandikan kucing dengan sampo khusus
artikel utama : Cara memandikan kucing di rumah sendiri
Mandi merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjaga kebersihan tubuh kucing, tentunya untuk mengusir dan mencegah kutu nakal. Aktifitas Grooming ini juga salah satu finishing yang bagus dalam cara menghilangkan telur kutu pada kucing. Oiya, supaya makin ampuh efeknya ganti shampho biasa dengan shampo anti kutu kucing (kalau bisa yang aroma lemon). Shampo ini biasanya bisa untuk menghilangkan kutu pada anak kucing.

Supaya si kutu gak balik lagi ke tubuh si kucing, kamu bisa menggunakan shampo anti kutu kucing ini saat mandi sebulan sekali namun harus konsisten ya biar hasilnya maksimal

2. Minyak telon
Serius nih pake minyak telon? Iya serius! Minyak telon ternyata cara praktis untuk mengusir kutu kucing, caranya tinggal mengusapkan minyak ke bagian kulit kucing yang banyak terdapat kutu. Tapi jangan kebanyakan ya, biar sewaktu si kucing menjilat tubuhnya gak sampai ke bagian yang kita oles.

3. Menyisir bulu kucing
Cara menghilangkan kutu kucing dengan kegiatan menyisir bulu kucing cocok banget dilakukan setelah kita memandikan kucing. Gunakan sisir yang cocok dengan bulu kucingmu, sisirlah si kucing dengan merata supaya kutunya hilang. Kemudian kalau kamu pengen mencegah si kutu balik lagi ke kucing, sisir saja kucingmu secara teratur. Menyisir bulu kucing juga bagus untuk merawat bulu kucing supaya lebat.

4. Menyemprotkan air cuka
Kutu sangat tidak suka dengan aroma cuka lho, kamu bisa menyampurkan air dan cuka ke dalam panci (perbandingannya 50:50 ya atau seimbang) lalu hangatkan dengan api sedang. Kalau sudah, taruh aja air yang udah dicampur cuka tersebut ke botol semprot. semprotkan di bagian tubuh kucing yang terdapat kutunya. Namun saat menyemprotkan cairan ini, jangan sampai terkena mata atau masuk ke dalam telinga kucing.

5. Vaksin Ivermectin
Cara menghilangkan kutu pada kucing yang kelima ialah vaksin, ini merupakan alternatif yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutu kucing dan harus dikonsultasikan dengan dokter hewan. Kebanyakan orang mengira suntik ivermectin ini untuk mengatasi jamur pada kucing, tapi sebenarnya ini untuk membasmi kutu kucing lho karena Ivermectin tidak bisa membasmi jamur.

Ivermectin digunakan untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu kucing ini. Namun Ivermectin tidak bisa untuk membunuh telur kutu. Biasanya dibutuhkan minimal 3 kali suntikan dengan jarak 3-4 minggu untuk hasil yang maksimal. Suntikan ini jangan digunakan untuk anak kucing (dibawah 3 bulan) karena bisa membuat keracunan dan kerusakan pada ginjal.

 

Jangan berikan 2 cara berikut

Ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemilik kucing untuk mengatasi kutu pada kucing, diantaranya seperti :

  1. Memberikan bedak – Kenapa gak boleh? Banyak kasus dimana setelah kucing diberi bedak lalu dimandikan, kucing muntah-muntah dan malah bisa alergi. Jadi sebaiknya pemakaian bedak untuk membasmi kutu kucing ini jangan dilakukan.
  2. Menggunakan obat kimia berlebih – Nah ini jelas bener-bener gak boleh dan harus sesuai dosis juga cara pemakaian, contoh saja Spray Anti kutu. Jangan semprot sampai bulunya basah, cukup sedikit saja. Kalau sampai basah ini sudah berbahaya untuk kucing.

 

Dalam cara menghilangkan kutu kucing harus konsisten dan penuh dengan kesabaran. Penggunaan obat kimia mungkin tidak masalah, namun lebih baik selesaikan terlebih dahulu dengan cara yang lebih alami atau tidak terlalu bergantung pada obat kimia. Selain itu perhatikan kesehatan tubuh kucing, banyak yang bilang kalau kucing yang sehat akan semakin terhindar dari kutu kucing. Jadi berikanlah makanan kucing yang terbaik ya. Jika kamu sudah tahu gimana buruknya kalau kucing kita penuh dengan kutu, lakukanlah tindakan pencegahan dan tentunya rawatlah dengan baik kucingmu.

Yang kamu cari?

    cara menghilangkan kutu kucing, cara menghilangkan kutu pada kucing, kutu kucing, menghilangkan kutu kucing, cara membasmi kutu kucing, cara menghilangkan kutu kucing di rumah, cara menghilangkan kutu di kucing, menghilangkan kutu pada kucing, cara menghilangkan telur kutu pada kucing, cara membunuh kutu kucing

8 Comments

  1. Amanda 28 Desember 2016
    • Yugi 28 Desember 2016
  2. Nury. 16 Januari 2017
    • Yugi 18 Januari 2017
  3. yunie 5 Maret 2017
    • Moi moi 11 Maret 2017
  4. rika 13 Maret 2017
  5. RismaDi 17 Maret 2017

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *