Terbukti! Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebabnya

Diposting pada

Cara Mengobati Kucing Mencret – Mungkin kamu sudah tahu kalau kucing menjadi salah satu hewan yang gampang terkena mencret atau diare yang menyerang proses pencernaan. Penyebab kucing mencret bermacam-macam dan lebih bahayanya lagi, ada pula kucing mencret terus lemas, muntah, bahkan hingga berdarah! Duh saya aja kalau terkena diare aja gak mau deh, apa lagi si kucing yang sampai mencret berdarah gitu.

ciri-ciri kucing yang terkena mencret apa kak?

Kalau poop kucingmu biasanya berbentuk padat, nah kalau sedang diare poop nya jadi encer. Terus ciri-ciri lainnya ialah si kucing lebih suka buang air dibanding dengan biasanya. Untuk mengetahui kucing diare intinya hampir sama dengan manusia kok, cuman bedanya kalau si kucing kan gak bisa ngomong “aku lagi diare nih”.

Kalau udah tahu ciri-cirinya, kamu juga harus tahu penyebab kucing mencret. Dalam kasusnya, mencret pada kucing bisa dikategorikan dalam 2 tingkatan yaitu tingkat ringan dan tingkat berat.

 

Penyebab Kucing Mencret atau Diare

Penyebab kucing diare ringan

Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebabnya
kucingku kena diare, via : mytypesofcats.com

1. Makanan

Apakah kamu sering mengganti-ganti jenis makanan si kucing? Kalau iya bisa jadi itu penyebabnya, apa lagi kalau diberi makanan sisa. Ingat, kucing itu pencernaannya sensitif jadi sebisa mungkin pilih makanan yang sudah nyaman untuk si kucing dan sebisa mungkin higienis.

 

2. Minuman

Jangan sembarangan dalam memilih minuman untuk si kucing, salah satu faktor penyebab kucing mencret ialah karena banyak yang memberikan air minum yang tidak higienis.

Tapi walau sudah diberi minuman higienis terkadang kucing juga masih minum air di luar rumah yang kita tidak tahu higienis atau tidak, jadi sebisa mungkin jaga kucingmu ya. Produk susu kucing juga harus pilih-pilih karena kucing susah mencerna laktosa.

 

3. Iklim

Ini merupakan sebab lain dari kucing diare, ini karena pada saat iklim berganti dan membuat si kucing jadi stres. Akibatnya kondisi fisiknya ikut turun dan mudah terkena penyakit diare.

 

4. Stres
Seperti yang udah aku paparin tadi kalau kucing sedang stress, kondisi fisiknya akan menurun dan gampang terkena penyakit. Selain karena iklim, bisa uga karena pergantian pemilik atau ada orang baru di lingkungannya.

Penyebab kucing diare berat

Gambar Anak Kucing Sedang Mencret
anak kucing kena diare, via : www.petmd.com

1. Virus atau Bakteri

Bakteri maupun virus dapat menyebabkan si kucing terkena diare yang terus menerus. Bakteri ini biasanya Escherichia coli.

 

2. FIV / AIDSnya Kucing

Duh yang satu ini berbahaya banget, FIV layaknya HIV bisa menular lewat luka gigitan dan lain-lain. Selain berbahaya bagi kucing, tentu bagi kita juga berbahaya dong. Namun tenang, sangat jarang ditemui kucing yang terkena FIV atau Feline Immunodeficiency Virus ini.

 

3. Radang pada usus

Radang pada usus atau yang disebut dengan penyakit panleukopenia. Ini termasuk hal yang berbahaya lho, sering ditemui pada kucing yang belum divaksin. Penyakit ini dapat menyebabkan anemia, muntah-muntah dan diare yang parah pada kucing. Wah jangan sampai kena deh!

 

4. Ginjal si kucing rusak

Hati-hati dengan yang satu ini, penyebab rusaknya ginjal pada kucing karena pemberian air minum yang kurang. Kucing itu butuh kadar air yang tinggi lho. Beri ia air minum yang cukup dengan diimbangi dengan makanan kering atau dry food.

 

Cara Mengobati Kucing Mencret

Gambar Cara Mengobati Kucing Mencret
dokter Morris si kucing, via : www.blessthislist.com

1. Yogurt (hanya saat mencret)

Cobalah kamu beri dia Yogurt, kenapa? Karena dalam Yogurt tergantung bakteri baik yaitu Lactobacillus, dimana masuk kategori non patagon. Menurut ahli kesehatan, bakteri ini baik untuk usus dan membantu pencernaan dalam tubuh. Pilih Yogurt yang nonlaktosa atau yang kadar laktosanya rendah ya! Berikan 1-2 sendok teh saja beberapa hari sekali.

 

2. Oralit khusus hewan

Ada juga oralit khusus hewan lho, oralit ini biasanya sudah tersedia di Pet Shop dekat Anda. Coba lah pergi dan tanya kepada penjualnya, kemudian tanyakan juga saran penggunaan obatnya.

 

3. Multivitamin

Multivitamin yang kayak gimana ya, yang tentu baik untuk kucing. Kamu bisa membeli multivitamin ini di Pet Shop lho. Dalam cara mengobati kucing mencret, multivitamin ini juga bisa untuk pencegah lho.

 

4. Memberi obat cacing

Coba berikan obat cacing untuk si kucing, bisa saja kucingmu terkena cacingan. Soalnya cacing ini bisa nyebabin diare pada si kucing.

 

5. Memberikan tempe

Ternyata tempe bisa mengobati penyakit diare pada kucing lho, beli lah tempe yang mentah dan masak. Kalau bisa direbus supaya kandungannya tidak berkurang banyak.

Cara diatas sudah banyak yang mencoba (termasuk aku) untuk mengobati kucing mencret yang RINGAN. Nah untuk diare atau mencret yang dirasa BERAT seperti kucing mencret muntah, kucing mencret berdarah, kucing mencret berlendir dan lain sebagainya. Aku saranin segera bawa ke dokter hewan sebelum terlambat! (pernah ngalamin juga 🙁 ). Jangan lupa share artikel ini biar temanmu tahu cara mengatasi kucing mencret dengan tepat.

Yang kamu cari?

    obat kucing mencret, kucing mencret, cara mengobati kucing mencret, cara mengatasi kucing mencret, penyebab kucing mencret, obat mencret kucing, mengobati kucing mencret, obat diare kucing, kucing diare, Mengatasi kucing mencret
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

63 thoughts on “Terbukti! Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebabnya

  1. Kucing sy tdk mau makan. Bahkan ikan sekalipun. Kotorannya cair dan sering muntah. Akhir2 ini sy sering memberinya omega 3 suplement untuk kucing. Apa yg harus sy lakukan supaya kucing sy bertahan hidup ? ;(

  2. Kucing aku pupnya brdarah nih mau k dokter hewan tapi jauh, gimana ya kira2 pngobatannya ?
    Kalau d bilang cacingan engga krna dya ga prnah main d luar rumah
    Trus kalau pola makan aku selalu ngasi dya makan ikan tiap hari. Perutnya bunyi2 gitu apa jangan2 ada prdangan d ususnya ya ?

  3. Kucing ane umur 3 bln~an awalnya ane kasih makanan kitten, tp makannya cm sedikit. Ane khawatir dgn keadaannya makanya ane kasih ikan rebus aja. Makannya setiap pagi & sore. Makannya lahap.

    Apa tdk pengaruh utk kesehatannya jika makan setiap hari ikan rebus….?

    Baru 2 x ane kasih minum susu bearbrand, tapi kucingnya poopnya berubah (mencret). Apakah masuk dlm kategori berat…?

    Solusinya apa…
    Thks

  4. Numpang tanya mas. .aq baru beli anakan kucing anggora. .baru dua hari dia mencret trus keluar darahnya. .udah di bawa kedokter. .katanya kalo dalam dua hari masih berdarah suruh kembali. .tpi ini g. Keluar darahnya. .makannya sempet banyak pupnya jga sempt bagus. .tpi besoknya makannya dikit lagi mencret lagi lemes juga klo di liat. .itu bahaya nggak ya??

  5. Numpang tanya mas. .aq baru beli anakan kucing anggora. .baru dua hari dia mencret trus keluar darahnya. .udah di bawa kedokter. .katanya kalo dalam dua hari masih berdarah suruh kembali. .tpi ini g. Keluar darahnya. .makannya sempet banyak pupnya jga sempt bagus. .tpi besoknya makannya dikit lagi mencret lagi lemes juga klo di liat. .itu bahaya nggak ya??

  6. Kucing saya persia jantan umur 6bulan yg baru saya rawar satu minggu ini, awalnya dia sangat lincah tetapi entah kenapa ia menjadi pendiam dan tidak mau makan, keesokan harinya dia diare dan mengeluarkan kotoran lembek bercampur darah, dan huga muntah cairan berwarna kuning, dan langsung saya bawa ke dokter, dan di dokter diberi infus dan suntikan vitamin untuk menambah tenaga karna sama sekali tidak mau makan dan minum, saya juga diberikan antibiotik dan obat diare, dokter velum memastikan diagnosa yg pas untuk kitten saya, makan dan minum harus kita suapi, dekarang hari ketiga ia sakit dan diare sudah berhenti tetapi napsu makan dan lemas masih ada, dan batu saja saya melihat ia bernapas tersengalsengal dan sedikit membuka mulutnya dan terdengar seperti orang yang kesulitan bernapas, saya sedih melihat kucing saya yang lincah menjadi seperti ini

  7. Mau nanya….kucingq jantan 11 bln….pagi td pupnya lembek….ga biasa nya….padahal makanan nya yg seperti biasa sebelmnya….kenapa y?dia jd ga aktif…..diem n makannya kurang nafsu…..minta solusinya donk….tq

  8. Kucingku dksih makan wishkas tiap hari… tapi dia kalo ditawarin minum gak mau bahkan susu kucing jg ga mau… belakangan ini dia sering BAB sehari bisa 5 kali… mohon solusinya

  9. Gan,,anak kucing saya diare,,g mau makan,,g mau aktifitas & klo melek,,selaput mata’y nutupin separuh bola mata’y…
    Udah seminggu lebih,,semakin parah(lemes)…
    Trus q suapin susu ultramilk plain…
    Eh,,dia nolak “ngeong” suara’y pelan bgt…
    Abis baca artikel klo anak kucing g bisa m’cerna laktosa susu,,yaa q suapin lagi pake air putih…
    Dia m’ronta2,,trus ngeong sekali keras banget,,trus muntahin susu’y lewat mulut & hidung…
    Yaa ampun,,kasihan bgt…
    Trus,,kucing’q mati…
    Solusi’y gan,,biar bisa deteksi sebelum sakit’y tambah parah & gejala2 klo anak kucing mulai sakit…

    Thx before…

    1. Mencret seminggu tuh udah kelamaan. Kalau jucingbudah nunjukkin tanda2 tidak mau makan dan lemes, jangan d biarin gitu aja. Kita harus maksa si kucing biar mau makan. Biasanya d situasi gitu d kasih makan kuning telur mentah d suntik/pipet. Sama tiap sejam/dua jam d beri minum air putih. Dan minimal 3 kali d minumin air larutan gula jawa. Fungsinya buat oralit si kucing. Dan dapat saran dari kenalan yg kenal dokter hewan, kasih obat lopamide. Cman dosisnya tergantung kucingnya. Dulu kucingku usia 2 bulanan d minumin separo tiap hari 2/3 kali. Kucingku d telatenin gitu (meski nggak tega juga pas nyekokin makanan ke mulutnya) alhamdulillah sembuh dan lincah.

  10. Sebelumnya kucing sama saya aktif dan saya titip ke temen 2 hari, pas saya bawa pulang napsu makannya kurang banget, mencret dan lemas.
    Kenapa ya ?
    Mohon solusinya kucing nya juga masih 2 bulan

  11. Kucingku kucing kampung. Pertama lihat dia pup ada cacingnya gitu + merah (serve). Besoknya nggak nafsu makan. Pupnya udah nggak pake permisi. Kasian bgt. Tidur aja Pupnya merembes. Aku harus bagaimana ya ? Harus dikasih obat cacing atau obat diare ?

  12. Ka aku mau minta solusi, kucingku ini tadi pagi muntah trs lemas dan ga lama kemudian dia poopnya itu air, dan ga nafsu makan tp udh di kasih susu, aku pasain minum biar ada asupan. Solusinya gimana ya klo ky gitu?

  13. Ka aku nanya, kucing aku masih berumur 2 bulan, trus dia mencret karena salah makan. Kemudian aku kasih tempe rebus secara rutin selama 3 hari ini, tapi kok belum sembuh yaa?

  14. kucing aku habis dimandiin trs dia poop trs gt tp ga brhenti2, dan kucing ak jdinya lemes, mslahnya poopnya itu keluar sendiri trs dan kucing aku yg awalnya poop di tempat biasa jd poop sembarangan soalnya poopnya kluar trs, tp ga mencret trs napsu makan nya mulai menurun. saran dong 🙁

    1. sebisa mungkin jangan kasih makan si kucing 12-24 jam kedepan. Kasih air yang bersih, higienis atau steril. Kalau udah lebih dari 1 atau 2 hari mencretnya, bawa ke dokter hewan. Biasanya di petshop ada yang buka praktek

Tinggalkan Balasan