17 Cara Mengusir Kucing yang Mudah dan Ampuh Banget

Diposting pada

Untuk sebagian orang, kucing memang menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan dan lucu. Namun, bagi sebagian orang kucing juga bisa menjelma menjadi makhluk yang menyebalkan. Pasalnya kucing biasa mengacak – acak tempat sampah dan lingkungan menjadi kotor. Lain lagi kalo punya alergi kucing dan phobia jika terkena gigitan atau cakarannya.

Jika kamu termasuk pada yang anti kucing, disini admin akan kasih info tentang cara mengusir kucing tanpa harus menyakitinya. Ada berbagai situasi yang mungkin bakalan kamu hadapin saat mengusir kucing yang nakal. Yuk simak info berikut ini.

 

Cara mengusir kucing di rumah

Saat ada kucing yang berkeliaran di sekitar rumah dan bahkan masuk ke dalam rumah serta membuat keonaran, pasti kamu mulai kesal.
Hasrat ingin mengusir mereka pun kadang begitu saja muncul, kamu bisa melambaikan tangan pada kucing tersebut sambil bilang “hushh… hushh…”.

Pertama si kucing akan pergi, namun dia tidak takut untuk datang lagi. Agar si kucing tidak datang kembali, kamu harus punya trik jitu untuk mengusirnya. Berikut ini adalah cara mengusir kucing agar tidak kembali lagi.

Gambar Cara Mengusir Kucing Liar
cara mengusir kucing liar dan mukanya nyebelin kayak gini nih. via : images.google.com
  • 1. jangan memberi makan

Biasanya nih ya, daya tarik utama si kucing terus datang ke sekitar rumah adalah makanan. Entah karena kamu pernah memberi makan, atau mereka yang dengan mudah menemukan makanan di tong sampah.

Langkah yang harus kamu ambil adalah menutup akses rumah seperti pintu dan jendela. Selain itu, tutup juga tong sampah dengan rapat.

  • 2. hilangkan sampah makanan di sekitar rumah

Biasanya ini yang malas dilakukan untuk cara mengusir kucing liar yang sedang lapar mencari makan. Bersihkan lingkungan rumah dari sampah makanan, karena sisa makanan ini yang mengundang kucing liar untuk pergi ke rumah kita.

  • 3. hilangkan jejak yang tertinggal

Cara mengusir kucing selanjutnya adalah dengan menghapus jejak. Mungkin saja si kucing pernah meninggalkan kotoran di lantai atau bagian rumah lainnya.

Jika itu terjadi, kamu harus cepat – cepat membersihkan tempat tersebut sampai bersih dan bila perlu ditambah semprotan pengharum ruangan.

  • 4. memasang pagar anti kucing

Untuk kamu yang memiliki dana lebih, memasang pagar agar si kucing tidak bisa masuk adalah cara yang bisa dilakukan agar si kucing jera. Si kucing akan kesusahan memanjat pagar dan akhirnya putus asa, lalu melangkah kaki putar badan alias menyerah.

  • 5. semprotkan air

Konon, si kucing itu katanya anti air. Jadi, saat kita menyemprotkan air pada kucing yang datang ke rumah, si kucing akan lari. Agar rumah tidak basah dengan air, giring si kucing ke pekarangan.

Ambil selang untuk menyiram tanaman dan semprotkan pada kucing. Lakukan hal tersebut setiap si kucing datang hingga dia jera.

  • 6. meletakkan bau menyengat

Selain anti dengan air, si kucing juga amat sensitif dengan bau – bau yang menyengat. Kamu bisa memanfaatkan kelemahan tersebut sebagai cara mengusir kucing liar dari rumah.

Bahan – bahan yang memiliki aroma menyengat diantaranya adalah lemon, jeruk, bawang putih, dan serai. Saat ini juga sudah banyak dipasarkan produk cat repllent, yaitu bau – bauan untuk mengusir kucing.

  • 7. pakai botol air mineral

Kamu bisa menggunakan botol air mineral untuk cara mengusir kucing, lihat di akhir artikel.

  • 8. menaburkan lada

Hidung kucing sangat sensitif, kamu bisa menaburkan lada supaya kucing tidak betah dan segera pergi.

Baca ini: Arti mimpi digigit kucing liar

 

Cara mengusir kucing di plafon rumah

cara mengusir kucing di atap rumah
gambar kucing di atap rumah, via : liputan6.

Mengusir kucing di ruangan dalam rumah dan halaman mungkin masih mudah – mudah saja. Lain halnya jika si kucing berada di plafon atau atap rumah. Bisa saja mereka buang kotoran bahkan melahirkan di sana.

Namun, jangan khawatir dengan hal tersebut, karena kita punya tips atau cara mengusir kucing di atap rumah yang unik dan efektif pastinya.

  • 1. letakkan makanan

Selain menjadi daya tarik kucing datang ke rumah, makanan juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengusir kucing. Caranya, pahami jalur akses si kucing menuju atap rumah.

Jika sudah paham rutenya, kamu bisa meletakkan makanan kucing di jalan tersebut. Saat si kucing tengah menikmati makananya, tangkap dia dengan karung. Kamu bisa meminta bantuan tetangga jika kamu geli dengan kucing.

  • 2. nyalakan rekaman suara kucing

Berdasarkan sebuah forum, suara tiruan kucing “mengeong” bisa menjadi pancingan berikutnya agar si kucing turun dari atap. Saat mendengar suara tersebut si kucing akan cepat tanggap menghampirinya karena mungkin dia mengira bahwa itu adalah temannya.

Caranya, putarkan rekaman suara kucing di bawah atap dimana kucing berada agar terdengar jelas dan putar berulang – ulang sampai si kucing turun.

  • 3. tutup akses menuju atap

Kalau si kucing sudah turun dari persembunyiannya, saatnya kamu beraksi menutup akses menuju atap rumah. Biasanya kucing memanfaatkan genteng yang kurang rekat dengan yang lainnya.

Pastikan kamu atau pak tukang jeli memeriksanya agar si kucing tidak kembali lagi.

  • 4. lempar sesuatu gan!

Usahakan jangan batu, tapi benda yang agak lunak. Misal buntelan kertas, gelas plastik juga bisa ehehehe.

 

Cara mengusir kucing buang air besar

Selanjutnya, adalah bagaimana cara mengusir kucing yang buang air besar sembarangan. Kehadiran kucing liar di sekitar rumah selain mencari makanan adalah membuang kotoran mereka.

Baunya yang sangat menyengat tentu akan menggangu suasana rumah. Untuk mencegah dan menanggulangi hal tersebut, kita bisa melakukan beberapa cara, antara lain :

  • 1. menempatkan bau

Bauan di sekitar pekarangan yang sering di datangi kucing.

  • 2. menaruh air di botol

Botol di sekitar rumah dan halaman karena si kucing itu benci air. Hal ini ternyata biasa diterapkan di negeri sakura Jepang, dan hasilnya efektif.

Botol Air untuk Mengusir Kucing
Botol Air untuk Mengusir Kucing via : https://jpninfo.com
  • 3. menakut-nakuti dengan sapu lidi

Sapu lidi juga bisa digunakan untuk mengusir kucing. Bukan untuk memukul kucing. Ayunkan sapu lidi ke tembok, lantai atau benda lain supaya mengeluarkan bunyi yang bisa menakuti si kucing.

  • 4. lempar dengan bola kertas

Pakai kertas koran, kemudian balut dengan selotip. Boom, bisa buat lempar kucing liar.

  • 5. semprot dengan air

 

Masih bandel juga? Langsung semprot dengan air tapi usahain jangan sampai kena si kucing secara langsung ya.

 

Oh iya, hal yang perlu di tanamkan dalam mengusir kucing dari rumah adalah memperlakukan mereka sebagai makhluk hidup yang patut disayangi.

Ya meskipun tingkahnya menggangu ketenangan dan kebersihan, sebagai manusia kita harus tetap mencari cara mengusir kucing dari rumah yang manusiawi.

Jangan sampai memukul atau melempari kucing dengan keras atau menggunakan benda keras. Itu artinya kita menganiaya dan mendzalimi ciptaan Tuhan.

Demikian pembahasan kita mengenai cara mengusir kucing yang biasa berkeliaran di sekitar rumah. Butuh waktu untuk membuat si kucing tidak kembali lagi ke rumah, sehingga kesabaran juga dibutuhkan. Sekarang ini banyak relawan yang menampung kucing liar, kamu bisa meminta bantuan mereka atau menyerahkan kucing yang sering datang ke rumah kepada mereka.

Yang kamu cari?

    cara mengusir kucing, cara mengusir kucing biar tidak kembali lagi, cara mengusir kucing beranak, cara mengusir kucing agar tidak kembali lagi, cara mengusir kucing dari rumah, mengusir kucing, pengusir kucing kumpulan tips, cara membuang kucing agar tidak kembali, cara mengusir ku, Cara mengusir Kucing liar
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

Tinggalkan Balasan