Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-3 Bulan Lengkap!

Diposting pada

Kamu punya kucing persia yang baru lahir? Jika iya mungkin kamu akan menemui beberapa kesulitan. Memang, dalam cara merawat anak kucing persia umur 3 bulan atau kurang punya kendala tersendiri.

Dalam merawat anak kucing persia harus diberikan perhatian khusus, apa lagi jika merawat tanpa induk. Ada cara-cara tersendiri dalam merawat anak kucing tersebut. Tapi jika kamu merawat anak kucing persia ini dengan baik, tentu perkembanganya akan tumbuh dengan sehat.

Cara ini untuk anak kucing persia ya, kalau sudah agak dewasa baca artikel: cara merawat kucing persia agar gemuk

Jadi gimana sih cara merawat anak kucing persia?

Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1 2 3 Bulan
cara merawat anak kucing persia image : animalslibrary

 

Cara Merawat Anak Kucing Persia (kitten persia)

Jangan bingung, karena dalam perawatannya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti :

  1. Menjaga kesehatan induk kucing
    Jika kamu punya induknya, kamu harus tetap menjaga kesehatan Induknya terlebih dahulu. Kenapa? Karena anak kucing persia umur 3 bulan kebawah masih menyusui kepada induknya.

    Jika si Induk terkena penyakit, bisa saja anaknya juga terkena. Berikan asupan makanan yang bagus dan jaga lingkungan tempat tinggal si kucing.

  2. Memberikan asupan untuk anak kucing persia
    Dalam cara merawat anak kucing persia umur 3 bulan, memberikan asupan yang baik untuk anak kucing, hal seperti susu, air mineral dan makan harus kamu perhatikan.
  • Susu– Anak kucing persia umur 1-3 bulan biasanya masih menyusui kepada induknya.

    Namun jika kamu ingin memberikan susu kepada anak kucing tentu tidak masalah, yang perlu diperhatikan jangan kamu beri susu sapi karena bisa mencret si kucing persia lucu kita. Coba berikan susu formula khusus untuk anak kucing.

  • Air – Sediakan air untuk minum si kitten persia kita, tentu harus bersih airnya. Selain itu tempat air minum juga harus steril dan penempatannya cukup rendah supaya bisa dijangkau oleh kucing.

    Biasanya si anak kucing yang rewel suka bermain dengan air, menarik-narik tempat air minumnya jadi pilihlah tempat air minum yang cukup berat untuk si kucing agar tidak sampai tumpah.

  • Makanan – Untuk makanan anak kucing persia umur 1 bulan atau sampai tiga bulan harus lebih diperhatikan. Perhatikan produk makan yang kamu beli, apakah kategorinya adult (kucing dewasa) atau kitten (anak kucing).

    Jika untuk kucing persia, tentu kamu harus membeli yang kategori kitten.

  1. Memberikan tempat tinggal yang baik
    Perhatikan apakah kamu punya tempat tinggal yang nyaman untuk kitten persia punyamu. Jangan dianggap sepele karena bisa saja anak kucing persia akan terkena penyakit.

    Tempat tinggal si kucing harus bersih, tempatnya juga harus hangat karena tubuh mereka yang masih kecil dan bulunya belum lebat Anda bisa memberikan lampu atau perlengkapan seperti kain (bisa selimut) supaya menjaga kehangatan mereka.

  2. Memberikan ruang gerak
    Jangan lupaberikan tempat yang cukup luas untuk pergerakan mereka. Cara perawatan anak kucing persia yang berumur 3 bulan biasanya masih sangat lincah dan ingin bermain-main.

    Selain itu jangan sampai tempat tinggalnya lembab.

  3. Berikan vaksin dan obat
    Salah satu poin yang penting dalam memelihara anak kucing persia ialah kamu jangan lupa memberikan obat seperti obat cacing maupun vaksin yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kucing.

    Jika kamu bertanya bagaimana cara memberi vaksin kepada kucing, saya sarankan untuk pergi ke dokter hewan saja agar sesuai aturan dan kucing tidak terancam.

  4. Siapkan fasilitas pembantu
    Demi kenyamanan si kucing mungil ini cobalah untuk memberikan Litter Tray/Box untuk tempat poop anak kucing persia. Jangan gunakan pasir dari kebun, namun gunakan pasir khusus yang sudah dijual di PetShop terdekat.

    Gunakan alas seperti koran sebelum menaruhkan pasir dalam Litter Tray-nya, taruh di tempat yang terjangkau dan pastikan untuk membersihkannnya secara teratur.

  5. Berikan kasih sayang
    Dalam cara merawat anak kucing persia yang terakhir, kamu bisa memberikan sentuhan lembut kepada si anak kucing persia supaya dia nyaman dan mengenalimu, kemudian jangan lupa beri dia mainan seperti bandul atau mainan khusus kucing lainnya.

Walaupun merawat kitten kucing persia yang berumur 2-3 bulan punya kendala tersendiri dibanding kucing yang lain, namun saat memeliharanya dan melihat ia tumbuh kita dapat mendapatkan rasa senang tersendiri dan bisa meningkatkan mood kita. Jangan lupa untuk share artikel dari KucingPedia.com ini supaya teman-temanmu tahu bagaimana cara memelihara anak kucing persia.

Yang kamu cari?

    kucing persia, kucing, cara memandikan kucing, cara merawat kucing persia, anak kucing persia, cara merawat kucing persia umur 2 bulan, cara memandikan kucing persia, anak kucing anggora, cara merawat anak kucing persia, cara merawat kucing anggora umur 3 bulan
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

73 thoughts on “Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-3 Bulan Lengkap!

    1. Halo Riya, menurut dokter hewan langgananku sebaiknya menunggu 3 bulan keatas baru boleh dimandikan kayak kucing biasanya. Alesannya karena kucing umur segitu anti-bodinya masih kurang bagus, biarin aja induknya yang mbersihin. Kalau tidak punya induknya atau emang kucingnya terlanjur kotor, lebih baik dimandikan kering (dilap pake kain hangat)..bukan dimandikan kayak kucing biasanya. Semoga membantu 🙂

      1. Kak aku baru pemula melihara kucing, Td baru adopsi umur kurang lebih 2 bulan. Kucingnya berkutu kak, dan bau2 ga sedap gitu bulunya, dan juga bulunya agak menggumpal gitu.. gimana kak cara ngatasinnya ? Apakah bisa kalo dimandiin umur segitu ?

  1. Saya baru dikasih ank kucing persia umur 1,2bln dia mau mkan tpu g mau minum susu gimana y. Trus dia suka main di pasir pup nya gimna caranya biar g kena kutu dan jamur. Oya mtanyanya juga suka belekan gimna cara ngobatinnya?

    1. hai kak ayu. Wah kucingnya masih mungil banget nih. Susunya susu khusus kucing atau bukan? Kalau bukan khusus sebaiknya jangan, nanti dia gk enak perutnya. Beli aja pasir khusus kucing kak, murah kok. Soalnya kutu dan jamur tergantung pasirnya juga. Belekan dan berair ya? Coba bersihin dulu pakai tisu basah/yang lembut, terus kalau masih belekan atau berair pake OBAT TETES MATA KHUSUS HEWAN/KUCING. Oiya jaga kesehatan lingkungan dia tinggal ya, pengaruh banget! Semoga membantu 🙂

    2. Hy kak
      Kalau pngalaman pribadi aq
      Dlu kucing aq smpai parah matanya dan aq obatinnya pake daun sirih karna nggak perih
      Caranya cuci dlu daun sirihnya smpai bersih setelah itu rebus smpai mendidih dan biarkan dingin dlu,klo udh dingin bru di tetesin secara rutin pagi dan sore
      Awalnya aq cuma coba” tpi alhamdulillah kucing aq beneran sembuh
      Alasan q pke daun sirih karena daun sirih baik buat antiseptik bakteri
      Alhamdulillah sembuh dan nggak pernah sakit mata lgi skrng
      Slamat mencoba

  2. Kak, aku baru pemula pelihara kucing. Kucing ku umur 3bln an. Dia dikasih dry food yang gak bermerk. Terus aku ganti pake merk Me-O dan whiskas tp ga cocok. Terus gimana kak? Kan yg ga bermerk keliatannya nutrisinya kurang.

    Satu lagi, sebaiknya makanan kitten umur segitu itu baiknya pake dry food atau wet food ?

    1. Halo kak Nabila, coba kamu cari aja makanan ber merk yang agak mirip dengan makanan yang kamu kasih sekarang.

      Untuk kitten baiknya dry atau wet? Nah kalau yang satu ini baiknya pakai dry kak, karena dry itu baik untuk pertumbuhan gigi si kucing dan biasanya sih lebih bergizi dibandingkan wet food. Terus misal kalau kamu mau ngasih wet food, mendingan jarang-jarang aja. Kenapa? Karena wetfood kayak “junk food” gitu deh. Semoga membantu ya kak

    1. kucingnya masih umur 2-3 bulan atau lebih ya? Kalau karena adopsi dan masih umur segitu wajar..karena makan dan minum daei induknya. Kalau baru adopsi dan usah gede berarti dia belum terbiasa dengan suasana baru, makanan. Gak masalah belum keliatan pup. Yang penting tetep kasih air putih sama makan yaa

  3. maaf mas mau tanya , kucing aku persia umur 2bulanan , aku kasih makan wiskas basah , tapi jarang mau dikasih minum , minumnya dikit banget . oia 1 lagi , kucing aku ada kutunya , kan blum boleh dimandiin , cara yg ampuh biar kutunya ilang pake apa yya ? balas .
    makasih

  4. Assalamualaikum mas Yugi ,
    Mau tanya kan ane punya anak persia kira² umur 4-5 bulan ,terus cara ngadepin anak kucing yg jamuran gimana ya selain suntik ?apa caranya cuma disuntik ?
    Terus 1 lg itu kucing ane kasih makan whiskas basah tapi kok pup nya anu mas basah juga -_- ,itu gmn ya ?emng gak cocok apa gmn ?tolong solusinya mas Yugi ,Terimakasih .. 🙂

  5. Kak aku baru pemula melihara kucing, Td baru adopsi umur kurang lebih 2 bulan. Kucingnya berkutu kak, dan bau2 ga sedap gitu bulunya, dan juga bulunya agak menggumpal gitu.. gimana kak cara ngatasinnya ? Apakah bisa kalo dimandiin umur segitu ?

  6. Ka mau tanya, aku baru adopsi kucing usia 3 bulan, dari awal aku adopsi dia belum makan, minum sama poop. Baru 1 hari itu wajar atau gimana? Aku baru pertama kali soalnya adopsi kucing, makasih sebelumnya

  7. Selamat malam baang yugi..
    Saya mau nanya, kalau cara mengatasi kucing yang ngorok / serak ketika bernafas gmn ya ?
    Umur kcing -+ 3 blnan.
    Dan yg terakhir, kira – kira apa efeknya jikalau kucing kita masih terbiasa mkan nasi + ikan segar + mknan kcing pabrikan di mixing jadi satu ?
    Karena baru adopsi jadi masih susah kalau langsung di beri mkanan pabrikan murni tnpa cmpuran. Saya bilang susah karna udh pernah aku coba kasih mkanan pbrikan mrni, yg ada mlah dia gak mau makan.
    Kira – gimana solusinya bang yogi.
    Thank’s.

  8. Bang saya punya kucing persia umur 2 bulan baru sehari dirumah, minta masukannya dong makanan yang cocok kira kira apaa yaa, soalnya makannya masih malu malu, oiyaa kalo dikasih keju boleh ga bang??

  9. haii kak, mau tanya dong kak kalau kucing ku itu udah lama banget sakit mata dan flu terus sekarang dia berkurang gitu nafsu makannya kak, kira kira makanan merk apa ya yang buat dia nafsu makan? oh ya kalau kasih makan tempe di rebus gtu beneran bagus gak utk menghindari diare nya sikucing?. mohon jawabannya ya kaa makasih

  10. Malam mas, aku mau tanya aku punya kucing persia dan baru melahirkan anak nya usia 2 bulan sekarang dia dikasih makanan junior tapi malah suka makanan ibu nya yang kiloan karena si ibu nya gak mau makanan selain kiloan awal ny saya kasih yg bermerk tapi dia gak lahap makan saya kasih kiloan mau nah si anak2 nya ini ikut makan. Bahaya gak ya mas?

  11. Halo mas yugi… Saya mau tanya… Kucing saya umurnya 2 bulan,, persia,, jauh dr induknya,, saya baru adopsi kemarin,, saya kasih wishkas junior yg wet food, sama susu kucing,, tapi habis itu dia lgsung tidur terus,, saya kasih susu tiap 3 jm sekali…. Menurut mas gimana??

  12. Kucing persia aku baru 2,5 bulan, baunya agak kurang sedap, dikasih apa ya biar ngga bau? Dan dia sekarang jadi sering tidur-bangun-minum-makan-pup-pip-main bentar-tidur lagi terus gitu terus, itu bukan tanda stress kan?

  13. Bang,Saya punya kucing umurnya 3bulan baru di adopsi pacar ane,tapi yang merawat nya ane,Nah sih kucing ane nih gak mau di mandikan terus kalau Poop,poop nya mencret gmna supaya biar gak mencret bang,
    #terimakasih

  14. Ka mau tannya kan saya baru adop kucing persia umur 2bulan ,apakah boleh tdr diruang ac?
    Dan dia jga susah makan nya harus di suapin ,gimna ka cara dia nafsu makan?
    Gimna cara merawat nya ka yang baik?
    Makasih ka.

  15. Kak mau tanya,saya baru adopsi kucing persia usia nyah msih kurang dari 3bulan saya blom ngerti beda nyh dy popp nyh mencret tau ngga,trus dy klo popp dalam sehari lebih dari 3x anus nyh sempet kaya agk berdarah gt
    Itu dy sakit atau saya salh kasih makanan
    Klo slh kasih makan,makan apa yng baik buat dy
    Mnta saran nyah iya kak ☺

  16. Mau tanya mas, saya baru adobt kucing persia usia 3bln, awalnya saya kasih royalcanin yg kiten tapi popnya aga mencret trs saya tanya ke yg punya sebelumnya dikasihnya proplan. Setelah saya ganti ke proplan dia malah kurang makannya. Baiknya gimana yah?

  17. Mas mau tanya nii…sore td sy bru adopsi kucing persia usia bru 3 mngguan… krn td udh kesorean ga smpt bli susu formula utk kucing sy kasih dia tajin dan sy suapi pke pipet. Apa itu ga bahaya buat kucing?? Trmaksh

  18. Ka aku baru adop kitten persia umur 3bln kalo makan dry food paling cuma sebiji 2biji tapi klo wet food whiskas dia makan banyak, apa ga papa tiap hari dikasih whiskas? Klo emg ga boleh makan wetfood tiap hari alternatif nya biar dia banyak makan dry food nya gmna ya? Terus knpa dia itu jarang minum ka. Tolong bls ya ka mksih

  19. Mas saya mau nanya saya punya 2ekor anak kucing umur 2mingguan itu di kasih air tajin sama air putih dulu ga apa apa kan mas soalnya khawatir sama anak kucing saya ni mas menurut mas cara ngerrawatnya gimana tuh mas

  20. Mas aku punya kucing persia induk, dia baru ngelahrin 2 bulan ini, tapi skrg di telinganya udh mulai ada kyk jamur sama borok, itu harus gimana yaa tindakannya? Kmren sih udh aku coba olesin baby oil pake cotton bud udh agak hilang cuma dia masih sering garuk garuk

  21. kucing sy umur kira2 2bulanan, apa aman ya klo dikasi obat kutu? soalnya ada yg blg jng dlu krn masih kecil. trus klo aman tolong rekomendasi obat kutu yg bagus dong makasih

  22. Mas yugi…saya baru adopt persian peaknose 2.5 bulan,baru datang kmarin,bbrp kali bersin2,bobo druang ac,pup lembek tp tdk mencret,aktif,bdan sdh mulai bau,baiknya kapan bs dimandikan dan apa hrs dkaih obat flu unt bersinnya?

Tinggalkan Balasan