Cara Merawat Bulu Kucing yang Mudah Dilakukan Sendiri

Kucing merupakan seekor hewan yang sangat lucu, terlebih lagi jika bulunya panjang. Akan semakin gemas saat kita melihatnya. Aku seneng banget kalau liat mereka lagi tidur kemudian posisinya tidurnya melengkungkan badan, mirip seperti bola bulu.  Nah gimana ya kalau bulu kucing ini kita rawat dengan baik, pasti akan semakin cakep dan nggemesin. Tapi banyak orang yang gak tahu cara merawat bulu kucing.

Kalau kamu ingin punya kucing yang bulunya bagus, tentu kamu harus bisa merawat dengan baik bulunya. Untuk mendapatkan bulu yang bagus ada berbagai hal yang harus kita perhatikan mula dari kesehatan, makanan kucing, kebersihan kandang dan berbagai faktor lainnya. Supaya kamu tahu cara merawat bulu kucing yang benar, KucingPedia sebagai media informasi kucing terdepan akan memberikan infonya. Kira-kira gimana ya?

 

Cara Merawat Bulu Kucing yang Benar

Di artikel yang satu ini ada berbagai tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat bulu kucing agar tidak rontok, menjadi lebih terawat dan bisa semakin lebat, berikut cara-caranya :

Baca juga : Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

 

 1. Memandikan Kucing

Merawat Bulu Kucing Dengan Cara Grooming

merawat bulu kucing dengan rajin memandiknannya, via : vippet.es

Yang pertama dengan cara memandikan kucing. Mandi merupakan perawatan bulu kucing yang wajib dilakukan, untuk kucing. Mandikan kucing kesayangan kamu minimal 2 minggu sekali atau jika bulunya sudah kotor. Kamu bisa membawa kucingmu grooming di PetShop tapi kamu juga bisa belajar cara memandikan kucing di rumah yang singkatnya seperti ini :

  • Persiapkan alat mandi seperti shampoo, bak berisi air hangat, handuk dan sebagainya
  • Setelah kamu selesai mempersiapkan peralatan mandi untuk kucing, kita mulai dengan membasuh tubuh si kucing. Jangan disiram banyak sekaligus ya.
  • Kalau udah dibasuh tubuhnya, waktunya memakai shampoo khusus kucing tapi jangan kebanyakan.  Jangan lupa diratakan, dipijat-pijat juga lebih bagus lagi untuk pertumbuhan bulu lho.
  • Setelah shampoonya rata, kita bilas si kucing.
  • Nah yang terakhir kita pakai handuk tadi, kalau bisa yang khusus untuk kucing saja (jangan dicampur sama milikmu hehe). Gosok semua bagian tubuh si kucing secara perlahan menggunakan handuk tersebut perlahan-lahan. Kamu juga bisa menggunakan blower untuk mengeringkannya.

 

2. Memberikan bedak khusus kucing
Perawatan kulit juga untuk bagus sebelum langsung memberikan efek kepada bulu. Kamu bisa memberikan bedak bubuk atau kering dengan rutin, biasanya sih satu minggu sekali. Menggunakan bedak tersebut bertujuan untuk mengangkat lemak dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit si kucing.

 

3. Menyisir atau menyikat bulu kucing

Cara Merawat Bulu Kucing Persia Dengan Disisir

cara merawat bulu kucing persia dengan menyisirnya, via : www.amazine.co

Bulu kucing ras tertentu yang panjang terkadang punya permasalahan tersendiri, contohnya dalam cara merawat bulu kucing persia atau cara merawat bulu kucing anggora. Kamu tahu sendiri kan kalau kucing persia bulunya panjang menutupi seluruh tubuhnya? Nah tips yang kedua cocok banget nih buat kamu pemilik kucing persia maupun ras kucing berbulu panjang lainnya. Cara menyisir bulu kucing:

  • Usap-usap bagian punggung kucing terlebih dahulu ya supaya dia nyaman.
  • Kemudian kita langsung saja menyisirnya, namun pada bulu bagian perut dan kaki terlebih dahulu.
  • Kalau udah, kita ke kepala kucing. Sisirlah bagian kepala atas kucing hingga bagian pangkal maupun ujung ekor, sisir dengan lembut dan berbalik arah supaya bulu mati si kucing terangkat.
  • Jangan lupa sisir bagian. Lakukan penyisiran ini dengan bertahap supaya bulunya terawat, kamu bisa juga memakai bedak kucing sedikit sebelum menyisir badannya.

 

Mungkin dalam perawatan bulu kucing berbeda-beda setiap orang, namun dengan 3 jenis cara merawat bulu kucing yang ini. Kalau kamu bisa merawat bulu kucing dengan baik, selain membuat kucingmu terawat itu juga bisa membuat kita terhindar dari bahaya bulu kucing. Oiya tips merawat bulu kucing ini juga gak cuman untuk bulu kucing berbulu panjang ya, kamu juga bisa menggunakannya untuk merawat bulu kucing kampung atau lokal. Semoga cara diatas bisa kamu lakukan dan bermanfaat kedepannya.

Yang kamu cari?

    cara merawat bulu kucing, cara merawat bulu kucing anggora, cara merawat bulu kucing persia, perawatan bulu kucing, merawat bulu kucing, merawat bulu kucing persia, cara menyisir kucing, perawatan bulu kucing persia, cara mengatasi bulu rontok pada kucing anggora, perawatan bulu kucing anggora

One Response

  1. Abdul Aziz Waris 26 Maret 2017

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *