Cara Merawat Kucing Persia dari Ahli Terpercaya dan Lengkap!

Diposting pada

Cara  merawat kucing persia gimana ya? Kucing persia memang selalu identik dengan bulu yang lucu dan indah dan sangat ideal dijadikan hewan peliahraan tetapi biasanya jenis peliharaan seperti kucing persia ini memerlukan perawatan khusus untuk membuat bulu kucing tetap indah dan sehat.

Nah disini para catlovers perlu memahami dahulu tentang maksud dari “perawatan khusus ya”. Perawatan khusus itu bukan berarti perawatan yang mahal terhadap si kucing persia ini.

Kali ini kita akan membahas bagaiamana sih cara merawat kucing persia, nah berikut ini ada beberapa cara untuk merawat kucing persia. Simak baik-baik ya catlovers

 

Sebelum teknis cara merawat kucing persia

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui dan lakukan sebelum kita ke teknisnya.

1. Pastikan kucingmu sudah jinak

Kalau kucingmu belum jinak, gimana mau dirawat dengan baik? Untuk itu coba sekalian buka : Cara Menjinakan Kucing Persia Agar Jinak.

 

2. Itu kucing persia apa anggora?

Sudah tahu belum ras kucingmu apa? Coba baca deh : Perbedaan Kucing Persia dan Anggora.

 

3. Ketahui bahaya kucing

Kucing persia merupakan kucing dengan bulu yang lebat dan menutupi sekujur tubuh. Tapi kucing berbahaya kalau tidak dirawat dengan baik kok, untuk itu kamu mencari informasi cara merawat kucing persia kan? Untuk bahayanya, berikut referensi terpercaya dari kita :

 

Teknis cara merawat kucing persia

Gambar Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk
Gambar Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk

1. Membersihkan lingkungan si kucing

Oke katakanlah kamu sudah punya ruangan khusus untuk si kucing persia, selanjutnya ialah menjaga kebersihan lingkungan. Entah menyapu, mengepel dan lain sebagainya. Kalau dia di kandang, tentu kandangnya harus terjaga kebersihannya juga.

 

2. Siapkan tempat makanan dan minuman, juga makanannya

Untuk tempat makanan dan minuman kucing aku saranin sih jangan yang terlalu cekung. Aku sempat salah beli, soalnya kucingku lidahnya tidak terlalu panjang untuk mengjangkau makanan dan minumannya hehe.

Oiya berikut ini rekomendais makanan dari kucingpedia, ada tabel gizinya juga lho 🙂

 

3. Mulai memberikan makan si kucing

Nah apabila para catlovers ini ingin melihat kucing kesayangannya sehat terus, tidak ada salahnya dong kalo kita memberi makanan yang cocok untuk si kucing.

Yang pasti harus mengandung semua nutrisi yang diperlukan ya, agar kucing kalian selalu berada dalam kondisi yang prima bahkan bisa membuat bulu tumbuh indah dan mengkilap.

Tadi sudah aku beri rekomendasi makanannya ya.

Kemudian untuk tambahan kamu bisa membaca Cara Menggemukan Kucing Persia.

Terus kalau kucingmu tidak mau makan, coba atasi dengan : Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

 

4. Duh kucingnya pup

Kalau kamu sudah mempersiapkan kotak pasir dan pasirnya sih ini akan jadi lebih mudah, usakan beberapa hari sekali membuang kotoran si kucing ya. Kemudian seminggu sekali cuci atau ganti pasir kucingnya.

Kucingku pup sembarangan nih, gimana kak?

Nyebelin memang dan kalau kucingnya sudah besar sedikit susah untuk diajarin, nah untuk itu baca : Cara Melatih Kucing Buang Air Supaya Tidak Sembarangan.

 

5. Memandikan kucing persia

Dalam memandikan kucing persia biasanya kita membutuhkan shampo yang khusus untuk merawat bulu kucing. Lihat rekomendasinya : 4 Rekomendasi Shampo Kucing. Kemudian untuk teknis yang lengkap bisa kamu baca di : Cara Memandikan Kucing Persia.

Kalau kamu punya uang lebih, aku sarankan kucing persia grooming aja di petshop terdekat.

Minimal mandi satu minggu sekali (kalau kucing terlihat kotor banget) atau dua minggu sekali juga cukup. Juga dengan memandikan kucing persia, menjadi salah satu cara menghilangkan kutu kucing.

 

6. Memberikan vaksin

Vaksin sebenarnya penting tidak penting ya, namun untuk kucing persia aku rasa kamu harus mevaksinnya sesuai jadwal.

Vaksin ini biasanya sih di tempat praktek dokter hewan, untuk jadwal dan harga vaksinnya coba lihat di Jadwal dan Harga Vaksin Kucing.

 

7. Merawat bulu kucing

Artikel utama : Cara merawat bulu kucing.

Sebenarnya sih mandi menjadi salah satu cara merawat kucing persia, namun tentunya bukan mandi saja kan? Ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk merawat bulu kucing persia.

Misalkan, menyisir bulu kucing persia. Karena kucing persia sendiri memiliki kemampuan yang minim untuk merawat bulu mereka sendiri.

Nah dalam menyisir kucing persia ini para cat lovers bisa menggunakan sisir logam sebanyak dua kali seharu supaya si kucing tidak kusut dan agar bulu kucing persia tersebut tetap bersih dan berkilau.

Kemudian seka bulu kucing persia dengan tisu bayi.

Nah salah satu cara ini merupakan cara merawat kucing persia untuk pemula yang cukup simpel. Pasti para catlovers bertanya “kenapa menggunakan tisu bayi?”

Perlu cat lovers ketahui nih tisu bayi itu ideal digunakan dalam merawat kucing persia karena bisa membuat bulu kucing berbabu harum, dan yang pasti tidak menyebabkan alergi karena formula tisu bayi yang lembut.

Terkadang beberapa masalah bisa terjadi pada bulu kucing, contohnya bulu kucing yang rontok. Perhatikan dulu penyebab bulu kucing rontok dan cara menanganinya

 

8. Ajak main si Kucing

Para catlovers pasti pernah merasa bosan kan? Kalo berdiam diri seharian, nah sama seperti si kucing. Karena kucing persia ini merupakan jenis kucing yang pada umumnya dipelihara didalam rumah.

Baca juga : Ciri-ciri Kucing Stres.

Maka ajaklah si kucing bermain bersama supaya membuat kucing tetap aktif dan tidak jenuh karena cara ini merupakan cara merawat kucing persia yang cukup ampuh bagi si kucing.

 

9. Beri sedikit ruang kosong di sekitar jendela rumah

Cara merawat kucing persia yang berikutnya adalah dengan memberi sedikit ruang kosong disekitar jendela rumah.

Kenapa? Supaya sikucing dapat berjemur. Perlu para catlovers ketahui nih berjemur bisa membantu menjaga kesehatan si kucing loh.

Tapi jangan sampai kucingmu kabur!

 

10. Kontrol selalu kesehatan kucing

Nah cara merawat kucing persia yang terakhir perlu para catlvoers catet nih. Kalian harus selalu rajin mengontrol kesehatan si kucing.

Salh satu car untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing kesayangan para catlovers , diperlukan sebuah vaksin yang sebelumnya sudah aku singgung.

Karena pada dasarnya kucing adalah hewan yang sangat peka terhadap penyakit jadi hal tersebut perlu dilakukan supaya si kucing kesayangan para catlovers sehat terus.

Waspadai permasalahan berikut :

 

Cara merawat kucing persia agar selalu sehat diatas aku rasa biasa banget untuk dipraktekkan.

Saran dari aku rawat terus kucing kesayangan para catlovetrs baik-baik ya! Semoga penjelasan tentang cara merawat kucing persia diatas dapat bermanfaat bagi kita semua .Salam catlovers!

Yang kamu cari?

    perawatan ku, cara merawat kucing persia kutu&jamuran, bergambar cara merawat kucing, cara memelihara kucing agora biar tidak buas, cara merawat kucing import, rawat kucing pemula dan belum jinak, cara rawat kucing persia, kucing persia dan perawatannya, makanan kucing persia umur 9 bln agar cepat gemuk, merawatkucing
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

One thought on “Cara Merawat Kucing Persia dari Ahli Terpercaya dan Lengkap!

Tinggalkan Balasan