13 Ciri-ciri Kucing Demam ini Harus Kamu Waspadai

Diposting pada

Apa saja ciri-ciri kucing demam? Kucing demam merupakan suatu masalah umum yang dialami hewan  peliharan yang lucu ini. Banyak orang yang bertanya kalau kucing demam seperti demam kuning,muntah,malaysia dan lain sebagainya, pada saat kucing demam boleh mandi atau tidak?

Kucing sakit demam obatnya apa? Maka dari itu di artikel ini kami mencoba memberikan informasi tentang masalah kucing demam. Selamat membaca ^_^

 

Ciri-ciri Kucing Demam

Ciri-ciri Kucing Demam Harus Diwaspadai
Ciri-ciri Kucing Demam yang Harus Diwaspadai. gambar: https://purrfectcatbreeds.com
  1. Badan Kucing Panas

Karena demam  badan kucing pasti terasa panas, ciri-ciri kucing terkena demam yang satu ini memang tidak jauh dengan demam yang dilamai manusia. Ketika kita memegang kucing dan badan kucing terasa panas itu artinya Kucing kita sedang demam.

 

  1. Nafsu makan Berkurang

Salah satu gejala ini memang ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Perlu diketahui demam juga merupakan salah satu penyebab kucing tidak mau makan.

Jika kucing sudah terkena demam biasanya mau dikasih makana walaupun itu makanan favoritnya tidak akan mau dimakan karena kondisi tubuh kucing tersebut yang sedang demam.

 

  1. Diare atau Mencret

Sistem pencernaan pada kucing biasanya menyusaikan dengan makanan kucing sehari hari yang diberikan oleh pemilik kucing tersebut.

Tetapi jika pemilik kucing tersebut mengganti makanan kucing, biasanya kucing sulit untuk beradaptasi dengna makanan yang baru, maka kucing bisa mencret diare, sembelit bahkan disertai demam.

Jika sudah demikan lebih baik segera dibawa dokter hewan terdekat.

 

  1. Selalu tidur

Ciri kucing sakit demam salah satu ini merupakan salah satu perubahan perilaku yang bisa terlihat dengan mudah, bagaimana kucing kita yang biasanya berlari-lari(hyper aktif) seketika menajdi suka tidur secara terus menerus.

Ciri kucing demam ini juga bisa menjadi tanda kucing yang terkena demam.

 

  1. Bulu Kucing mulai rontok

Penyebab kerontokan pada bulu kucing ini  bukan karena horomon ataupun lingkungan yang sedang birahi, makanan yang kurang cocok dan suhu ruangan disekitar kucing yang terlalu panas.

Biasanya bulu kucing rontok karena kekurangan vitamin jadi bisa saja kucing terkena demam karena daya tubuh kucing tersebut menjadi rentan. Jadi biasakan rutin mengasih vitamin terhadap kucing kita.

 

  1. Mulut Kucing bau tidak sedap

Ketika kucing sedang terkena sakit(demam) juga mengakibatkan bau mulut kucing yang tidak sedap karena padans dalam dan ketika hal itu terjadi biasanya kucing hanya ingin minum.

Karena dimulut kucing itu kering , maka mengabitkan nafasnya bau.

 

  1. Kucing Muntah-muntah

Pada saat kucing suka muntah-muntah , ini artinya kucing kita terkana penyakit panas, karena pada dasarnya manusia terkena demam biasanya juga suka muntah karena kondisi perutnya yang sedang tidak stabil, begitu juga hewan terutama kucing peliharan kita masing-masing.

 

  1. Kucing sering merasa haus

Ketika kucing sedang sakit panas atau demam biasanya cenderung lebih banyak meminta minum, karena tenggorokan kucing yang sangat mudah kering dan menyebabkan kucing menjadi dehidrasi.

 

  1. Berat badan kucing turun

Ketika kucing sedang demam , kucing akan suka tidur terus menerus nafsu makan turun dan menurunnya kondisi tubuh kucing yang mengakibatkan berat badannya menjadi turun bahkan mungkin turun drastis.

 

  1. Hidung kucing berarir

Hidung kucing berair seperti manusia ketika mengalami masuk angin pasti salah satu hidung kita ada yang ngampet atau flu. Begitu juga dengan kucing biasanya kucing normal yang sehat kan bagian hidungnya merah dan hangat, tidak berair.

 

  1. Perubahan Bentuk tubuh

Salah satu contoh dari perubahan bentuk tubuh pada kucing semisal ada pembegkakan dibagian tertentu atau terlihat ada luka.

Jika perubahan bentuknya berada diluar tubuh kucing mungkin sudah terlihat tetapi jika didalam kita harus membuka mulutnya dan mencium baunya.

Jika baunya busuk atau ga norman kemungkinan kucing tersebut terkena penyakit tertentu bisa pecernaan , demam dan lain sebagainya.

Jika mengalami kendala seperti itu alangkah baiknya langsung dibawa ke dokter hewan terdekat.

 

  1. Telinga kucing terasa Panas

Saat kucing sedang demam memang daun telinganya akan terasa panas sama halnya jidat/dahi manusia ketika terkena demam. Tetapi jangan khawatir jika telinga kucing terasa panas tanpa ada gejala penyakit kucing lainnya.

Secara alami kucing mampu menaikan suhu tubuhnya sendiri jika dia merasa kedinginan, misalnya ketika habis dimandikan.

Tetapi jika telinga kucing terasa panas disertai gejala penyakit kucing yang lainnya seperti lesu , males gera(mager), maka lebih baik dibawa ke dokter hewan terdekat.

 

  1. THT kucing mengeluarkan cairan

Ciri-ciri kucing demam ini memang sedikit berbahaya, kenapa? Biasanya ketika kucing terkena demam, dibagianhidung kucing suka keluar kotoran yang berlebihan, bagian mata berair atau adanya ketep.

Telinga banyak kotoran sehinngga menyebabkan bau yang mudah terserang penyakit khususnya demam atau panas pada kucing tersebut.

Selanjutnya baca: Cara Mengobati Kucing Demam yang Ampuh

Nah artiel diatas merupakan artikel tentang ciri-ciri kucing demam, ya padasarnya memang penyebabnya sepele, tetapi walaupun sepele bisa membahayakan kucing kita , maka dari itu kenali ciri-ciri kucing demam sejak dini. Terima kasih

Yang kamu cari?

    ciri ciri kucing demam, tanda tanda kucing masuk angin
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

Tinggalkan Balasan