12 Ciri-ciri Kucing Hamil dari Sumber Terpercaya

Diposting pada

Banyak pemilik kucing bertanya apa saja ciri-ciri kucing hamil, tentu ini karena suatu hal yang diidamkan dari kucing yang kita pelihara nih yaa tentu aja punya keturunan.

Terutama saat kucing kita adalah betina, senangnya kucing bisa bertambah banyak.

Untuk memastikan kucing kesayangan kita hamil atau tidak, tentu harus tahu dong apa aja tanda-tandanya. Untuk mengetahui ciri-ciri kucing hamil sebenarnya tidak harus melulu pergi ke dokter.

Kita bisa mengidentifikasi kehamilan kucing kesayangan kita sendiri melalui perubahan fisik atau pun dari perilakunya.

Nah, disini kita akan membahas tanda-tanda kucing hamil agar kamu bisa mengetahui kehamilan kucing sejak dini. Berikut informasinya.

 

Ciri-ciri kucing hamil dari segi perilaku

Foto Kucing Hamil
foto kucing hamil. via : http://cf.ltkcdn.net

Cara mengetahui kucing hamil bisa kita lihat dari perubahan perilaku si kucing yang terjadi tiba – tiba. Sebelum perubahan fisik yang kentara, kita bisa mengidentifikasi kehamilan si hewan yang menggemaskan ini lewat perilakunya.

Berikut ini perubahan perilaku yang biasa terjadi.
1. Muntah
Ciri-ciri kucing hamil yang pertama ilaha kucing jadi sering muntah-muntah. Sama halnya dengan manusia nih, kucing hamil awalnya akan muntah – muntah tapi gak semua kucing mengalami hal tersebut.

Ada baiknya kalo kucing kita mengalami muntah – muntah itu segera dibawa ke dokter!

Jadi kita bisa tahu penyebab kenapa dia muntah, apakah karena hamil atau sakit. Untuk lebih jeleas tentang kucing muntah, baca aja Penyebab Kucing Muntah.

 

2. Siklus birahi yang berhenti tiba-tiba
Rata – rata satu periode siklus birahi kucing adalah 1 – 1,2 bulan dan waktu birahi akan berlangsung selama 7 hari.

Nah, jika dalam waktu birahi tersebut si kucing tidak minta kawin, tandanya siklus birahinya berhenti.

Hal tersebut bisa menjadi kemungkinan besar untuk ciri kucing hamil 1 minggu atau sedang hamil baru-baru ini.

 

3. Nafsu makan meningkat
Kucing yang sedang hamil nafsu makannya akan meningkat kawan, kenapa? Dia perlu energi dan protein yang lebih dibanding kucing biasanya karena saat ini kucing sedang mengandung.

Karena sedang mengandung, tentunya energi yang dikeluarkan lebih banyak dan membuat ibu kucing cenderung nafsu makannya akan meningkat.

Pada fase ini usahakan kamu memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan kehamilannya.

 

4. Manja dan lebih lembut
Ciri-ciri kucing hamil biasanya terlihat lebih lembut tingkahnya dan kadang – kadang menjadi lebih manja sama kita sebagai pemilik.

Kadang ada dari mereka yang terlihat gelisah dan menyendiri.

 

5. Kucing tiba-tiba jadi tukang tidur?
Biasanya untuk cara mengetahui kucing hamil bisa memperhatikan siklus tidurnya.

Kucing yang sedang hamil cenderung lebih sering untuk tidur, tapi bukan berarti kucing yang sering tidur itu sedang sakit walau mungkin iya tapi diperhatikan ciri-ciri kucing hamil yang lainnya.

Tadi sudah dibahas kalau kucing yang sedang hamil nafsu makannya cenderung meningkat karena untuk memenuhi kebutuhan protein berkelanjutan untuk ibu kucing dan bayinya, badannya juga tentunya gede.

Nah kalau kucing yang sakit pasti nafsu makannya turun dan badannya kurusan dikit.

 

6. Kelakuan seperti bersarang
Nah kalau yang kayak gini maksudnya gimana? Ini bisa menjadi ciri-ciri kucing hamil tua. Biasanya kalau kucing akan melahirkan dalam waktu dekat, kucingmu akan mulai berkelakuan kesana kemari mencari tempat yang nyaman dan seperti menyiapkan tempat untuk menetap di situ untuk dia dan bayi-bayinya.

Biasanya kucing akan mencari tempat yang sunyi dan membawa barang yang hangat seperti kain, handuk bahkan selimutmu untuk tempat melahirkan si kucing. Haha.

 

7. Sensitif terhadap kucing lain

Ibu kucing yang sedang hamil akan lebih sensitif dari biasanya. Ia seperti menjaga calon anaknya

 

 

Ciri-ciri kucing hamil dari segi fisik

Ciri-ciri Kucing Hamil Apa aja ya

Dari segi fisik, kucing akan menunjukkan beberapa perubahan yang cukup kentara. Kalau kita sering memperhatikannya secara rutin, pasti akan mudah mengetahuinya.

Berikut ini perubahan fisik yang sering terjadi.

 

8. Perut si kucing mulai membesar
Kalau ciri-ciri kucing hamil yang satu ini udah jelas banget ya, yang namanya hamil ya perutnya juga makin besar.

Tapi perut kucing akan kelihatan mulai membesar itu saat memasuki usia kehamilan 5 minggu. Selanjutnya, perut akan semakin membesar sampai waktu melahirkan.

 

9. Puting si kucing menjadi kemerahan dan membesar
Disamping perutnya yang membesar, puting si kucing juga akan terlihat lebih besar dari biasanya.

Ciri-ciri lainnya bisa dilihat dari warna putingnya yang kemerah – merahan.

 

10. Bulu yang mulai rontok
Umumnya, bulu di daerah sekitar puting si kucing akan menipis karena rontok. Jika hal tersebut terjadi maka ada indikasi si manis ini hamil. Bulu yang rontok juga bisa terjadi di daerah lainnya.

Jangan khawatir, hal itu cuma sementara dan alamiah kok. Waspada!  Kalau kucingmu gak sedang hamil, baca cara mengatasi bulu kucing yang rontok di artikel KucingPedia yang itu juga udah ada penyebab-penyebabnya kok.

 

11. Keluar air susu
Dari ciri-ciri kucing hamil yang satu ini kita bisa memprediksi waktu kelahiran lho.

Yuhuuu, saat si kucing sudah bisa mengeluarkan air susu diperkirakan kehamilannya tinggal kurang lebih 2 sampai 3 minggu lagi.

Caranya kita bisa memencet puting si manis dengan lembut untuk memastikan sudah keluar air susu atau belum.

 

12. Bentuk punggung kucing melengkung

Biasanya kucing yang sedang hamil jika kita amati dari ujung kepala sampai ke ekornya, akan terlihat lengkungan pada punggung kucing dengan bagian perut yang membulat besar.

Bentuk tubuh seperti ini biasanya dialami oleh kucing yang hamil tua dan akan melahirkan

 

Pertanyaan terkait tentang kucing hamil

  • Lama kucing hamil

Bagi yang pertama kali menghadapi kucing kesayangan hamil nih, pertanyaan berapa lama masa kehamilan kucing mungkin melayang – layang di pikiran. Yang jelas, jangan samakan kehamilan kucing dengan kehamilan manusia yang 9 bulan yaa.

Rata – rata kucing betina mempunyai masa kehamilan sekitar 65 hari dalam interval 64 sampai 67 hari (Wikipedia).

Tapi ada juga yang menyebutkan kalau kucing hamil selama 58 sampai 74 hari. Dan kucing juga ada yang melahirkan secara prematur kalau kesehatan si janin kurang baik.

Jika ada yang bertanya berapa lama kucing hamil, berdasarkan masa kehamilan di atas bisa disebut kalo kucing hamil selama 2 sampai 2,5 bulan.

Ada faktor yang mempengaruhi masa kehamilan dari si hewan menggemaskan ini yakni kondisi kesehatan dan jenis kucing itu sendiri. Selain itu, banyaknya janin yang di kandung juga akan mempengaruhi.

Sekedar informasi nih, kucing akan mengandung janin paling sedikit 1 dan paling banyak 13. Namun, rata – rata kucing betina yang hamil akan melahirkan 4 hingga 6 anak kucing.

Saat si kucing hanya mengandung 1 janin, besar kemungkinan untuk tidak melahirkan secara normal melainkan dengan operasi caesar.

Itu dikarenakan badan janin kucing yang besar sehingga tidak bisa lahir normal.

Kalau kamu udah tahu ciri-ciri kucing hamil dan ingin memastikan kehamilan dan berapa janin yang dikandungnya, kita harus konsultasi sama dokter hewan tentunya. Disana kucing biasanya diperiksa melalui X-ray atau istilahnya itu USG.

 

  • Makanan kucing hamil

Pertanyaan yang sering muncul selanjutnya adalah mengenai makanan kucing hamil. Kita bisa memilih makanan terbaik untuk si kucing yang bergizi tinggi.

Lebih bagus kalau kita memilih makan dengan brand yang sudah terbukti kualitasnya, karena sudah diformulasikan untuk kebutuhan kucing hamil.

Berikan porsi yang lebih banyak dan juga sesekali memberi suplemen kalsium untuk memperkaya produksi air susu.

Itu dia informasi mengenai ciri-ciri kucing hamil muda dan hal terkait yang perlu diketahui.

Tambahan info nih ya, ada baiknya kalau kita rutin check up ke dokter untuk memeriksa keadaan induk kucing dan janinnya.

Dan, bisa menambah kesiapan kita saat menjumpai si kucing kesayangan akan memiliki keturunan. Semoga artikel ini bermanfaat yaa. Aamiin.

Yang kamu cari?

    ciri ciri kucing hamil, ciri kucing hamil, tanda kucing hamil, tanda tanda kucing hamil, ciri2 kucing hamil, ciri-ciri kucing hamil, Kucing hamil, ciri ciri kucing persia hamil, ciri ciri kucing hamil muda, cara mengetahui kucing hamil
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

5 thoughts on “12 Ciri-ciri Kucing Hamil dari Sumber Terpercaya

  1. kucing saya sudah 2× prnah melahirkan sllu gx da yg hidup anaknya,,di lihat ada beberapa anaknya,,ps di tggl sbntar,,tau”dah gx ada anaknya,,jd kesel,,jgn”di mkn lagi sm ibunya,,ko bisa gtu ya knpa ya ko bs bgitu ap depresi,,gx mau ngurus anaknya,mnta infonya donkz??

  2. kucing sy 2×prnah lahiran,,udh lahir beberapa anaknya,,pas sy tinggl cm bnrpa jm tau”dh gx ada,ap dmkn lagi sm dia ych,apakah depresi atau tdk mau punya anak,,sy bingung,pdhl sy mgharapkn bgt anaknya,,,udh sneng dy lahir beberapa anak,,tp sy tengok lagi,,ga ada satupun anaknya,,aneh sy smpe kebingungan??

  3. Kalau saya… Setiap kucing melahirkan jangan lama2 dilihatin atau dipelototin… Apalagi dipegang anaknya… Itu nggak boleh banget… Nanti anaknya dimakan. Sampai disapih pun saya ga bakal lama2 lihat atau pegang anaknya. Dicuekin aja. Kalau nggak nanti induknya nggak mau ngurusin atau bahkan memakan anaknya… Terus… Karena saya percaya kucing juga makhluk hidup… Apa mungkin dia hamil karena terpaksa atau dipaksa? Saya punya kucing yang diperkosa rame2 sama 7-8 pejantan. Dia masih muda. Tapi sudah mengalami hal seperti itu. Untung naluri ibunya kuat. Dia bisa menyelamatkan satu anaknya meski sisanya dimakan kucing pejantan dan satu tercecer entah dimana. Pertama kali datang ke rumah saya dia depresi. Dia marah pada semua pejantan yang terus merongrong dia, yang masih datang sampai hari ini. Sewaktu dipaksa kawin dia sampai dicakar, digigit, dan ekornya bengkok alias patah karena dia mati-matian melawan. Itu kucinh stray. Kucing mbak kucing rumahan kan? Mungkin dia nggak punya pilihan lain selain menerima dikawinkan padahal dia belum mau (masih kanak-kanak sifatnya, masih suka main bermanja2 sama pemiliknya, atau nggak suka pejantannya). Jadi saran saya mah… Jangan dikawinkan dulu. Kasihan kan. Nanti malah depresi…

  4. klu kucing sy justru waktu lahiran sy urusin sndri,dr bersihin badan dr lendir2 smpi potong ari2 krna ibunya gk mau bersihin itu utk kehamilan pertama,..
    dan skrng dia suka bngt tidur dan makan pun jadi doyan bngt, jgn2 dia hamil ????
    krna memang usia dr anak pertama sdh 4 bln lbh…
    adakah pengalaman dr kawan2 yg lain soal kehamilan kucing serta tingkah lakunya ???
    krna kucing sy memang cenderung nurut pd sy,dan sering sy omelin utk tdk keluyuran trs,tp skrng lbh suka di rmh juga tidur dan tidur kerjanya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *