SEMUA Ciri-ciri Kucing Stres yang Harus Kamu Ketahui!

Hai pecinta kucing!  Para pecinta kucing yang budiman, pernahkah anda merasakan stres? Tentu pernah kan, apa iya hidup bahagia terus, pasti pernah merasa sedih, stres, bimbang dan tentunya bahagia.  Kalau pecinta kucing pernah merasakan semua itu, kucing-kucing pun demikian, pernah merasakan rasa sebagaimana yang dirasakan manusia. Kali ini, kami akan membahas tentang ciri-ciri kucing stres.

Saat mengalami stres, tentu si kucing mengalami gejala-gejala yang berbeda dari biasanya. Mungkin kamu bingung dengan keadaan kucingnya dan nggak tahu kenapa penyebab stresnya. Bila kucing mengalami stres, tentu sangat mempengaruhi kesehatan kucing, dan dapat memunculkan berbagai penyakit pada kucing disebabkan menurunnya kekebalan imun dan kesehatannya.

Kenapa kucing saya stres?

 

Ciri-ciri Kucing Stres

Gambar Ciri-ciri Kucing Stres

gambar kucing stres dan galau. via : www.anekapetindo.com

Di bawah ini, ada beberapa tanda dan ciri kucing mengalami  stres yang perlu diketahui oleh para pecinta kucing, dan bisa menjawab pertanyaan yang terpendam dalam masalah pecinta kucing, dan anda bisa mengetahui kenapa kucing mengalami stres dan segera mengambil tindakan yang tepat dan cepat. Bagaimana ciri-ciri kucing yang stres? Berikut ciri-ciri kucing stres :

1. Suka menyendiri

Terkadang, kucing suka diam di kandang saja dan bersembunyi di ruang-ruang tertutup. Termasuk tanda kucing mengalami stres, kucing suka menyendiri dan mengacuhkan semua yang ada di sekitarnya, baik kedatangan orang asing maupun pemilik sendiri. Selain suka menyendiri, terkadang si kucing suka diam secara mendadak dan kemungkinan besar turunnya mental si kucing. Jika si kucing terkena serangan mental yang berat, si kucing akan terkena sakit dan mengalami stres. Jika pecinta kucing mengalami hal demikian, berarti kucing anda sedang stres, dan anda segera mengecek keadaannya.

 

2. Birahi tapi tidak punya pasangan

Kucing yang sedang birahi tapi tidak punya pasangan untuk menikah akan jadi berbahaya dan bisa jadi depresi. Kucing akan lebih sering bermain ke luar, cari pasangan lalu gak pulang-pulang (kayak kucingku dulu). Untuk yang ini cobalah kenalkan ke kucing yang ingin anda pasangkan, kucing punya hak untuk memenuhi kebutuhan biologisnya kan.

 

3. Mengalami muntah dan mencret

Ciri-ciri kucing mengalami stres, yaitu mengalami muntah karena masalah pencernaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi kucing. Pecinta kucing harus selalu mengecek dan meneliti dahulu setiap memberikan asupan makanan pada kucing, agar tidak mengalami stres. Tetapi jika anda sudah memperhatiakan makanan si kucing dengan benar dan sehat, tapi si kucing masih  muntah, berarti kucing anda mengalami stres. Anda tidak boleh membiarkannya, cepat baca penyebab dan solusi kucing muntah supaya kamu bisa segera mengobati salah satu tanda kucing stres.

 

4. Grooming yang berlebihan

Groming tentu sangat bermanfaat buat mempercantik bulu kucing. Akan tetapi bila grooming dilakukan secara berlebihan dan tidak teratur akan berakibat fatal pada kucing. Jika kucing menjilati bulu-bulunya secara berlebihan dan sampai rontok bulunya, ini kemungkinan si kucing sedang stres atau bulunya banyak kutu kulit. Dan juga kucing sering menggaruk badannya, sampai lecet, berarti si kucing sedang terkena penyakit kulit atau stres. Saranku untuk mengatasi ciri-ciri kucing stres yang ini, sebaiknya kamu segera mencari obat dan berkonsultasi kepada ahli hewan maupun ahli perawatan hewan.

Baca : Waktu dan Cara Memandikan Kucing yang Tepat

 

5. Kencing di luar litter box

Jika kucing kencing di luar litter box, bisa menyebabkan anda merasa jengkel dengan bau dan bekas air kencingnya. Jika kucingmu sering kencing di luar, kamu harus lebih memperhatikan kesehatan dan tingkahnya. Besar kemungkinan, kucing anda mengalami stres dan si kucing mencoba memberitahukan kepada pemiliknya dengan memberikan tanda kencing di luar litter box. Segeralah periksa kandang dan litter box, apakah ada kerusakan atau si kucing dalam keadaan kurang sehat atau stres.

Baca : Cara supaya kucing kencing di litter box

 

6. Mengeong secara berlebihan

Ciri-ciri kucing stres yang ke 6 ialah ia jadi mengeong secara berlebihan. Ada beberapa jenis kucing yang dapat dibedakan dari jenis vokal atau suara ngeongnya, yaitu kucing yang sering bersuara seperti kucing Bengal, Siamese, sphinx, dan kucing yang cenderung diam atau kurang bersuara seperti kucing Persia dan kucing Scottish fold. Jika kamu memiliki beberapa kucing, tentu anda mengetahui ciri-ciri kucing anda, baik dari segi suaranya maupun tingkahnya. Anda juga tahu akan seberapa sering kucing anda mengeong dan bersuara manja.

Akan tetapi, jika anda melihat kucing anda terdengar lebih sering mengeong dan lebih berisik dari biasanya, kamu harus segera menanggapi gaduhan suaranya. Dengan suara yang sering, kemungkinan besar si kucing sedang mengadu dengan keadaan dirinya yang kurang beres. Kamu harus mewaspadai keadaan si kucing, dan kamu harus segera membawa ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya dan menebak penyebabnya. Karena, kemungkinan kucing anda mengalami stres dengan banyak bersuara.

 

7. Kucing mengalami mencret

Ciri-ciri kucing stres yang ke 7 ialah kucing mencret. Beberapa kasus ditemukan bahwa salah satu tanda-tanda kucing stres ialah kucing jadi mengalami mencret. Mencret ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti dari makanan, minuman, maupun iklim yang tentu membuatnya semakin stres. Coba perhatikan apakah kucing kamu sedang mencret.

Baca : Penyebab dan cara mengatasi kucing mencret

 

8. Tidur si kucing yang lama

Para catlovers yang baik hati, tentu tahu kapan saja waktu tidur si kucing dan lama tidurnya. Jika kucing anda tidur melebihi waktu biasanya dan lebih lama tidak bangun dan tidak beraktifitas seperti biasanya, kemungkinan kucing anda sakit dan termasuk tanda kucing mengalami stres. Anda harus memperhatikan waktu tidur si kucing seperti biasanya, agar kucing anda tidak sakit dan mengalami stres.

 

9. Lebih agresif dan defensif

Pernah kucing anggora ku stres dan jadi agresif. Salah satu tanda kucing mengalami stres, si kucing memiliki sifat lebih agresif terhadap semua hal baik hewan lain, orang-orang, maupun pemilik kucing sendiri. Si kucing bersifat defensif karena dirinya merasa kurang nyaman dengan apa yang ada di sekitarnya. Bila para catlovers menemukan keadaan kucing-kucing anda demikian, segeralah konsultasikan dengan orang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam masalah hewan.

 

10. Tidak mau makan

Artikel utama : Solusi mengatasi kucing tidak mau makan

Terkadang, kucing juga tidak mempunyai nafsu makan. Kadang, si kucing rakus makan-makanan sampai kenyang, tapi si kucing juga kadang malas untuk makan. Jika anda melihat keadaan kucing anda demikian, yakni malas makan dan nafsuna berkurang, bisa jadi kucing anda mengalami stres dengan adanya masalah dalam sistem pencernaannya.

 

11. Bosan

Ciri-ciri kucing stres yang terakhir ialah kucing bosan. Kucing yang bosan cenderung lemas, tidak mau makan dan tentunya jadi stres. Usahakan kamu ajak dia bermain, selain itu jangan lupa memberi makan yang ia suka tapi jangan yang itu-itu saja.

 

Beberapa tanda di atas tentang ciri-ciri kucing stres. Anda dapat mengecek keadaan kucing anda dengan rajin memeriksa tubuh si kucing, baik dalam hal makanan, minuman, aktivitasnya, dan lainnya.  Semoga dengan penjelasan tanda kucing mengalami stres di atas, dapat memberikan manfaat bagi para Catlovers dimana pun anda berada. Jika kamu melihat kucing mengalami stres, anda juga akan ikut mengalami stres dalam mengurusnya. So, kenali ciri-ciri kucing stres. Jaga dan rawat lah si kucing dengn sebak-baiknya, sebagaimana anda merawat diri anda sendiri. See you next time!

Yang kamu cari?

    ciri ciri kucing stres, ciri2 kucing stres, ciri kucing stress, ciri ciri kucing stress, ciri ciri kucing stres#spf=1, tanda tanda kucing stress, kucing gak pulang2, ciri kucing stres, ciri2 kucing stress, ciri ciri kucing rumahan suka sendiri dan suka diam

6 Comments

  1. Satria
  2. Yollanda
  3. Aeps
    • Ghina

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *