15 Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Muntah yang Terbukti!

Diposting pada

Kamu pasti pernah muntah kan, gimana rasanya? Pasti gak enak bukan? Kalau kamu aja gak suka, kucing juga gak suka muntah hehe. Mungkin kita anggap muntah itu jadi hal wajar untuk kucing karena kita anggap kesehatannya sedang menurun sedikit atau kucing muntah makanan yang dia tidak suka.

Tapi gimana kalau muntahnya udah gak wajar kayak kucing muntah berbusa putih, kucing muntah cacing dan sebagainya. Hmm, cara mengatasi kucing muntah yang bener gimana ya?

Kalau sekarang kucing kamu sedang mengalami muntah yang cukup berbahaya, kamu jangan langsung panik. Tenanglah dan pertama-tama cari tahu dulu penyebabnya, baru kamu bisa tahu cara mengobati kucing muntah. Untuk membantu pecinta kucing, KucingPedia menulis cara bermanfaat yang satu ini.

 

Penyebab Kucing Muntah

Penyebab Kucing Muntah Karena Bulu Kucing
kenapa kucingku kok muntah-muntah ya? via : kucinglucu.net

Kenapa sih kucing muntah? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kucing kita bisa muntah, karena itu berikut ini beberapa hal yang sering jadi penyebab muntahnya kucing.

 

1. Virus Panleukopenia
Virus tersebut jangan dianggap remeh kawan! Karena virus ini bisa menyebabkan kucing muntah cairan kuning dan mencret (untuk penyebab kucing lainnya, bisa baca penyebab kucing mencret).

 

2. Muntah bulu
Muntah bulu (Hairballs) menjadi hal yang umum yang menyebabkan kucingmu muntah. Biasanya kalau bulu mati pada kucing akan tertelan saat kucing menjilati badan ataupun setelah self grooming (bisa baca di cara memandikan kucing yang benar) dimana bulu bisa nyangkut di lidah kucing setelah menjilati bulu.

Kalau udah terlanjur dan terus menerus, bulu kucing tersebut akan semakin banyak sehingga ruang untuk makanan yang sebenarnya jadi kurang.

Dan bisa dipastikan gak lama kemudian kucing akan memuntahkan makanannya. Baca juga : Bahaya bulu kucing bagi kesehatan.

 

3. Bosan dengan makanan
Makanan si kucing bisa saja menjadi penyebab kucing muntah. Ada beberapa kasus yang menyebabkan kucing muntah karena makanan, misal dia mengkonsumsi makanan berlebihan sehingga dia kekenyangan.

Akibatnya kucing jadi tidak mau makan, dan bisa memuntahkan makanannya.

 

4. Alergi dengan makanan

Alergi makan merupakan penyebab yang sangat umum dala kucing munta, dan jangan disepelekan karena alergi itu berkepanjangan. Kamu harus cermat dalam memilih makanan kucing ya.

 

5. Kucing hamil

Kucing Hamil Bisa Menjadi Penyebab Kucing Muntah
hamil pada kucing bisa menyebabkan muntah-muntah via : cattery.co.id

Penyebab kucing muntah yang ke 4 ialah hamil. Manusia pada saat hamil juga biasanya mengalami muntah-muntah kan? Kasusnya hampir sama dimana pada kucing, salah satu ciri-ciri kucing hamil yaitu muntah.

Muntah ini disebabkan karena hormon esterogen yang meningkat membuat cairan asam lambung dalam perut si kucing ikut meningkat. Kemudian jikalau sesudah makan, dia akan mual dan bisa muntah.

 

6. Keracunan
Bahaya banget ya kalau kucing kita keracunan dan terancam hidupnya. Kalau kita punya kucing yang sering dibebaskan bermain diluar bisa ada kesempatan seperti ini.

Misal saja kucing yang haus tapi kita gak sediakan air minum, terus dia nyari dan ketemu tapi ternyata itu air bekas cucian baju. Kalau diminum, bisa bisa kucing muntah berbusa putih. Bahaya!

 

7. Parasit
Parasit paling sering menjadi penyebab kucing muntah. Biasanya parasit bisa masuk ke tubuh kucing lewat makanan dan juga lewat bulu saat dia bermain di luar rumah.

 

8. Makan benda asing
Ufo? Bukan, tapi benda asing seperti plastik, kertas, mainan dan apapun yang sebenarnya gak bisa dimakan. Kita juga gak bisa menyalahkan kucing begitu saja karena mereka memang hobby untuk menggigit sesuatu.

Baca juga : mengatasi Bulu kucing rontok supaya tidak dimakan kucing

 

9. Penyakit
Ada beberapa jenis penyakit muntah yang bisa dialam oleh kucing kita seperti :

  • Muntah cairan kuning – Selain disebabkan oleh virus pada no.2 tadi, ternyata muntah yang satu ini bisa juga karena penyakit hati pada kucing
  • Muntah berdarah – Kucing bisa muntah disertai dengan darah. Yang pertama jika muntah darah berawarna coklat gelap biasanya karena masalah pada usus. Kalau darah cerah segar itu karena ada luka di dalam saluran pencernaan si kucing.
  • Muntah berlendir – Peradangan usus menjadi penyebab lendir berwarna kuning keluar lewat muntahan si kucing.
  • Muntah cairan empedu – Pernah denger radan pangkreas? Radang pangkreas disebut juga dengan inflasi usus. Karena penyakit ini biasanya kucing kamu bisa muntah mengeluarkan cairan empedu berwarna hijau tua.

 

10. Pengaruh toksin dan obat-obatan

Maksudnya di sini kucingnya bukan konsumen narkoba ya. Namun karena pengaruh obat-0batan teretentu atau racun. Misalnya kalau kamu menyemprotkan obat anti nyamuk ke bagian tertentu di rumah, dan kucing menjilatnya.

Beberapa obat seperti aspirin, acetaminofen, ibuprofen dan amfetamin juga tidak bagus untuk kucing karena bisa menyebabkan kucing muntah.

 

11. Turunan

Ada beberapa kasus ditemukan bahwa kucing yang muntah-muntah disebabkan karena keturunan biologisnya lho.

 

12. Pasca operasi

Kucing sesudah operasi bisa merasa pusing bahkan muntah. Kalau seperti ini usahakan agar mengistirahatkan si kucing ya.

 

13. Infeksi

Salah satu penyebab yang paling umum untuk kucing muntah ialah infeksi atau infeksi bronkial.

 

14. Benda asing lainnya

Selain bulu kucing, ada berbagai benda yang biasanya ditelan oleh kucing karena dikira makananya. Seperti kerikil dan berbagai benda lain yang sekiranya muat untuk dimasukan ke dalam mulut si kucing.

 

15. Nutrisi diet yang buruk

Banyak orang yang memberikan makanan dengan kualias rendah saat melakukan program diet untuk kucing. Biasanya orang memberikan makanan dengan protein untuk diet kucing, namun banyak makanan yang tidak terpercaya.

Makanan terseput bisa saja terdiri dari bahan seperti sisa makanan ternak, kulit binatang dan lain sebagainya. Berbahaya dan tidak direkomendasikan pokoknya.

Cara Mengobati Kucing Muntah

Cara Mengatasi Kucing Muntah dan Tidak Mau Makan.png
obat untuk kucing muntah apa ya? via : aroundcat.com

Kalau kamu sudah mengetahui penyab kucing bisa muntah, baru kamu bisa mengobati kucing muntah. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati kucing yang muntah.

 

1. Cara mengatasi kucing muntah yang bersifat normal
Jika kitten maupun kucing dewasa menunjukkan gejala muntah biasa seperti muntah karena sedang hamil, muntah bulu, karena makanan yang tidak cocok kamu masih bisa menangani kucing muntah dengan cara yang mudah.

Cara mengatasi kucing muntah yang normal iala jauhkan kucingmu dari benda asing, rumput, mainan kecil dan sebagainya supaya dia tidak sengaja memakannya.

Kamu juga bisa mencoba tidak memberikannya makanan dan minuman dalam waktu minimal 12 jam.

Kalau dia seperti mengeong kehausan mencari minum setelah 12 jam, berdoalah agar penyakit muntahnya sembuh dan segera beri kucingmu air minum. Lalu berikan dia makanan yang rendah lemak dan dalam porsi kecil.

Jikalau kamu melihat dia sudah beraktifitas seperti biasa, kamu bisa kembali merawatnya seperti biasa.

 

2. Cara mengobati kucing muntah yang sudah berbahaya
Kucingmu sudah menunjukkan muntah-muntah selama lebih dari 24 jam atau menunjukkan seperti muntah dikarenakan penyakit yang sudah aku sebutin di atas segera minta bantuan dokter hewan atau medis.

Gak ada cara lain nih buat yang berbahaya?

Kalau kamu sudah mencoba mengobati kucing muntah seperti cara yang bersifat normal dan belum berhasil juga, lebih baik gak usah neko-neko.

Jangan sampai terlambat kawan! Semoga artikel ini bermanfaat dan paham tentang cara mengobati kucing muntah.

Yang kamu cari?

    kucing muntah kuning, kucing muntah buih putih, obat alami kucing muntah, Penyebab Kucing, kucing muntah hijau, obat kucing muntah kuning, kucing muntah darah, kucing muntah busa, penyebab kucing muntah muntah, cara mengatasi anak kucing muntah
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

6 thoughts on “15 Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Muntah yang Terbukti!

  1. Baru pertama kali punya kucing persia umur 2 bulan…stressnya bukan main, dikasih 2, 5 hari dirumah yg 1 mati, yg 1 lagi langsung dibawa kepet shop n perwatan sama dokter, divaksin, pulang dari dokter masih lincah, hari kedua, mulai muntah, mencret n lemes ga nafsu makan, bingung harus gimana

  2. Kemarin sore badan kucing saya panas udah 1 hari gamau makan dan mual”mulu cara ngatasinya gmn yah tolong dibalas masalahnya minggu kemarin kucing saya mati sama percis penyakitnya begituh ?

Tinggalkan Balasan