Pakar Hewan: Ini dia Alasan Kenapa Kucing Takut Timun

Diposting pada

Kucing Takut Timun, Mitos atau Fakta? Kucing dan sayuran? Mungkin semua pecinta kucing tahu bahwa ini bukanlah sebuah kombinasi yang tepat karean tidak akan mungkin bisa bersatu seperti air dan minyak.

Kucing adalah hewan karnivora yang sudah pasti tidak akan pernah makan sayuran yang ada di sekitar mereka. Namun ternyata bukan hanya nalurinya saja yang tidak doyan sayur, kucing juga sangat takut dengan salah satu jenis sayuran yang berwarna hijau keputihan, berbentuk lonking, dan sering dijadikan sebagai sayuran pelengkap atau lalapan dalam masakan sehari-hari kita.

Ya, betul sekali, sayuran itu adalah timun. Ternyata hewan karnivora ini takut dengan timun.

Mungkin sebagian dari kita pernah melihat video-video pendek yang beredar di sosial media atau Youtube dimana video pendek ini memperlihatkan seorang pemelihara kucing yang menakut-nakuti kucingnya dengan sebuah timun.

Sang pemilik pun meng-upload video tersebut di sosial medianya. Jika Anda pernah melihat videonya pasti Anda akan tahu apa saja hal yang terjadi di dalam video tersebut. Dari video tersebut diketahui bahwa kucing takut timun.

Foto Kucing Takut Timun
Foto Kucing Takut Timun. via : merdeka.com

Video tersebutpun menjadi viral di Youtube dan sosial meida. Video kucing yang takut dengan timun membuat orang bertanya-tanya kenapa bisa kucing takut timun? Artikel kali ini akan membahas hubungan antara kucing dan timun.

Mungkin bagi Anda yang mempunyai kucing penasaran mengapa kucing takut mentimun yang tergeletak di lantai. Tentunya Anda penasaran apakah kucing mempunyai alergi tertentu yang dapat menyebabkan dia takut pada timun atau mungkin ada penyebab lainnya.

Dugaan awal bagi para pecinta kucing adalah karena kucing merupakan hewan karnivora sehingga tentu saja tidak suka dengan timun. Sayuran bukanlah makanan pokok hewan karnivora seperti kucing.

Dugaan selanjutnya mengapa kucing takut mentimun adalah karena kucing alergi terhadap timun. Mungkin saja si kucing pernah mengalami trauma akibat timun atau kesakitan saat memakan timun.

Namun itu semua masih menjadi dugaan orang awam. Berikut adalah penjelasan dari ahli hewan.

 

Kenapa kucing takut timun? Dokter hewan menjawab!

Beberapa sumber yang didapat dari beberapa ahli hewan, ternyata ada banyak pendapat tentang alasan kucing takut timun.

Menurutu Jill Goodman yang merupakan seorang ahli behavioristik mengatakan hal ini bisa terjadi karena si meong merasa terkejut dan reflek akan suatu stres pada hewan peliharaan.

Jill mengatakan bahwa perbuatan dari pemilik kucing yang mengagetkan kucing dengan menggunakan timun itu tidak baik untuk perilaku kucing kedepannya.

John Bradshaw pun setuju dengan pendapat Jill Goodman.

Beliau yang merupakan seorang ahli behavioristik dari University of Bristol ini beranggapan bahwa hubungan antara kucing dan timun yang menyebabkan kucing ketakutan adalah sebuah respon alami yang akan dilakukan oleh kucing saat ada benda yang membuatnya kaget.

Bradshaw berpendapat bahwa kucing merasa aneh saat melihat timun yang hanya diam saja di lantai.

Warna timun yang hijau itu mungkin dianggap sebagai ular yang berbahaya bagi kucing. Jadi itulah alasan mengapa kucing takut dengan timun.

IFL Science akhirnya turut memberikan pendapat tentang apa yang membuat kucing takut dengan timun. Sebenarnya respon kucing itu bukanlah pertanda bahwa kucing takut dengan timun.

Sebenarnya kucing merasa kaget dan aneh akan sesuatu yang berda di sekitarnya secara tiba-tiba dan bahkan seperti sedang mengendap di lantai juga. Kejadian tersebut bukan hanya terjadi pada timun saja, namun apapun yang sifatnya aneh dan tiba-tiba bagi si kucing.

Seorang dokter spesialis, Dr. Roger Mugford, juga mneyatakan bahwa reaksi kucing tersebut bisa terjadi karena si kucing tidak berekspektasi bahwa ada timun yang berada di belakanganya karena kucing itu sangat fokus pada apa yang ada di depannya.

 

Lalu bagaimana caranya menghilangkan rasa takut kucing akan timun?

 

Sebagai seorang pecinta kucing tentu saja kita tidak ingin reaksi spontan kucing kita akan berpengaruh buruk padanya.

Mungkin dalam video yang viral tersebut si kuicng yang takut akan timun terlihat menggemaskan sekali. Namun sayangnya hal itu bisa berakibat buruk bagi si meong.

Kucing Anda akan semkain takut jika stimulus sering terjadi berulang-ulang, apabila terlalu sering maka ketakutan tersebut akan direkam dalam memori si kucing selamanya.

Kesimpulannya adalah,

Jika kita membawa sesuatu yang baru ke dalam rumah maka hal tersebut akan berpotensi untuk menjadi sarana uji mental yang terbaik bagi kucing Anda.

Namun Anda juga harus ingat bahwa cara terbaik untuk mengenalkan hal-hal baru pada kucing itu bukanlah dengan cara membuat mereka takut akan hal baru tersebut.

Walaupun memang tingkah kucing yang ketakutan membuat Anda tertwawa, namun hal itu akan berakibat gatal seperti halnya sesuatu yang berbahaya lainnya seperti barang pecah belas atau piring yang terjatuh dan melukai kucing Anda seperti.

Kejadian tersebut dapat membuat kucing menjadi stres dan trauma. Hal inilah yang akan terjadi berkepanjangan karena kucing mempunyai memori yang cukup baik.

Jika Anda ingin mengenalkan benda baru kepada si kucing, sekiranya pilihlah hal atau benda yang positif bagi kucing Anda.

Tentunya sekarang Anda sudah tahu mengapa kucing takut mentimun. Karena itulah jangan sering bercanda dengan kucing Anda secara berlebihan karena kucing Anda akan trauma terhadap suatu hal.

Anda bisa memberikan hal tau benda yang bersifat edukatif atau mengajri sesuatu yang bersifat positif sehingga tidak akan menyakiti dan membuat kucing Anda trauma. Demikian artikel tentang kucing takut timun. Semoga bermanfaat!

Yang kamu cari?

    kenapa kucing takut timun, kenapa kucing takut timun?, alasan kucing takut, apakah kucing takut timun, https://kucingpedia com/kucing-takut-timun/, kucing takut timun
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

2 thoughts on “Pakar Hewan: Ini dia Alasan Kenapa Kucing Takut Timun

  1. Halo.

    Saya bukan memelihara kucing. Tapi kucing kampung tetangga (yang sudah pindah rumah) karena kasihan, saya kasih makan cat food dan dibiarkan tinggal di teras. Dia bebas mau pergi atau datang ke rumah.
    Saat ini si kucing hamil dan kita bingung bagaimana mengusirnya karena kita tak.mau memelihara anak-anak kucing.
    Bagaimana solusinya? Bagaimana jika saya bawa dia ke perumahan lain dan saya tinggalkan? Saya bukan raja tega, tapi kita di rumah tidak ingin mengurus banyak kucing. Dua ekor kakak beradik (satu jantan satu betina yg hamil ini) saja sudah cukup repot. Apalagi yang betina suka berupaya masuk ke dalam rumah.
    Mohon sarannya.
    NB. Botol kucing tidak mempan. Disiram air pernah tapi kasihan akhirnya.

    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *