Terbukti Ampuh! Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Diposting pada

Kucing tidak mau makan menjadi permasalahan tersendiri untuk para pemilik kucing. Penyebab kucing tidak mau makan sedikit susah diketahui. Mungkin kalau manusia akan lebih mudah kita ketahui penyebab kenapa tidak mau makannya. Nah kalau kucing mereka tidak bisa berbicara bahasa manusia bukan?

Kucing berbeda dengan hewan lain lho, ia bisa lebih rentan terkena penyakit jika tidak makan satu hari saja. Kenapa? Umumnya pada hewan yang tidak makan, energy yang dihasilkan untuk proses fisiologi tubuh tetap tersedia dari pembakaran lemak yang disimpan pada jaringan tubuh si hewan tersebut. Namun untuk kucing sangat tidak efisien.

Menurut sumber terpercaya yang kami dapat, pada saat proses pembakaran lemak pada kucing, ada semacam perubahan metabolism yang menyebabkan rusaknya jaringan organ hati yang bisa disebut dengan Hepatik Lipidosis.

Jadi jika kucingmu tidak makan, organ hatinya bisa rusak layaknya fungsi hati pada manusia dan pada akhirnya bisa mati kucingnya. Aduh, jangan sampai terjadi!

Terus, kenapa kucing saya tidak mau makan?

Kucing Tidak Mau Makan?
gambar kucing tidak mau makan, via : petbucket.com

 

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Berikut penyebab-penyebab kucing milikmu tidak mau makan yang mungkin sedang dialaminya :

Harus kamu perhatikan supaya kucingmu mau makan dan sehat. Tentu akan membuat kita merasa senang juga sebagai pemilik yang bertanggung jawab.

  1. Makanan
    Kita lihat dulu dari makanan yang kita berikan. Apakah kamu memberi makanan yang itu-itu saja? Jika iya pasti mereka bisa merasa bosan.Kita juga sebagai manusia tentu merasa bosan jika dihidangkan makanan yang sama setiap hari.
  2. Nafsu makan
    Apakah kucingmu terlihat senang untuk makan, coba perhatikan. Jika sudah melakukan banyak hal namun belum berhasil, mungkin dia kurang vitamin.
  3. Penyakit mulut
    Coba kamu periksa kucingnya, apakah ada luka di mulutnya atau bau yang kurang sedap dibanding biasanya.
  4. Masalah sistem pencernaan
    Tadi sempat dibahas pada awal artikel bahwa metabolisme tubuh dalam kucing itu kurang baik, tidak seperti binatang yang lainnya.Biasanya masalah ini disebabkan seperti adanya benda asing dalam tubuh kucing, ada radang, parasit atau sebagainya.
  5. Bosan
    Bosan merupakan alasan sebagian orang untuk malas makan, begitu juga dengan kucing.Kasus ini terjadi untuk banyak ras kucing khususnya kucing persia dan biasanya kucing cenderung lebih suka tidur dibanding biasanya.
  6. Sakit
    Kucing juga bisa sakit, kalau kucing sedang sakit biasanya kucing tidak mau makan dan muntah atau lemas.
  7. Stress
    Udah bosan, stress. Beuh, kasian banget si kucingnya. Coba lebih perhatikan hal yang membuat kucingmu stress.Umumnya ada 2 faktor, lingkungan dan tekanan. Untuk lingkungan apakah kamu baru saja mengadopsi kucing tersebut?Kalau iya, berarti kucing itu belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang asing.
  8. Birahi
    Kemudian apakah kucingmu sedang dalam fase birahinya? Kucing yang sedang dalam masa birahi atau ingin kawin biasanya rentan tertekan dan terjadi penurunan nafsu makan,apa lagi jika dia tidak punya pasangan kawin, suasana hatinya akan kacau dan dia bisa stress.

 

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Banyak cara mengatasi kucing tidak mau makan, seperti :

  1. Berikan variasi makanan
    Dengan memberi varian makanan yang bermacam-macam bisa membuat kucingmu tidak bosan dengan makanan yang dihidangkan, cocok sekali untuk si kucing yang bosan dengan makanan yang itu-itu saja.
  2. Pancing nafsu makan
    Caranya bagaimana? Mudah kok, dengan cara menyodoran makanan ke dekat hidungnya atau dengan cara mengoleskan daging atau makanan basah kucing di mulut atau hidungnya.

    Bau makanan kucing yang lezat diharapkan dapat memancing nafsu makan kucing.

  3. Suapi kucingmu
    Jika kucingmu sakit atau lemas, cobalah untuk menyuapi kucingmu supaya tetap mendapatkan asupakan makanan yang cukup. Kamu bisa menggunakan sendok kecil, tangan maupun syringe (suntikan tanpa jarum) dan tentu makanan yang diberikan tergolong makanan basah kalengan.

    Tapi kalau kamu hanya punya makanan kering, saya sarankan untuk menghancurkannya dengan air hangat. Oiya, hati-hati dalam menggunakan syringe!

    Kamu harus memperlakukan kucing tidak mau makan dan tidur terus dengan lembut, pegang kepala kucing lalu masukkan suntikan makanan cair dari samping mulut si kucing dan tekan suntikan secara perlahan, supaya kucing bisa melahap makanan tersebut. Jangan disemprot ya, nanti kucingnya tersedak.

  4. Obati penyakit mulut
    Jika kucingmu terkena penyakit mulut, bisa gunakan obat manusia untuk mengobatinya.
  5. Beri vitamin
    Berikan vitamin yang mengandung B kompleks dan lysin (asam amino lisin) yang dapat dibeli di apotik terdekat seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion dan biasanya takaran untuk anak-anak. Vitamin tersebut selain berguna untuk menambah nafsu makan pada kucing tidak mau makan dan lemas, juga berkhasiat mencegah virus herpes atau Flu Kucing.

    Namun, sebelum memberikan vitamin pada kucing. Usahakan beri dia makan sedikit atau sediakan makan di dekatnya. Ini untuk mencegah iritasi pada lambung kucing dan supaya dia tidak muntah.

  6. Ajak dia bermain
    Mungkin saja kucingmu jarang bermain atau melakukan aktivitas, usahakan dari awal kamu mengadopsi atau memeliharanya ia sudah dibiasakan untuk bermain-main supaya dia aktiv dan tidak cepat bosan, tentu ini akan berpengaruh terhadap nafsu makannya.
  7. Berikan tempat yang nyaman
    Bagi kucing yang baru kamu adopsi, tentu dia akan mengalami fase tertekan karena lingkungan yang asing. Coba buat lingkungan tempat tinggalmu dan si kucing tentunya senyaman mungkin.

    Kalau bisa, jauhkan dari kucing nakal yang mungkin malah akan mengganggu ia untuk beradaptasi. Jika sudah terasa baik, beri makan secara teratur.

  8. Tube Feeding
    Sesuai namanya, tube feeding merupakan pemberian makan dengan cara memasukkan makanan ke dalam perut langsung melalui selang. Cara ini hanya untuk keadaan darurat saja jika berbagai usaha sudah kamu coba.

    Dan kalau bisa selalu konsultasi dengan dokter atau yang ahli dalam kesehatan kucing.

  9. Bawa ke dokter
    Jadilah pemilik kucing yang penyayang, jika kucingmu sakit, memiliki masalah lambung atau masalah yang tidak kamu ketahui dan kucing masih tidak mau makan juga.

    Segera kunjungi dokter hewan, jangan gegabah menangani kucing yang takutnya malah menambah masalah sendiri.

Dalam memelihara hewan, kucing khususnya memang tidak mudah. Ada beberapa hal khusus yang harus kamu perhatikan supaya kucingmu mau makan dan sehat. Tentu akan membuat kita merasa senang juga sebagai pemilik yang bertanggung jawab.

Semoga setelah ini kucing tidak mau makan akan kembali makan dan sehat

Yang kamu cari?

    Kucing muntah, penyebab kucing muntah, kucing tidak mau makan, obat kucing, obat kucing muntah, kenapa kucing muntah, kucing tidak mau makan dan muntah, cara mengobati kucing muntah, Cara mengobati kucing Sakit Muntah, penyebab kucing tidak mau makan
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

56 thoughts on “Terbukti Ampuh! Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

  1. Saya punya kucing Persia warna coklat , bagus dan gemuk.
    Dah 3 blan saya pelihara dgn baik dan selalu saya rawat.
    Hari Minggu tgl 17 Juli 2016, tiba tiba kucing nya sedang berjalan jatuh lemas seperti tidak bertenaga?
    Aneh sekali sedangkan sebelumnya masih bercanda dgn kami sekeluarga.
    Akhirnya kami masukkan ke kandang dan kami suapin makan jg minumnya.
    mungkin makanannya bosan lalu kami ganti dan kami berikan vitamin,lewat 3 hari mkin parah , g bisa bangun sama sekali. Kami semua
    Panik lalu kami bawa ke dokter , divaksin dan diberikan vitamin juga makanan bentuk di kaleng. Kami terus rawat dan beri makan dan minum kami suapin,tidak bisa apa-apa hanya tiduran dan makin lemas badannya, gak tega lihatnya. hari Rabu kemarin tgl 27 Juli 2016 kucing ku yg cantik mati … huhuhuhuhu sedihnya kami semuanya.

    1. Halo ibu cantika, aku turut berduka. Aku juga pernah ngalamin hal seperti itu, usut punya usut disebabkan karena keracunan makanan dari luar. Kalau ibu cantika tahu penyebabnya, semoga bisa jadi pelajaran untuk lebih waspada menjaga si kucing tersayang 🙂

    2. Kak saya punya kucing
      Kucing ny gx mw makan kak biasanya dia makan apasaja seperti ikan ,kenapa dia gx mau bukak mulutnya pas saya pakasa bukak dia berontak ,sudah 3 hari dia gx mau bukak mulut nya
      Kenapa ya kak kucing saya
      Mohon bantuannya kak plizzz
      Coment kak

  2. Saya baru beli kucing persia usia 3 bulan. Kenapa nafsu makannya kurang dan lebih sering tidur? Kadang tidurnya bisa sampe 4-5 jam. Kira kira kucing saya kenapa ya? Saya khawatir takut dia sakit.
    Terima kasih.

    1. Halo Mia,
      Wah kucingnya masih unyu2 gitu ya. Kucing yang masih umur 3 bulan umumnya masih bergantung pada induknya, kalau kasus Mia bisa saja kucingnya sedang depresi karena tidak ada teman atau induk si kucing. Coba lihat kucingmu dia aktivitas bermainnya berkurang, terus lebih suka menyendiri atau tidak. Ini biasanya tanda-tanda lagi depresi.

      Terus untuk nafsu makan coba tanya ke pemilik sebelumnya, kucingnya suka makanan yang gimana. Terus sebisa mungkin kasih perhatian, kayak suapin si kucing pake jari, pake alat suntik terus jangan sampai dia kekurangan cairan.

      Kalau mia masih takut si kucing sakit, tentu baiknya konsultasi dengan dokter hewan terdekat. Semoga kucingnya lekas kembali ceria dan sehat 🙂

  3. Mohon bantuan..
    Kucing saya, ga mau makan & minum, seharian cuma tiduran aja.. Dan itu sudah terjadi 2 hari ini.. Saya takut dia makin dan lemas daann.. akhirnya saya coba kasih makan dia yg uda dicairkan dg air hangat, itu pun cuma saya kasihnya dg disuapin pake tangan saya dan dia cuma mau makan sdikit. Setelah itu, dia tiduran lagii.. Badannya kliatan uda lemes banget, saya benar2 takut.. Waktu dia tiduran itu kdang dia lngsng kebangun karna sperti mo muntah tapi ga jadii.. Saya bingung, apa jangan2 dia gitu karna ada sesuatu yg nyangkut ditenggorokannya akhirnya ga mau makan? Saya ada prnh ngeliat dia mo muntah dan keluar lendir, tapi lendir itu diteguknya lagi kedalam ga dimuntahin sama dia. Saya harus bagaimana?

  4. Hai kak mau nanya.ni
    Saya punya kucing persia warna putih umur ny kurang lebih 1th
    Dia gx mw makan kak kalau di suapin makan nya sedikit.di dengerin pas di makan gigi ny berbunyi kak karna dia gx mw makan BAB dia pun jarang kak badan ny kurus banget kasian liat ny doktet hewan disini banyak gx bagus kak
    Mungkin bisa bantu kak
    Mksh ya tolong di bls secepat nya

    1. kak icha, coba kamu perhatikan gigi si kucing atau bagian mulutnya. Mungkin saja ada penyakit mulut atau masalah di giginya, kalau mulutnya bermasalah kan otomatis gak mau makan. Gak makan gimana mau pup dan badannya jadi kurus. Tapi coba dibawa ke dokter hewan terlebih dahulu ya kak, semoga membantu 🙂

  5. saya punya kucing persia baru bbrp bulan diadopsi umur nya kurang lebih satu tahun .
    sudah 3 harian gk makan, gk nafsu makan gitu .
    Kucing saya jd lemas kasian :'( gk ada tenaga gitu .
    mulut nya bau, entah knpa?
    dia juga bbrpa hari ini muntah trus udah 5x lebih, muntah nya wrna kuning gitu .
    kasian liat kucing kesayangan saya ka .
    tolong bantuannya secepatnya 🙁 terima kasih

    1. udah coba check riwayat penyakit atau cara perawatan dengan pemilik sebelumnya kak? Coba tanyakan dulu. Kalau misal masih bingung, gejala kayak gitu ada yang memakai air kelapa untuk nyembuhinnya. Semoga kucingnya cepet sembuh

  6. salken Om Yugi,
    saya baru saja adopsi kucing betina umur ±1th kurang dikit, nah dari minggu sore sampai saat ini, blm mau makan minum ataupun pup, apa masih proses adaptasi? apa stress diperjalanan?? hampir 4jam perjalanan soalnya.
    silusinya bagaimana agar mau makan n minum? takut terserang penyakit kalau ndak mau makan :'(
    terima kasih

    1. Entah 4 jam atau berapa kalau dalam perjalanan biasanya kucing stres, apa lagi kalau dikirim dengan metode yg gak bener. Coba kasih makan teratur tapi sedikit2 dulu, terus kasih dia ruang untuk sendiri dan menenangkan diri. Mainan juga bagus supaya dia gak stres

  7. Hari ini kucing saya baru meninggal tadi sore sekitar jam 5. Kalau tdk salah dari hari minggu kucing saya seperti tdk bersemangat karna biasa nya dia lincah sekali,, suara nya pun kecil seperti yg sedang memelas n sedih kemudian dia tdk mau makan cuma tertidur saja. Sempat muntah beberapa kali n batuk” seperti orang yg sedang batuk berdabak. Padahal besok saya berencana mau bawa ke dokter. Td sore saya sempat membeli makanan kucing yg basah krna dia tdk mau mkn makanan yg kering tapi pas saya nyampe d rumah kucing nya sudah meninggal. sedih sekali… n kucing itu sudah d kubur.

  8. Kak mau nanya. aku punya kucing, pas pertama dia sehat lincah kaya biasa.. tapi beberapa hari dia jadi lesu, gk mau makan, mulutnya berlendir, dan tidur terus.. saya sreaching2 di google obat nya.. katanya pke air kelapa. pas udah dikasih air kelapa selama 3 hari. memang sembuh.. Namun hanya sakit mulut berlendir saja yg bisa diatasi. sisanya tinggal nafsu makannya.. tolong dibantu kak!

  9. kakk mohon bantuan. kucing saya tidak mau makan, padahal sudah saya suapin. seharian cuma tiduran aja. dia juga keliatan lemas,,jalan dikit aja dia uda sempoyongan. padahal dia biasanya lincah sekali. lari kesana kemari. Dan itu sudah terjadi 3 hari setelah dia kawin. dan saat saya pegang perutnya dia seperti kesakitan. terimakasih kak

  10. tadi pagi kucinggu d mandiin, tpi sebelum d mandiin aku biasakan pake bedak doris, setelah itu mandi..
    trus setelah mandi aku taruk k kandangnya lagi, setelah itu aku liat kucingku pupx cair g kyak biasax..
    terus siangnya aku kasih makan malah gak di makan sampek malem…
    mohon infonya…

  11. saya punya kucing kampung yg kbtulan dtang sndri n sya adopsi krn ksihan stelah 1 blan drwat kncing lincah n nafsu makan naik tp 2 hri belakangan ini kucing tiba2 lemas deman n nafsu mkan tdak sperti biasa,krn panik sya smpat ksih obat paracatmol tpi cma gmpalan kcil krb tkut jg tpi stelah kcing mlai brgerak n mkan tpi stelah it msih bdan nya msih pnas..sya mau tnya stlah sya liat ktanya air klpa muda baik utk kcing deman sya akan coba ksih it tpi sisa air klpa yg tdak hbis bsa gak dsmpan dlm lmari pndingin dlu..thanks

  12. kak, kucing saya tanggal 11 nov baru melahirkan, dan anaknya mati semua, dan pasca melahirkan dia gak makan dan minum, bahkan kucing saya muntah2 gitu,, kkucing saya kenapa ya kak??? saya khawatir betul,, sampai hari ini pun makanan dan minuman dia gak disentuh. saya harus bagaimana kak… karna sibuk kuliah saya belum sempat nganterin ke dokter hewan. rencananya nnti abs kuliah saya mau langsung kesana. Tapi untuk pertolongan searang saya harus gimana yaa kak, tolong sarannya, Makasih kak..

  13. Kucing ku baru dikasih obat cacing buat pencegahan…tapi kok besoknya langsung lemes n nggak mau makan…ahirnya aku beliin makanan basah & mau makan,,,tapi kok masih lemes…n minumnya jga sedikit…padahal sebelumnya dia suka makan & minum.
    Gimana biar dia mau makan n minum lagi n lincah lagi???

      1. Kak kucing q bbrp hri ini lesu,ngeong2 kyk mnt kawin,tp sya binggung mau ngawinin nya soal nya gk da psangan,trz td pagi sya nganter ank jm 7 smpe plng jm 11,kucing msh dkndang blm dikasih makan,eh siang nya pas sya kluarin ksih mkan dia muntah bbrp kali,yg pertama muntah makanannya,trz air,kuning trz buih putih,kasihan liat nya,apa dia kyk sakit maag yaa kak tlng solusi nya.soalnya ditempat yg dulu gak pernah kyk gini

  14. kucingku baru birahi dia gak mau makan terus saya coba pakek makanan basah dia maknnya cuma sedikit,terus saya cariin pasangan dia tetep aja gak mau makan,terus gimana ya solusinya??? makasih

  15. saya punya kucing jantan yg berumur 4 bulan lebih, kurang lebih 1 minggu nafsu mknnya berkurang, dia mkn sngat sdkit, dan dia gak prnh BAB. udah gtu dia tdur trs.. gak mau main. klau tidur selaput matanya berwarna putih hampir menutupi matanya. sbnrnya apa penyebabnya dan cara mnyembuhknnya ?

  16. Assalammualaikum mas, saya numpang tanya kucing saya kenapa iya mas makan mau dikit tidur makan tidur lagi gak lemas atau pun muntah sih dia cuma itu doang tidur makan dan paling keluar untuk buang air doang kenapa mas dengan kucing saya saya minta sarannya dari mas iya tolong respon makasih

  17. Kak aku mau nanya nih, kok kucing ku udah beberapa hari gak nafsu makan padahal udah di ganti makannya gak kayak biasanya, tadinya udah mau makan tapi cuman sedikit baru dua kali di kasih makanannya yang kedua malah cuman di cicipin aja tapi gak di makan badannya kurus banget aku takutnya dia kenapa kenapa, cuman tiduran aja dari kemaren

  18. Beberapa hari yang lalu kucing saya ( acik ) mati karena berkelahi dan ditemukan luka pada perut dan paha acik, setelah dikasih betadine didalam luka ternyata ada ulat di luka tsb dan acik nya mati *kucing kesayangan*. Masalahnya : ada kucing satu lagi ( dedek ) , tidak lama dari matinya acik, dedek tidak mau makan. Diajak bermain pun tidak mau, seharian dedek bisanya tidur. Disuapin juga di keluar in lagi. Bagaimana mengatasinya? Saya takutnya dedek nyusul acik. Dedek selalu tidur dmn acik tidur dulu. Bagaimana cara dia mau makan, minum, bermain seperti biasanya?

  19. jadi gini..aku punya 2 kucing persia, yg satu hitam yg satu kuning, jadi beberapa hari yang lalu si kuning mati krena kracunan, ya si hitam awalnya sih masih biasa aja, tapi entah knapa udah 2 hari ini, dia ga mau makan, klo makan cuma sdikit, eh taunya hari ini pas aku pulang skolah, dia trnyata ga makan dan ninum sama skali, dia lebih banyak tidur dari kmarin, tidur pun maunya nyender ke aku terus, aku bingung, pengen bawa ke dokter ga sempet terus krena aku skolah sampe jam 3, sedangkn dokternya tutup jam 1, mnurut kalian kucingku ini kenapa??apa dia depresi krena si kuning mati?? tapi kasian liat dia lemes ga mau makan gitu

  20. Selamat pagi. Mohon bantuannya ya..
    Kucing ku bru berumur 5minggu, kucingnya gak mau minum susu, induknya juga jarang nyusuin, jadi aku ksih susu kucing. Badan nya kurus, selalu tidur, kucingnya juga skit mata. Dia jdi gak mau minum susu itu ad gak kaitannya sama mata nya.. Makasih

  21. Hai, saya punya kucing persia usia 1th. Kemarin sore dia diterkam kucing kampung dan luka tercakar..lukanya sdh sy bersihkan dengan air detol dan sy ksh betadine, tapi jalannya msh pincang dan lemas..sampai pagi ini dia belum mau makan.. Hanya tidur..disuapin jg mulutnya rapat..sy khawatir sekali..
    Apa wajar jk kucing dlm kondisi seperti itu tdk mau makan?

  22. Saya mau tanya , kucing saya umurnya baru 2 bulan dia sebelum induknya mati mau makan dan makannya cukup banyak tapi setelah saya kasih obat cacing kenapa dia selalu makan sedikit saya pikir itu karna makanannya bosan dan saya coba untuk beli makanan basah tapi dia tetap gak mau makan juga saya sudah coba campurkan makanannya dan dia hanya makan sedikit … tolong info ya saya jadi takut dia sakit
    Terimakasih

  23. Salam Kak, kucingku mungkin terkena virus.. 2 2 nya sakit… saya bawa ke dokter hewan dan cuma disuntik ga dikasih obat… kira2 berapa lama ya obatnya baru beraksi? Kucing ku BAB cair (mencret), muntah2 trus ga mau makan… sering minum air putih dikasih susu ga mau… kira2 apa yg harus saya lakukan lagi ya? Makan saya suap pake suntikan susu saya suap pake botol susu… kurang apa lagi? Ada cara lain lagi supaya kucing ku cepat sembuh?

  24. Saya punya kucing umur 3 bln , awal ya makan lahap dan malam ya muntah cairan kuning dan keesokan hari ya dia tidur terus dan ga mau makan sama sekali minum pun engga , malah muntah lagi ,, tolong coment ya ak butuh banget

  25. kakk aqw punya kucing umur 1tahunan tp sejak 4 hari yg lalu gkk mau makan udah coba tak suapin.juga gk mau sampe aqw kasih minum pke sedotan dkit2 tp msiih susah . badan.nya lemes bngt tak angkat kayak gkk brdaya sama sekali sblm.nya kmrin itu ada benjolan d belakang telinga besar trus pecah keluar darah.nya..udah tak bersihin tp msih tetep gk mau makan gk.mau minum tidur trus lemes bngt . sblm.nya jln.nya sempoyongan skrang mlh gthu kakk . pas prtama 4haru.yg lalu gk.mau makan itu dia kyk kepingin pipis truss tp gkk keluar air.nya..kasihan kakk aqw tau kucing qw mati..gimana kakk minta saran dong..aqw bngung bngt..

  26. Kak. Kucing q lagi hamil, trus dia kena flu. Sampai matanya belekan, trus kaya batuk gitu. Dia susah buat nelan makanan sma air. G mau makan kak, minum jga dikit banget. Gimana solusinya kak, terimakasih

  27. kak mau tanya, kucingku tu pas pagi masih mau makan kayak biasa, trus habis makan cuma tiduran terus, nyari tempat” yg kena sinar matahari buat dia tidur, trus siangnya kucingku udah gk mau makan sampe sekarang, jadi keliatan lemes gitu, kayak gk bersemangat gitu
    itu kenapa ya kak?

Tinggalkan Balasan