6 Makanan dan Minuman untuk Kucing Kampung Terbaik Cepat Gemuk!

Diposting pada

Kucing kampung merupakan jenis kucing yang kerap dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Admin juga pernah memelihara kucing kampung sejak kecil. Memang, memelihara kucing kampung bisa dibilang mudah khususnya mencari makanan untuk kucing kampung, tidak seperti ras kucing Maine Coon, Persia dan lain sebagainya yang punya kendala tersendiri dalam perawatannya.

Makanan merupakan hal yang sangat penting untuk kucing. Kucing yang tidak makan bisa rentan terkena penyakit lho.

Tapi meskipun sudah mengetahui hal tersebut kita masih dengan seenaknya saja memberikan makanan kucing yang asal-asalan. Pada kasus kucing kampung, kebanyakan orang malah tidak peduli terhadap makanannya.

Jika kamu memang sayang kepada sang kucing dan kucing kampungmu yang kecil menjadi gemuk, kamu perlu mengetahui makanan maupun minuman yang cocok untuk kucing kampung. Kira-kira apa saja?

Foto Kucing Kampung Sedang Makan Bersama
Kucing kampung lucu sedang makan. gambar via : bestfriends.org

Makanan dan Minuman untuk Kucing Kampung

Berikut ini rekomendasi makanan dan minuman untuk kucing kampung yang bagus :

Makanan untuk kucing kampung

1. Daging

Kucing yang tergolong sebagai hewan karnivora atau pemagang daging tentu makanan utama mereka adalah daging. Daging apa yang baik untuk kucing kampung?

Untuk makanan jenis daging ini semuanya bagus, namun perlu diperhatikan untuk mengolahnya sebelum diberikan untuk si kucing kampung.

Daging yang diolah seperti apa?

Bisa kamu olah dengan cara direbus atau digoreng supaya higienis, juga bisa kamu haluskan seperti bubur. Kemudian sebaiknya suguhkan daging Ikan karena makanan untuk kucing kampung adalah daging ikan, vitamin E nya juga bagus untuk si kucing kampung.

Berikanlah beberapa kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kucing kampung.

2. Nasi

Dulu kucing kampung Admin hampir selalu diberikan nasi sebagai makanan pokoknya, namun jangan hanya nasi saja ya. Usahakan memberikan lauknya dan dicampur dengan nasi, bisa dengan daging atau olahan berbahan dasar daging lainnya.

Perlu diperhatikan dalam memberikan nasi untuk kucing kampung, jangan terlalu banyak karena nasi mempunyai glukosa yang jika terlalu sering dikonsumsi si kucing bisa menimbulkan obesitas, jadi secukupnya saja ya.

Tapi kalau kucing mencret setelah makan nasi(klik untuk penyebab lainnya), kamu bisa memberikan alternatif makanan 3.

3. Tempe

Jika kucing kamu tidak cocok dengan nasi, ada alternatif lain kok yaitu tempe. Namun jangan langsung dikasihkan tempe nya ya, terlebih dahulu rebus tempenya lalu haluskan dan berikan bersama lauk si kucing.

4. Makanan khusus kucing

Makanan khusus kucing? Boleh kok, namun pandailah dalam memilih makanan khusus untuk kucing kampung punyamu. Kamu bisa memberikan makanan yang bisa dibeli per kilonya di PetShop terpercaya.

Memilih merk makanan kucing juga perlu referensi yang bagus, coba baca: harga makanan kucing yang paling bagus.

Dalam memberikannya sebisa mungkin bervariasi supaya si kucing tidak bosan dan mau makan.

Kucing juga perlu dirawat dari fisiknya, baca: Cara Memandikan Kucing Kampung.

 

Minuman untuk kucing kampung

1. Air putih

Air merupakan kebutuhan semua makhluk hidup di bumi, tak terkecuali dengan si kucing. Berikanlah kucing kampung air mineral untuk minuman setiap dan hari dan jangan lupa untuk diberikan dalam sebuah wadah ya.

Oiya, jangan lupa untuk mengganti air minum dan mencuci wadahnya sehari sekali.

2. Susu

Susu kaya akan kalsium dan protein, kandungan dalam susu tersebut tentu sangat baik dalam pertumbuhan dan kesehatan si kucing.

Jangan berikan susu sapi, karena kucing tidak bisa mencerna protein susu sapi dengan baik. Jika kamu tetap ingin memberikan minuman untuk kucing kampung berupa susu, belilah susu rekomendasi dari PetShop kesayangan.

 

Kesimpulan

Dalam memberikan makanan dan minuman untuk kucing si kampung, ternyata kita harus memperhatikan beberapa hal seperti variasi makanan dan juga nutrisi untuk si Kucing.

Dengan memberikan makanan maupun minuman yang tepat dapat membuat kucing kampungmu lebih aktif dan si kucing kampung bulunya lebat juga sehat dibanding dengan kucing kampung lainnya.

Semoga artikel tentang makanan untuk kucing kampung ini dapat membantumu supaya lebih mengetahui tentang si kucing kampung dan merawatnya dengan kasih sayang. Jangan lupa untuk share artikel ini ya!

Yang kamu cari?

    makanan kucing kampung, kucing kampung, harga makanan kucing kampung, makanan anak kucing kampung, cara membuat makanan kucing kampung, susu untuk anak kucing kampung, makanan kucing, makanan untuk kucing, cara merawat anak kucing kampung, makanan kucing kampung agar cepat gemuk
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

35 thoughts on “6 Makanan dan Minuman untuk Kucing Kampung Terbaik Cepat Gemuk!

  1. Saya mempunyai anak kucing kampung tapi sudah ditinggal mati sama induknya belum genap satu bulan sesudah dilahirkan… Saya bingung ngasih makanan apa soalnya yg sya tau umur segitu masih perlu ASI dari induknya.. Mohon infonya.. Terima kasih

  2. Aq punya kucing kampung. Kena penyakit jamur. Bnyak obat jamur yg d pake tp gak sembuh. Tlg infonya obat apa yg harus di pake?

    1. Biasanya itu jamur scabies. Kalo scabies sih saya pernah coba ke kucing pake minyak zaitun yang saya olesin ke bulunya sambil dipijat ringan. Dan syukur deh, bisa sembuh 🙂 coba deh kak.

  3. aku juga pecinta kucing kampung.dulu kucing ku sehat dan gemuk.namun dah ada 1 bulan ini sering sakit.sembuh sebentar sakit lagi.makannya jg sedikit.kl sakit sama sekali gak mau mkn.kenapa ya.ada yg punya pengalaman mengatasinya.tlg dibantu ya.mksh.

  4. Saya nemu kuncing kampung yg sepertinya kelaparan kemudian sy kasi ayam goreng dicampur sedikit nasi. Air minumnya sy kasi susu kental manis tp ternyt yg disentuh cuma ayam gorengnya saja. Knp ya

    1. Kalau pengalaman saya saya kasih madu, terus minumnya dikasih madu juga besokanya kucing kucing saya jadi mau makan. Semoga berhasil juga yah 🙂

  5. Saya pecinta kucing sejati sejak kecil hingga sekarang. Dari dulu selalu kucing saya makan nasi dicampur ikan, dan saya perhatikan PUP nya encer. Bahkan ada yang diare. Akhirnya saya tahu, ternyata kucing tidak cocok diberi nasi. Maka saya ganti nasi dengan tempe rebus yang dihaluskan bersama ikan. Hasilnya?..semua kucing saya sehat, pup nya bagus.

  6. kucing saya ko makan sayur,kadang brokoli kadang saya kasih wortel tapi kalo di kasih daging makanya lahap ,knp y? kucing saya kayak nya kelaparan..hihi

  7. Saya menemukan kucing kampung kecil di dpn kantor saya, lalu saya bawa pulang kerumah , lalu saya mandikan dgn sampo kucing dan saya belikan makanan kucing di petshop, baru 2 hari dirumah kenapa kucing nya jadi pendiam dan suka tidur terus ya, ??padahal saya sudah sering mengganggu nya namun dia tetap saja diam dan tertidur lagi .
    Jd solusi nya gmn yah?

    1. berarti klau gitu kucing kamu merasa nyaman mba… tapi kadang kalau sudah kenyang dan mood nya juga bagus psti kucing nya mba main main .. 😉

    2. Itu baru kucing gan 😀 sy malah pengen kucing dirumah sesekali kyk gitu. tapi yang ada malah sebaliknya, jadi ya badannya gak nambah gemuk, tetap kurus aja 😀

  8. saya punya kucing tapi kucing saya kena penyakit gatal, cuman gatalnya dibagian telinga saja. itu obatnya apa ya? yang mungkin tau tolong bagi infonya ya

  9. info yang sangat berguna.. first time saya menjaga kucing dan hanya kucing kampong tp tidak mahu makan sangat. makan sikit2 tak kira apa jua jenis makanan..macam2 sudah cuba..mgkn boleh cuba cara yugi ini..tq

  10. Saya punya kucing kampung ngambil di depan sekolaan, trus pas saya liat di bagian kakinya bulunya ada yg rontok sebagian trus dia juga suka garuk” dibagian telinga nya dan suka geleng” kepala gtu, apakah itu penyebab tungau atau gimana yah ?
    Mohon pencerahan nya 🙂

  11. Saya punya kucing tp mata nya sakit, berair, belekan, siap hari pagi sore saya bersihin pakek air hangat sma tissu dan gara” sakit itu kucing saya kurus dan nggk mau becanda lgi. Udh saya obatin pakek obat tetes juga tp ndak kunjung sembuh. Makannya juga teratur ikan+nasi. Karna itu kucing saya slah satu ada yg mati. Mohon bantuannya

  12. Mhn pencerahan dong, kucing sy kena filek udh sebulan lebih gk sembuh” klu tidur ampe ngorok krn nafas dri mulut, hidungnya tersumbat tapi sering dia buang tu ingus dngn cara di bersinkan, ingusnya kental gtu, tolng dong ksh info obatnya apa, sy udh cari obat ke petshop tp gk ada, tp syukurnya dia tetap mau makan, klu makan mah tetap lahap hehee… Cuma kshan idungnya ampe lecet kna filek

  13. Sy punya kucing hitam dia itu sering banget lari”an dan sering gigit” tangan sy umurnya masih 2 bulan. Dia juga sering banget pup atau pipis tpi pupnya itu meneurtku bagus krn warnya kuning atau kecoklatan, apa itu wajar ?

  14. saya punya kucing kampung, kucing saya itu suka tdur sama saya,,, mksdnya kuc.ing saya suka tdur diksur sya,, dia gak bs tdur dtmpt lain.pdhl saya udah beliin dia kasur khusus meong,. gmn ya caranya supaya kuing saya bisa tdur dikasur yg udah saya beli,,

  15. Kak mau tanya nih. ini sebaiknya aku trusin apa nggak.? Kucingku dlu pernah aku kasih susu khusus kucing tpi kucingku gak mau minum sama sekali. habis itu aku kasih slh satu produk susu sapi kucingku sangat suka. Kira2 kalau ini ditrusin ganggu kesehatan kucingku gk kak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *