6 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Sebenarnya

Kucing Anggora dan Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di  Indonesia, juga kerap dipelihara di seluruh dunia. Bagi orang yang kurang mengetahui tentang kucing, jika mereka ditanya “Kalau kamu pengen melihara kucing, kira-kira kucing apa?” Pasti kebanyakan akan menjawab kucing Persia atau kucing Anggora.

Kedua jenis kucing peliharaan ini sangat terkenal karena memang banyak yang menyukainya. Kucing tersebut sama-sama mempunyai bulu yang indah juga panjang dan sifatnya yang lucu sehingga orang-orang mudah tertarik kepadanya. Bagi pecinta kucing mungkin akan mudah untuk mengetahui perbedaan kucing Anggora dan Persia, namun bagaimana dengan orang awam yang belum mengetahui lebih lanjut tentang kedua ras kucing peliharaan tersebut?

 

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Gambar Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Gambar Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Supaya kamu mengetahui kucing apakah yang akan kamu adopsi atau sudah dimiliki itu ras kucing Anggora atau Persia, KucingPedia.com akan memberikan informasi mengenai 6 perbedaan kucing Anggora dengan Persia mulai dari bentuk fisik hingga sifat si kucing :

1. Daerah asal..

Daerah Asal Kucing Anggora dan Kucing Persia

Kiri : daerah asal kucing Anggora. Kanan : daerah asal kucing Persia

Kucing Anggora – kucing ini merupakan salah satu ras tertua dari kucing, berasal dari daerah Ankara (Angora) di Turki yang konon dikenal sejak tahun 1600an.

Kucing Persia – ras kucing berbulu panjang ini berasal dari daerah Persia (sekarang Iran) yang pertama kali dibawa atau diperkenalkan ke negara Italia sekitar tahun 1620an dan akhirnya bisa terkenal hingga ke Indonesia.

 

2. Bentuk wajahnya..

Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia

Kucing Anggora – si kucing Anggora memilki bentuk wajah seperti kucing lokal atau kucing kampung, bentuknya sedikit segitiga dengan hidung yang sedikit mancung. Kemudian telinganya cenderung runcing dan panjang.

Kucing Persia – untuk kucing Persia bentuk wajahnya cukup bulat, dengan hidung yang kebanyakan pesek (untuk Persia Peaknose) atau tidak terlalu mancung (untuk persia Medium), kemudian jika kamu memperhatikan bagian samping dari kucing ini, dahi, hidung dan dagu terlihat datar. Mata dari kucing persia juga bervariasi dibanding si kucing Anggora.

 

3. Tubuhnya..

Gambar perbedaan fisik kucing anggora dan persia

Gambar perbedaan fisik kucing anggora dan persia medium

Kucing Anggora – ukuran tubuh dari kucing Anggora ini bisa dibilang ideal, ia terlihat langsing kemudian ototnya tidak menonjol. Ia juga punya bentuk tubuh yang terlihat lebih tinggi.

Kucing Persia – untuk kucing Persia, ia terlihat lebih gemuk bulat dibandingkan dengan kucing Anggora. Badannya juga tidak setinggi kucing Anggora, karena bisa dilihat dari kakinya yang pendek namun kokoh besar dengan caakar yang membulat.

 

4. Bulunya..
Semua jenis kucing, kecuali jenis Sphinx lazimnya memilki bulu-bulu yang menyelimuti hampir semua bagian tubuhnya. Kemudian dari bulu ini kita juga bisa mudah membedakan jenis kucing tertentu.

Kucing Anggora – pada kucing Anggora umumnya punya bulu yang tebal tapi tidak setebal kucing Persia, namun pada ekor kucing Anggora bulunya paling panjang dan tebal bahkan disebut sebagai ekor musang karena kemiripannya. Pada bagian wajah, bulu yang dimiliki kucing Anggora tidak tebal maupun panjang sehingga lebih cenderung sedikit lebih lebat dibandingkan dengan kucing lokal.

Kucing Persia – kemudian pada kucing Persia dikenal sebagai kucing yang bulunya tebal, dari bulu di wajahnya saja sudah tebal. Dari leher hingga ekor juga ditutupi oleh bulu yang tebal khususnya kucing Persia yang berdarah murni.

 

5. Kepribadiannya..
Kucing Anggora – pada kucing Anggora, ras kucing ini umumnya lebih aktif, senang bermain, energik dan penurut. Kucing Anggora cukup cerdas, suka berinteraksi dengan manusia, punya rasa ingin tahu yang tinggi, mudah dilatih, beradaptasi dan ramah dengan manusia maupun hewan lain (Wikipedia Indonesia).

Kucing Persia – kucing ini punya sifat yang berbeda dengan kucing Persia, ia lebih kalem, penurut, sedikit malas dan manja.

 

6. Aktivitasnya..

Gambar perbedaan kucing anggora dan persia medium dalam Aktivitasnya

Gambar perbedaan kucing anggora dan persia dalam aktivitasnya

Kucing Anggora – kucing Anggora senang dudukdi lantai atau di sekitar pemiliknya lho, ia juga lebih waspada dengan sekitar dan suka pergi mencari tempat yang tinggi di rumah untuk dinaiki, ia juga suka bermain dan berlari-lari dengan temannya ataupun kamu. Cara berjalan kucing Anggora juga luwes, terlihat menggemaskan apabila kita memperhatikannya sedang berjalan.

Kucing Persia – dari sifatnya yang sedikit malas bisa dibuktikan dari saat beraktivitas yang tidak seenergik kucing Anggora. Ia cenderung lebih suka diam di tempat ataupun istirahat. Cara berjalannya pun juga lambat dan terlihat manja.

 

Pilih kucing Anggora atau Persia?

Lebih baik memelihara kucing Anggora atau Persia? Perhatikan terlebih dahulu yang kamu inginkan yang seperti apa. Jika kamu menginginkan kucing yang aktif dan suka bermain denganmu, maka kucing Anggora merupakan pilihan yang tepat. Kemudian jika kamu menginginkan kucing yang imut, lucu dan tidak terlalu suka mengganggumu, maka kucing Persia yang cantik ini menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana, sudah paham mengenai perbedaan kucing Persia dengan Anggora? Informasi beda antara kucing Anggora dan Persia ini mengkutip dari beberapa website terpercaya seperti wikipedia dan KucingKita. Semoga artikel ini membantumu untuk mengenal lebih baik tentang kucing Anggora maupun kucing Persia.

Yang kamu cari?

    kucing anggora, perbedaan kucing anggora dan persia, perbedaan kucing persia dan anggora, perbedaan anggora dan persia, jenis kucing anggora, perbedaan persia dan anggora, beda kucing anggora dan persia, beda kucing persia dan anggora, kucing persia medium, kucing persia dan anggora

22 Comments

  1. Reyhan Ivandi 16 Mei 2016
    • Yugi Hasan Alnawan 17 Mei 2016
  2. wisuda 5 Agustus 2016
    • Yugi 7 Agustus 2016
  3. Vera Wati 17 September 2016
  4. timothy tovano 22 September 2016
    • Yugi 23 November 2016
  5. lisalestari 11 Desember 2016
  6. dhoni 22 Desember 2016
    • Yugi 28 Desember 2016
  7. Rajamahadi 28 Desember 2016
  8. RIDHO B.S 28 Desember 2016
  9. Ririn K 28 Desember 2016
    • Yugi 29 Desember 2016
  10. widy 8 Januari 2017
  11. amien 3 Maret 2017
  12. Fauzi 24 Maret 2017
  13. yosan fathony 6 April 2017
    • Yugi 21 April 2017
  14. adi saputra 9 April 2017
    • Yugi 21 April 2017

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *