Sudah Terbukti! Penyebab dan Cara Mengobati Scabies Pada Kucing

Scabies pada kucing? Memelihara seekor kucing memang menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Namun, jika sebuah penyakit menyerang kita hal itu menjadi sebuah kesedihan. Terkadang memang ada beberapa kucing yang lebih mudah terserang penyakit. Untuk itu ada baiknya untuk terus menjaga kandang dan tempat bermainnya agar lebih bersih.

Salah satu penyakit yang paling mengkhawatirkan adalah scabies pada kucing. Penyakit ini menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi pemilik kucing.

 

Apa itu Scabies?

Gambar Penyebab dan Cara Mengobati Scabies Pada Kucing

Gambar Bahayanya Scabies Pada Kucing. via: https://twitter.com/pawsmiri/status/278012726884835328

Sebelum menjelajah lebih dalam, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal tentang penyakit scabies pada kucing. Scabies merupkan salah satu penyakit yang menyerang bagian kulit kucing.

Penyakit ini muncul diakibatkan oleh parasit sejenis kutu bernama sarcopates atau tungau scabies. Tungau scabies yang tidak hanya menyerang kucing ini ternyata memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni 0.2 mm hingga 0.4 mm.

Seperti halnya kutu, tungau scabies ini terus menggali kulit sebagai tempat untuk bertelur. Sehingga siklus perkembangan dari tungau scabies ini sangat cepat.

 

Penyebab scabies pada kucing

Kamu pasti bertanya-tanya apa penyebab scabies pada kucing. Kemunculan scabies ini sangatlah sederhana. Kemungkinan pertama adalah adanya penularan dari hewan lain pada kucing kamu.

Jika kucing kamu melakukan kontak langsung dengan hewan lain yang terkena scabies, maka dengan mudah kucing kamu akan tertular tungau scabies.

Kemungkinan lainnya adalah adanya sumber tungau scabies di area di mana kucing kamu berada. Kamu bisa mendekteksi dari kandang atau sisir yang dikenakan.

Bisa jadi, kandang atau sisir yang digunakan oleh kucing kamu terdapat tungau scabies. Namun, terkadang antara scabies dengan ringworm sering tertukar.

Jika pada bagian ujung telinga kucing kamu terdapat kerak dan terdapat kulit mati yang terangkat saat dikerok perlahan sehingga mengakibatkan kelecetan, maka dipastikan kucing kamu terkena scabies.

Kamu juga harus berhati-hati dengan adanya kemungkinan scabies kucing menular ke manusia.

Bagaimana cara mengobati scabies pada kucing?

Ada beberapa lagkah untuk mengobati scabies pada pada kucing. Lakukan beberapa langkah agar tidak terjadi beberapa penyebaran.

Mencegah terlebih dahulu

1. Pisahkan kucing-kucingmu

Jika kamu memelihara lebih dari satu kucing, maka pastikan kamu memisahkan antara kucing yang terkena scabies dengan kucing lainnya. Hal ini bertujuan agar kucing lainnya tidak tertular scabies. Hal ini menginat bahwa scabies sangat mudah sekali penyebarannya.

 

2. Mencuci alat grooming

Cucilah seluruh alat grooming dari kucing yang terkena scabies. Bersihkan seluruh alat-alat, kandang, sisir, hingga sikat yang biasa digunakan oleh kucing kamu yang terkena scabies.

Bisa jadi tunagu scabies terdapat pada alat-lata grooming ini. Jadi, pastikan kamu membersihkannya.

 

3. Menghindari tempat grooming yang buruk

Hindari tempat grooming yang diragukan kebersihannya. Hal ini sangat penting untuk memilih tempat grooming, karena lingkungan yang sehat tidak akan terdapat tungau scabies. Kamu juga bisa melakukan grooming untuk kucingmu di rumah, panduannya: Cara Memandikan Kucing di Rumah Supaya Tidak Kena Scabies.

 

Mengobati scabies pada kucing

Langkah kedua sebagai cara mengobati scabies pada kucing secara alami adalah dengan melakukan pengobatan. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan:

1. Gunakan shampo anti kutu atau tungau kucing

Gunakan shampoo berbahan sulfur atau sebasol. Kamu bisa mendapatkan shampoo yang memiliki bahan dasr dair zat sulfur di petshop terdekat. Jenis shampoo ini dipercaya akan membantu meringankan scabies pada kucing.

Berikan shampoo pada kucing selama 10 hingga 15 menit setiap satu kali seminggu. Biasanya penggunaan ini membutuhkan waktu total 1 hingga 2 bulan untuk menjadikan kucing kamu bebas dari tungau.

 

2. Salep khusus

Gunakan salep sebagai obat scabies kucing. Kamu bisa menggunakan salep berbahan gamexane, triamcolone, deram tecg, petrolatum, dan permethrin yang sangat efektif membantu menghilangkan tungau scabies pada kucing.

 

3. Minyak VCO

Cara lainnya, kamu juga bisa menggunakan minyak VCO yang biasanya terdapat di Guardian atau apotek Century. Jika beberapa obat scabies tidak dianjurkan untuk kucing yang sedang hamil, maka minyak VCO ini sangat aman diberikan untuk kucing yang sedang hamil atau menyusui.

Cara pemakainnya pun cukup mudah, yakni oleskan minyak VCO pada bagian tubuh kucing yang terkena scabies. Langkah ini cukup efektif sebagai cara pengobatan scabies alami yang tidak akan memiliki efek samping apapun bagi kucing kamu.

 

4. Suntik scabies kucing

Adapun langkah lain sebagai cara mengobati scabies pada kucing. Langkah lainnya yakni dengan penanganan dokter hewan. Biasanya, kucing yang terkena scabies akan diberikan suntikan yang khusus untuk meredam tungau scabies.

Ada beberapa jenis suntikan dalam suntikan scabies, diantaranya doramectin, selamectin, dan ivermectin. Sangat dianjurkan sekali untuk memberikan 2 kali suntikan dalam setiap 2 minggu. Hal ini juga sangat efektif bagi kamu yang memiliki kucing lebih dari satu yang terkena scabies.

Selain cepat, tentunya akan lebih memudahkan pekerjaan karena yang terkena scabies tidak hanya satu kucing. Akan membutuhkan waktu lebih lama jika kamu memberikan obat scabies pada kucing secara manual satu per satu.

Harga suntik scabies pada kucing

Biasanya, biaya suntik scabies kucing pun berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor. Harga suntik scabies pada kucing biasanya dipatok dari harga Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk yang standar.

Kemungkinan adanya perbedaan harga suntik scabies kucing sangat tinggi. Biasanya, kamu bisa memilih dimana kamu harus memberikan suntikan scabies pada kucing peliharaan kamu.

Adapula yang menawarkan suntik scabies dengan harga yang lebih murah tergantung pada jenis hewannya. Jika kucing kamu tidak terkena scabies parah, kemungkinan biaya yang dikeluarkan pun tidak banyak.

Dengan rutinitas 2 kali dalam 2 minggu, maka kamu bisa menghabiskan biaya kira-kira Rp 100.000 hingga Rp 200.000 untuk seekor kucing dalam 2 minggu. Jadi, kamu bisa memilih sendiri untuk memilih pengobatan yang seperti apa.

Yang kamu cari?

    cara mengobati scabies pada kucing hamil, scabies pada kucing

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *