Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu

Diposting pada

Siapa yang gak suka kucing peliharaanya sehat? Pasti suka semua bukan? Hehe. Kita aja kalau lagi gak sehat pasti merasa tidak nyaman, kucing yang kita pelihara juga seperti itu kawan. Biasanya saat musim pancaroba maupun hujan, penyakit yang paling sering diderita oleh kita dan kucing peliharaan yaitu flu. Kalau kita kena flu obatnya mudah langsung aja pergi ke apotek terdekat, nah kalau cara mengobati kucing flu gimana? Hmm.

Flu biasanya gampang banget menyerang kucing yang belum divaksin dan yang mager alias malas gerak (kurang olahraga hehe). Semua ras kucing bisa terkena flu tentunya tapi menurut pengalamanku sih, kucing ras persia lebih gampang terkena penyakit flu ini dibanding dengan ras lainnya.

Baca juga : Ciri-ciri kucing anggora asli tahan penyakit

Walau bisa dibilang penyakit yang wajar, tapi jangan dianggap sepele kawan. Kenapa? Kalau kamu punya kitten atau anak kucing yang masih berumur antara 1 bulan, itu mengancam banget lho.

Di artikel ini, KucingPedia.com akan memberikan informasi tentang kucing flu dimana membahas tentang ciri-ciri kucing flu, penyebab kucing flu dan tentunya cara mengobati kucing flu.

 

Foto Apa Penyebab Kucing Flu?
apa penyebab kucing sakit flu?. Foto via : www.catsofaustralia.com

Supaya kamu tahu gimana cara mengobati kucing sakit flu, kamu harus tau dahulu ciri-ciri kucing sakit flu dan penyebabnya.

 

Ciri-ciri kucing flu

Adapaun beberapa ciri-ciri yang bisa kita perhatikan untuk mengetahui apakah kucing sedang sakit flu (pilek) seperti :

  • Badan terasa panas (demam)
  • Bersin-bersin
  • Nafsu makan berkurang
  • Mata memerah
  • Batuk
  • Keluar ingus
  • Kurang energik
  • Sariawan
  • Mata kucing bisa berair

Biasanya gejala flu di atas terjadi selama 1 minggu, nah setelah satu minggu (minggu ke 2 atau 3) biasanya kesehatan tubuh kucing akan membaik dan diharapkan sembuh.

 

Penyebab Kucing Flu

Kenapa kucing flu? Nah kita akan lanjut mengenai penyebab kucing sakit flu atau pilek. Ternyata ada berbagai penyebab kucing flu seperti :

1. Daya tahan tubuh kucing

Sebenarnya ini faktor flu kucing. Daya tahan tubuh kucing yang menurun tentu akan gampang terkena virus, salah satunya ya virus yang menyebabkan si kucing sakit flu.

 

2. Virus

Infeksi menjadi salah satu penyebab kucing flu yang utama, virus ini bisa dari herpes (feline herpesvirus), cacilivirus (FCV). Hasil riset menyebutkan bahwa 80% kucing flu karena salahs satu dari kedua virus tersebut.

Penting! Bahaya bulu kucing terkait flu kucing

Sebaiknya kalau terdeteksi ada infeksi karena virus tersebut, segera hubungi dokter.

Jika tidak kucingmu yang lain bisa terancam kesehatannya, karena menular lewat air liur, bersin, makanan dan minuman juga dari peralatan memelihara kucing (kandang, kotak makan dan lain sebagainya)

 

3. Bakteri

Penyebab kucing flu juga dikarenakan oleh bakteri, bakteri yang bernama Chlamydophila Felis dan Bordetella Bronchiseptica dimana kedua bakteri ini juga menginfeksi anjing. Kalau kena virus dan bakteri gimana ya, bisa-bisa kucing flu berat.

bagaimana cara mengobati kucing flu?

 

Cara Mengobati Kucing Flu

cara mengobati kucing flu secara alami
cara mengobati kucing flu untuk anak kucing gimana ya?. via : https://pixabay.com/

Nah sekarang waktunya ke topik paling penting yaitu cara mengatasi kucing flu atau cara menyembuhkan kucing flu secara alami.

Tapi sebelum kamu tahu cara mengatasi sakit flu pada kucing, kucing flu obatnya apa sebenarnya tidak ada secara spesifik obat untuk kucing flu.

Tapi supaya kucing mu yang sedang flu bisa segera sembuh, berikut cara-caranya :

1. Memberikan madu

Madu merupakan obat yang mujarab untuk segala penyakit, khususnya obat untuk kucing flu.

Berikan madu untuk si kucing dalam 1×4 jam, taruh aja sedikit di kandang atau campurkan dengan air minumnya.

 

2. Memberikan vitamin

Vitamin maupun suplemen juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kucing dalam cara mengobati kucing flu.

Fungsi vitamin ini jelas untuk memaksimalkan daya tahan tubuh si kucing dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Daya tahan tubuhnya membaik dan terjaga, akibatnya virus atau penyakit yang nyebabin pilek gak mau deket-deket. Oiya, asupan vitamin seperti prebiotik bagus banget sebagai obat untuk kucing flu.

 

3. Jemur si kucing

Berjemur di pagi hari sangat menghangatkan badan si kucing, membunuh kuman penyebab bibit penyakit. Bagusnya sih sekitar pukul 07.00 – 09.00, dan jemur cukup 10 menit saja.

 

4. Menjaga suhu tubuh

Jaga suhu tubuh si kucing, jangan biarkan dia kedinginan saat sehat maupun saat flu. Kalau kehujanan, langsung handukin dan blow bulunya supaya kering.

 

5. Jangan memandikan

Kalau kucing sedang flu, tubuhnya akan rentan terhadap air. Jadi saat flu sebisa mungkin jangan sering dimandikan atau kurangi jadwal mandinya.

Kalau kucingmu kotor, pakai kain basah saja untuk mengusap secara perlahan bulu kucingnya. (baca : cara memandikan kucing yang baik)

 

6. Membersihkan ingus

Cara mengobati kucing flu yang ke 6 ialah memberishkan ingus si kucing. Biasanya kalau sedang flu, hidung akan mudah mengeluarkan ingus kan?

Sebaiknya kamu bersihkan ingus kucingnya karena ingus mengandung berbagai kuman dan bakteri yang malah membuat si kucing makin parah flunya.

 

7. Biarkan kucing istirahat

Kalau sudah melakukan berbagai cara mengobati kucing flu secara alami tapi si kucing masih aja belum sembuh, mungkin kamu belum memberikan waktu untuk kucing beristirahat.

Istirahat sangat diperlukan oleh kucing supaya proses penyembuhannya maksimal. Jauhkan mainan atau benda yang bersifatnya merangsang kucing untuk bergerak.

Kamu juga bisa melakukan vaksin kucing supaya kucingmu kebal terhadap virus tertentu.

Walau obat kucing sakit secara spesifik belum ada, tapi kalau kamu bisa melakukan 7 cara mengobati kucing flu seperti di atas.

Kamu harus sabar untuk mengobati penyakit kucing yang satu ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh kamu, supaya kamu juga tidak sakit flu.

Gambar Gravatar
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan pemilik blog kucing No. #1 di Indonesia. Kamu bisa follow aku di Instagram yugi_al

19 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu

  1. Kucing aku bersin trus2an..tp gak mengeluarkan ingus, mata gak merah, hanya bersin tp sering..gimana cara mengatasinya ?

  2. Kucing saya betina persian medium long hair sudah 8bulan. Bulu rontok terus dari pertama kali adopsi(6bulan). Tidak bersuara “meow” kecuali lapar. Dari pertama kali adopsi ingus hija mata belekan dan suara nafas tdk mulus gtu kaya manusia pilek nafasnya begitulah… sudah pernah dibawa kedokter dan dikasih obat kapsul tapi tetap seperti itu dan kalau dia habis mnum obat dia muntah biasa. Makan dan minum normal. Saya kesulitan mendeteksi apakah kucing saya birahi/tidak krna dri awal adopsi sudah rontok dan diam tdk meow kecuali lapar tp baru tadi dipegang pangkal buntutnya dia nungging. Adakah cara lain menyembuhkan kucing saya kecuali obat kapsul? Karna saya juga tdk bs meminumkan kucing saya obat kapsul. Sblmya setiap mnum obat saya bawa kebpetshop

  3. Kucing saya gak sariawan tapi bengkak hidungnya, keluar ingus, mencret, kurang energik, dan nafsu makan berkurang. Itu kenapa ya? Onegai.. kasih tau… mau ke dokter tapi gak ada uang

  4. Ane punya kucing umurny udah 6 thn 3 bln bulunya udah rontok dan sering gejala flu mata merah nafsu makan menurun draastis sering bersin” apakah yang harus saya lakukan , minum aja dia ogah gmna ngasih madunya

  5. Kucing saya badan nya panas banget sama pilek terus, napsu makan kurang cuma mau minum air aja, terus tidur terus , jadi takut kenapa” :”

  6. makasih infonya. Btw kucing saya sedang flu dan saya baru menerapkan tips yang diberikan artikel ini. Cuma masalahnya, kucing saya masih belum nafsu makan. Mungkin karena saya juga baru nyoba cara ini kali ya, jadi efeknya belum terasa. Nah yang saya ingin tanyakan, saya harus kasih makan kucing saya apa ya? Dia nggak mau makan udah berhari-hari… 🙁

    1. biasanya kalau kucing lagi sakit jadi susah bahkan gk mau makan, kalau aku inisiatif makanan kucing yg kering aku jadiin teksturnya kayak bubur terus aku suapin pakai pipet paracetamol.

  7. Selama ini si Empus emang jarang di vaksin, tapi cuma bersin 1 – 2 x aja dan tidak sering.

    Semoga aja tetap sehat macam kucing kampung yang daya tahan tubuhnya kuat kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.