Cara Mengubur Kucing

Jika kamu memelihara binatang peliharaan tentunya kamu tidak bisa selamanya memelihara binatang yang sama, ada kalanya hewan peliharaan anda mati atau habis umurnya. Salah satu contohnya adalah kucing. Kucing sendiri jika diperkirakan umurnya hanya 10-15 tahun saja.

Ketika umur kucing tersebut habis atau mati, kebanyakan orang atau pemilik hewan peliharaan membuangnya begitu saja. Padahal kucing sendiri punya hak untuk dikuburkan dengan layak.

Namun, kebanyakan orang menggunakan alasan tidak tahu cara mengubur kucing sehingga mereka hanya membuangnya begitu saja.

Untuk itu kamu perlu tahu tindakan apa yang harus dilakukan ketika kamu menabrak kucing hingga mati, ataupun ketika kucing peliharaanmu mati secara mendadak

Di artikel ini akan di bahas bagaimana sih cara mengubur kucing ? Namun, sebelum kamu tahu tata cara mengubur kucing, kamu perlu tahu penyebab kucing bisa mati.

Gambar Kucing Mati
Gambar Kucing Mati, via : Fandi Net

 

Penyebab Kucing Mati

1. Tertabrak

Kucing mati tertabrak tentunya merupakan, cara mati kucing yang paling sering terjadi. Biasanya kucing mati tertabrak kendaraan seperti mobil, motor atau kendaraan lain.

Karena ketidaktahuan cara mengubur kucing kadang orang memilih untuk meninggalkan bangkai kucing begitu saja atau bisa kita istilahkan tabrak lari.

 

2. Sakit Jantung

Kucing mati sakit jantung biasanya membuat pemilik kucing bingung, karena kucing mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu ada beberapa tanda yang terlihat apabila kucing sedang menderita sakit jantung.

Biasanya kucing akan terlihat malas beraktifitas, nafas kucing tidak seperti biasanya walaupun kucing tidak kelelahan namun dia bernafas menggunakan mulutnya, dan yang terakhir tanda-tanda kucing sakit jantung adalah kucing tidak memiliki nafsu makan seperti biasanya.

 

3. Salah Makan

Salah makan bisa diartikan juga keracunan, ini juga merupakan hal yang paling sering menyebabkan kucing mati mendadak. Kucing bisa saja mati keracunan jika mereka mengkonsumsi racun tikus, deterjen, sampo, dan zat lain menjadi penyebab kucing keracunan.

Kucing Salah Makan
Kucing Salah Makan, via : nouvelleviehaiti

Selain itu jangan berikan kucing juga dengan coklat, alpukat dan kopi. Ciri-ciri kucing keracunan biasanya air liur mereka mengering, terlihat lemas, muntah dan diare.

Baca juga: Kucing Kembang Telon

 

4. Flu Kucing

Walaupun kelihatannya sepele penyakit flu kucing ini bisa membuat kucing mati. Kenapa flu kucing bisa membuat kucing mati ?

Virus-virus yang menghambat rongga pernafasan dari kucing bisa membuat kucing tidak nyaman, dan berpengaruh pada nafsu makan dari kucing tersebut.

Itu tadi merupakan beberapa hal yang paling sering menyebabkan kucing mati secara mendadak. Setelah kamu tahu beberapa penyebab kucing mati, kamu perlu tahu bagaimana tata cara mengubur kucing.

Di bawah ini merupakan cara menguburkan kucing yang mungkin bisa kamu praktekkan apabila kamu menghadapi kucing mati, dan bingung tindakan apa yang akan kamu lakukan.

 

Cara Mengubur Kucing yang Benar

1. Membuat lubang

Ketika kamu menabrak kucing dan kucing itu mati, atau ketika kucing peliharaanmu mati mendadak, sudah menjadi kewajiban kita untuk menguburkannya.

Gambar Lubang Kuburan Kucing
Gambar Lubang Kuburan Kucing, via : agusmulyadi.web.id

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menggali lubang dengan bentuk persegi panjang, dengan ukuran 2 kali dari ukuran kucing. Untuk kedalamannnya sendiri bisa dibuat 30 cm. Namun, akan lebih baik jika lubang dibuat lebih dalam lagi.

Menggali lubang lebih dalam tentunya bukan tanpa alasan, fungsinya adalah untuk memastikan agar bau bangkai kucing tersebut tidak tercium lagi.

 

2. Pilih tempat mengubur yang sesuai

Pemilihan tempat untuk mengubur juga perlu diperhatikan. Kamu bisa menguburnya di halaman belakang, atau jika tidak memiliki halaman belakang kamu bisa menguburnya di tanah yang disampingnya terdapat pohon dengan ukuran yang besar.

Hal tersebut dilakukan agar bangkai kucing tidak muncul lagi ke permukaan tanah dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

 

3. Gunakan daun

Untuk membungkus bangkai kucing sendiri kamu bisa menggunakan daun yang lebar, atau jika tidak bisa menggunakan daun yang lebar untuk membungkus kucing. Kamu bisa gunakan daun biasa dan letakkan di dasar lubang, setelah itu masukkan bangkai kucing ke lubang.

Mengapa menggunakan daun ?

Penggunaan daun untuk membungkus bangkai kucing bisa meminimalisir munculnya aroma tidak sedap dari bangkai kucing tersebut. Namun jika kamu memiliki kain yang tidak terpakai kamu juga bisa menggunakannya untuk membungkus bangkai kucing.

 

4. Taburkan bunga dan beri tanda dengan kerikil

Walaupun bukan manusia, namun menaburkan bunga pada tempat kucing dikuburkan bisa dijadikan sebagai penghormatan terakhir untuk kucing.

Kamu juga bisa menggunakan batu kerikil untuk menandai dimana lokasi tempat kucing dikuburkan tersebut, sehingga ketika kamu mencari lokasinya kamu akan lebih mudah dalam menemukannya.

Nah, itu tadi merupakan beberapa tata cara menguburkan kucing, dan juga beberapa penyebab kenapa kucing bisa mati. Sebenarnya di dalam Islam tidak wajib kita menguburkan binatang peliharaan seperti kucing.

Namun kita sebagai manusia harus menghormati juga makhluk ciptaan Allah, jadi alangkah baiknya kucing mati yang kamu temui bisa kamu kuburkan.

6 pemikiran pada “Cara Mengubur Kucing”

  1. Betul hewan peliharaan juga teman dalam hidup kita. Sudah beberapa kali juga aku mengubur kucing di halaman rumah, selain kucing juga ada kuburan ikan. Semua dibungkus dengan daun.

  2. Malam ini aku gak sengaja nabrak kucing pas mau pulang ke rumah, bingung+ngerasa takut. Alhamdulillah ada web ini jadi tau cara nguburin kucing yg aku tabrak, terimakasih untuk infonya?

  3. Malam ini aku dapat kabar dari ibuku yang dirumah bahwa minggu lalu saat aku tidak pulang kampung, kucingku yang bernama Cuplis mati. lalu aku bertanya apakah sudah dikuburkan?

    aku menangis setelah mendengar jawaban dari ibuku. Cuplis ditemukan mati dalam keadaan sudah membusuk di dalam gorong2 selokan depan rumah dan bahkan yang bersisa hampir hanya tulang belulangnya saja.

    lalu aku bertanya lagi, kenapa tidak diambil dengan kayu?
    ternyata sebelum diambil, turun hujan yang deras sehingga menghanyutkan cuplis.

    cuplis itu adalah salah satu kucing kesayanganku dari 4 kucingku.
    4 kucingku (putih, glendoh, cuplis, & tunteng). Biasanya cuplis selalu tidur bersamaku dan menggunakan tanganku sebagai bantalnya.

    terkadang cuplis juga menunjukan tingkah yanglucu saat tidur, misalnya tidur sambil terlentang layaknya manusia, atau sambil melet.

    kini dia telah tiada.
    sedih? ya tentu saja sedih.
    dia sudah seperti bagian dari keluargaku.
    meski dia telah tiada, aku takkan bisa melupakannya.
    kelincahannya, kenakalannya, kelucuannya, cakarannya, gigitannya, halus bulunya, hangat tubuhnya, dan suaranya.

    selamat jalan Cuplis, semoga kamu tenang di alam sana.
    maaf karena aku tidak bisa pulang disaat terakhirmu.
    aku menyayangimu cuplis.

    Buat para pecinta kucing, nikmatilah momen bersama kucingmu selagi sempat. dan untuk yang tidak begitu suka kucing, aku mohon jangan menyiksa kucing seperti memukul, menyiram, atau membuang anak kucing dijalanan.

  4. Kucing kesayangan saya mati tertabrak, setelah saya bungkus kain saya serahkan kucing kepada yang menabrak agar dikubur kan dengan layak.

  5. Kucingku juga mati mendadak setelah menunjukan ciri-ciri muntah beberapa kali disore hari
    awalnya kukira itu hal biasa karena mungkin dia sedang bunting
    namun saat di tengok kembali lama kelamaan dia semakin melemah dan saat ingin dibawa ke dokter hewan ternyata sudah jam /9 malam dan itu dokternya sudah tidak ada di tempat praktek.
    saya pasrah menunggu pagi dan ternyata dia benar meninggal.
    saya akan menguburkannya di depan halaman rumah hari ini.
    sedih kehilangan si Fey kucing persian berbulu abu2 kesayangan suami saya

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.