Yugi - Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan pemilik blog kucing No. #1 di Indonesia.

Yugi Update terkini

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara merawat kucing anggora supaya kucing tetap terlihat cantik dengan bulu panjang yang indah dan mengemaskan bukanlah hal yang mudah.

Karena, dibutuhkan cukup waktu yang harus kamu siapkan untuk melakukan perawatan.

Perawatan juga harus dilakukan dengan ahlinya agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan bulu kucing semakin jelek.

Perlengkapan Merawat Kucing

Apa saja Perlengkapan Memelihara Kucing anggora?
Apa saja Perlengkapan Memelihara Kucing anggora?

Sebelum memelihara kucing anggora di rumah sebaiknya kamu harus persiapkan dahulu peralatan untuk merawat kucing dengan baik.

Sehingga kucing yang kamu pelihara terawat dengan baik dan sehat. berikut perlengkapan yang harus kamu miliki sebelum memelihara kucing di rumah.

  1. Kandang
  2. Makanan kucing
  3. Tempat makan dan tempat minum
  4. Air matang
  5. Litter box dan serokan
  6. Pasir kucing untuk buang air besar
  7. Sisir bulu
  8. Lint rolling untuk membersihkan bulu kucing dari baju
  9. Shampoo khusus kucing
  10. Handuk
  11. Hair dryer
  12. Parfum khusus kucing
  13. Sikat gigi kucing
  14. Pet carier untuk membawa kucing ke mana-mana atau ketika hendak kontrol kesehatan.

Kamu juga perlu mengetahu apa saja penyakit yang sering menyerang kucing anggora.

Penyakit Kucing Anggora

Penyakit pada kucing ras memang tidak bisa dianggap remeh, karena jika dibiarkan dapat berujung pada kematian.

Karena daya tahan tubuh kucing ras lebih rentan daripada kucing kampung. Oleh karena hal tersebut banyak kucing ras yang mudah terserang penyakit.

Berikut ini penyakit yang harus diwaspadai pada kucing anggora.

  • Parasit pada bulu dan kulit

Kutu merupakan parasit kulit dan bulu yang sering hinggap di bulu panjang kucing ras, sehingga bulunya menjadi kusam dan rontok, kulitnya juga menjadi terkelupas dan kotor.

Penyakit ini bisa terjadi karena kurangnya kebersihan kucing dan kandang atau karena tertular oleh kucing yang lain.

Artikel pendukung: Cara Merawat Bulu Kucing.

  • Saluran kencing

Penyakit ini terjadi karena kucing terlalu banyak mengkonsumsi mineral terutama magnesium, serta pemberian air kurang.

Gejala yang muncul biasanya kencing berdarah, susah buang air kecil, dehidrasi, nafsu makan menurun dan kucing sering menjilat kelaminnya sendiri.

  • Muntah

Kucing berbulu panjang seperti ras dan kucing lokal sering menderita penyakit muntah, salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya bulu yang tertelan dalam saluran pencernaan kucing, sehingga harus dikeluarkan.

Penyebab lainnya adalah karena infeksi virus atau masalah saluran pencernaan. Salah satu cirinya adalah mulut kucing bau. Coba baca cara mengatasi kucing muntah.

Teknis Cara Merawat Kucing Anggora

Gambar Kucing Anggora Turki Asli
Gambar Kucing Anggora Turki Asli Warna Putih. via : https://www.catbreedselector.com/

Merawat kucing bukanlah hal yang susah, namun bukan pula hal yang mudah dilakukan. Ada tantangannya. Terlebih perawatan pada kucing ras yang khas dengan bulu panjangnya.

Kucing ras ini memerlukan perawatan yang teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulunya supaya kucing tetap lucu dan bersih.

Berikut ini perawatan kucing anggora secara umum yang harus diberikan.

1. Pilih makanan yang tepat

Kucing Anggora Suka Makan
Kucing Anggora Suka Makan. via : https://www.thehappycatsite.com

Jika ingin kucing tetap sehat dan bulunya indah hal pertama yang harus diperhatikan adalah makanan dan minuman kucing.

Karena banyaknya merk makanan kucing anggora yang dijual di pet shop, terkadang membuat kamu lalai dan tidak memperhatikan kecocokan kucing terhadap jenis makanan tersebut.

Terus tidak semua kucing mau terhadap semua jenis makanan, usahakan cari yang cocok untuk kucing anggoramu. Perlu sempet gonta ganti rasa makanan kucing.

Makanan yang baik untuk kucing ras ini adalah makanan yang memiliki kandungan garam sedikit, lebih baik berikan makanan kering supaya bulunya tidak rontok. Kalau rontok, coba atasi dengan cara mengatasi bulu kucing rontok.

Model makanan tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan kucing, hanya kandungan dalam makanannya saja yang dapat menyebabkan bulu kucing semakin rontok.

Bingung pemberian pakannya? Baca panduan lengkapnya di : Makanan Kucing Anggora

2. Jangan beri air minum mentah

Minuman Kucing yang Higienis
Minuman Kucing yang Higienis. via : mirror.co.uk

Jika kamu memberikan makanan kering sebaiknya diikuti dengan pemberian air minum yang cukup supaya sistem pencernaan kucing tetap berfungsi dengan baik.

Air minum yang diberikan untuk kucing sebaiknya menggunakan air matang, atau air galon yang sudah di didihkan terlebih dahulu.

Untuk menghindari kontaminasi bakteri atau sumber penyakit lain yang kemungkinan bisa menular melalui air minum.

Simpan bahan makanan dan air minum ditempat yang bersih, jaga kebersihan kandang dan jauhkan kucing kamu dari kucing kampung atau kucing liar.

Karena biasanya kucing liar memiliki parasit pinjal yang dapat menyebabkan bulu kucing rontok.

3. Menjaga Kebersihan kucing

Foto Kucing Anggora Lucu Sedang Mandi
kucing anggora lucu sedang mandi ada mainan bebeknya. via : instagram @baron.0723

Memelihara kucing tidak hanya memberi makan dan minum saja, namun kamu juga harus melakukan perawatan lain yang bisa membuat kucing kamu semakin sehat dan lucu.

Memandikan dan memeriksakan kesehatan kucing secara rutin merumakanan hal terpenting ke dua setelah memberikan kebutuhan nutrisi yang baik.

Kucing harus dimandikan setidaknya satu kali dalam satu bulan, gunakanlah shampo khusus untuk kucing supaya kesehatan bulu tetap terjaga dan terhindar dari ektoparasit kucing. Pelajari cara memandikan kucing supaya kamu tidak salah langkah

Lakukan juga perawatan pada kuku kucing, potong kuku kucing dengan teratur supaya kucing tidak berbahaya ketika digendong. Tutorialnya di: Cara memotong kuku kucing

Perawatan atau periksa kesehatan kucing setidaknya dilakukan setiap bulan, supaya kesehatan tetap prima. Lakukan pemeriksaan ke rumah sakit hewan atau klinik hewan yang berkualitas.

4. Vaksin Kucing Anggora

Artikel lengkap: Vaksing Kucing

Kucing Diberi Vaksin Supaya Sehat
pemberian vaksin untuk kucing supaya sehat
via : www.sierrafishandpets.com

Vaksin pada kucing dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar ketika ada paparan virus kucing kamu aman dari infeksi karena sudah memiliki antibodi virus tersebut.

Jenis vaksin untuk kucing ras ini ada berbagai macam, kamu bisa memilih vaksin dari perusahaan mana sesuai dengan saran dokter hewan.

Vaksin dilakukan sejak kucing masih kecil, vaksin pertama dilakukan pada usia 8 hingga 10 minggu atau ketika usia sapih.

Vaksin diberikan untuk mencegah infeksi virus dan jamur. Kemudian vaksin yang kedua dilakukan pada usia 12 hingga 14 minggu, vaksin ini merumakanan booster atau pengulangan dari vaksin pertama.

Vaksin ketiga diberikan ketika usia 16 minggu, vaksin yang diberikan adalah vaksin rabies sekaligus lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk kucingmu.

Setelah itu lakukan vaksinasi ulang rutin setiap tahun untuk mencegah infeksi virus pada kucingmu.

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

anak kucing angora asli bermata biru cantik
anak kucing angora asli bermata biru cantik

Perawatan untuk kucing dewasa dan anak kucing sedikit berbeda, dikarenakan kebutuhan nutrisi untuk hidupnya berbeda.

1. Hati-hati dalam memberikan perawatan

Cara merawat bayi kucing juga harus ekstra hati karena kondisi tulang dan daya imunitasnya masih sangat lemah. Jangan sampai perawatan yang kamu berikan justru membuat anak kucing kesakitan.

2. Tentang pemberian makanan

Yang menjadi perhatian utama ketika merawat anak kucing adalah pemberian makan, usahakan untuk mulai melatih makan usia 6 minggu, mulai usia ini perkembangan sistem pertahanan tubuhnya mulai meningkat.

Ketika 7 minggu anak kucing disapih dari induknya, jika sudah dilatih makan padat sejak usia 6 minggu kamu hanya perlu menambah nutrisi makanannya saja.

Makanan untuk anak kucing harus mengandung nutrisi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang seimbang.

3. Kebersihan tempat tinggal si kitten

Info terkait: Model dan Harga Kandang Kucing

Selain pemberian nutrisi hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandang dan kebersihan kucing.

Kebersihan kandang merumakanan hal wajib untuk dilakukan karena jika kandang kotor akan menjadi penyebab timbulnya penyakit pada anak kucing mulai dari parasit hingga penyakit lain seperti diare dan muntah.

Kebersihan anak kucing dilakukan dengan memandikan secara rutin minimal dua minggu sekali. Jangan lupa juga untuk memotong kuku dan merawat bulunya, supaya anak kucing kamu tetap cantik dan sehat.

Berikut tadi adalah cara merawat kucing anggora yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kucing. Berikanlah perawatan yang baik agar kucing kamu sehat dan lucu.

One Reply to “Cara Merawat Kucing Anggora”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.