Harga Grooming Kucing

Ketika kamu memilih untuk memiliki hewan peliharaan, kamu tentunya harus bertanggung jawab semua kebutuhan yang dibutuhkan hewan peliharaan tersebut.

Sama hal nya dengan kucing, untuk kamu yang memelihara kucing tentunya memberi makan saja tidak cukup. Kucing juga harus diberikan perawatan. Salah satu perawatan yang diberikan pada kucing adalah Grooming. Lalu apa itu grooming kucing?

Grooming Kucing
Grooming Kucing, via : petlogue

Pengertian Grooming Kucing

Grooming kucing adalah memandikan kucing. Grooming kucing bisa dibilang menjadi salah satu kewajiban untuk kamu yang pemilik, atau yang memilih untuk memelihara kucing.

Apa lagi untuk kamu yang memelihara kucing dengan bulu yang lebat. Seperti kucing persia, anggora dan juga jenis kucing bulu lebat lainnya.

Walaupun terlihat sepele, namun grooming kucing sendiri bisa berdampak langsung pada kucing. Selain bisa membuat kucing bersih dan wangi. Melakukan grooming pada kucing juga bisa mencegah kucing terkena penyakit kulit.

Tentunya kamu tidak mau dong apabila kucing kamu kotor, bau, dan juga terkena penyakit kulit?

Setelah kamu tahu pengertian grooming kucing. Mungkin sekarang kamu bertanya bagaimana cara melakukannya? apakah bisa dilakukan sendiri dirumah?

Pada dasarnya grooming kucing atau memandikan kucing bisa kita lakukan sendiri di rumah. Namun untuk melakukan grooming kucing sendiri di rumah, kadang hasilnya sendiri kurang maksimal.

Melakukan grooming kucing sendiri juga membutuhkan modal. Kamu harus menggunakan alat khusus, shampoo khusus, dan juga keperluan lainnya.

Selain itu untuk kamu yang melakukan grooming kucing sendiri di rumah juga harus melakukannya sesuai prosedur yang benar. Karena jika kamu melakukannya tidak sesuai dengan prosedur malah bisa memberikan dampak yang buruk pada kucing kamu

Tapi untuk kamu yang mungkin merasa yakin bisa melakukan grooming sendiri di rumah. Nih, KucingPedia memberikan beberapa tips grooming kucing yang bisa kamu lakukan.

 

5 Tips Grooming Kucing

Kalau mau grooming sendiri, ada tipsnya nih :

 

1. Pastikan Kondisi Kucing Kamu Sehat dan Bugar

Pasti kamu pernah mendengar kalimat “Kucing Takut Air”, ternyata kalimat tersebut memang benar. Bukan berarti kucing benar-benar takut air. Namun, pada saat memandikan kucing bisa meningkatkan resiko stres pada kucing itu sendiri.

Oleh karena itu kamu perlu memastikan bahwa kucing kamu dalam kondisi yang sehat dan prima.

Dengan kondisi kucing yang baik, maka akan mencegah kondisi kucing yang semakin buruk.

Hal tersebut karena, ketika kondisi kucing sedang tidak fit maka daya tahan tubuh kucing sangat lemah. Hal itu lah yang bisa membuat kondisi kucing semakin buruk, atau bahkan mendatangkan penyakit kucing lainnya.

 

2. Gunakan Peralatan Yang Tepat

Sebelum kamu memandikan kucing sediakan peralatannya, sepeerti handuk, hairdryer, pemotong kuku, pembersih telinga dan juga peralatan lainnya.

Lalu apa maksud dari peralatan yang tepat? Peralatan yang tepat maksudnya ada beberapa peralatan yang memang harus disesuaikan dengan jenis kucing kamu.

Alat Grooming Kucing
Alat Grooming Kucing, via : petlogue

Contohnya apabila kucing kamu berjenis bulu panjang seperti persia, kamu harus menggunakan sisir dengan gerigi yang lebar, hal tersebut dimaksudkan agar bulu dari kucing tidak rontok tersangkut gerigi dari sisir.

 

3. Sisir Kucing dan Potong Kuku Kucing Sebelum Grooming

Sebelum kucing terkena air atau dimandikan. Pastikan bulu pada kucing tidak kusut, terutama untuk kucing dengan bulu panjang.

Hal tersebut dimaksudkan karena jika bulu kucing kusut sebelum dimandikan dan terkena air akan semakin kusut dan bisa saja bulu kucing menjadi rusak.

Selain itu sebelum grooming potong juga kuku dari kucing. Karena kita tidak tahu bisa saja ketika kucing dimandikan melawan dan kuku yang panjang bisa melukai kamu.

 

4. Basuh Kucing Secara Perlahan

Seperti yang dikatakan tadi kucing sendiri memang tidak terlalu bersahabat dengan air. Bahkan bisa saja kucing sendiri bisa memberontak dan melawan ketika dimandikan.

Oleh karena itu pada saat memandikan kucing lakukan secara perlahan dan merata. Hal tersebut bisa membuat kucing merasa nyaman dan tidak terancam. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam memandikannya.

 

5. Setelah Selesai Mandi Pastikan Kucing Kering

Ketika selesai dimandikan pastikan bulu-bulu kucing kering. Gunakan lap dan handuk setelah itu keringkan kembali dengan menggunakan hairdryer.

Hal ini dilakukan untuk menghindari permukaan kulit kucing yang lembab.

Karena permukaan kulit kucing yang lembab bisa membuat kucing terkena penyakit kulit, seperti muncul jamur contohnya.

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan grooming pada kucing sendiri. Kamu bisa praktekan tips-tips diatas. Memang dalam melakukan grooming pada kucing kamu harus berhati-hati dan perlahan.

Tutorial lengkap: Cara memandikan kucing di rumah

Selain itu peralatan yang dibutuhkan juga banyak.

Untuk itu untuk kamu yang mungkin malas melakukan itu semua,  atau tidak ada waktu. Sekarang ini sudah banyak petshop yang menyediakan jasa grooming kucing.

Mungkin kamu bertanya “emang berapa harga grooming kucing?”, tenang di bawah ini merupakan daftar harga grooming kucing. Mungkin daftar harga berikut bisa menjadi referensi kamu yang ingin melakukan perawatan pada kucing kamu.

 

Daftar Harga Grooming Kucing

JenisKeteranganHarga
Grooming kucing universal sticky buddysisirRp. 33.000
Grooming kucing shampo anti jamurshampoRp. 65.000
Grooming kucing hand blowerpengering buluRp. 325.000
Grooming kucing unipetsisir kawatRp. 25.000
Grooming kucing nail trimmer cippergunting kukuRp. 26.000
Grooming kucing electric clipper kit setcukur buluRp. 300.000
Grooming kucing unipet bluesisir mandi kucingRp. 23.000
Grooming kucing seritsisir kutuRp. 65.000

Itu tadi merupakan daftar harga grooming kucing, harga tersebut bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan dari petshop atau tempat grooming kucing.

Intinya walaupun harga grooming kucing relatif mahal. Namun biaya tersebut tidak ada artinya apabila kamu melihat kucing kamu bersih, sehat, dan wangi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.