Kalung Kucing

Diposting pada

Kucing adalah salah satu binatang peliharaan lucu dan paling banyak disukai, khususnya oleh anak-anak. Selain memeliharanya, kita juga bisa mempercantik penampilan si kucing agar terlihat lebih lucu dan menggemaskan.

Yaitu dengan membuatkannya kalung kucing yang menarik, dan yang terpenting jika ia hilang anda bisa memiliki pembeda antara kucing milik anda dengan kucing lainnya.

Banyak orang yang memelihara kucing memakaikan kalung pada kucing kesayangannya, tujuannya hanya agar kucing tersebut terlihat lucu saja. Tetapi ada beberapa jenis kalung pada kucing yang kini banyak digunakan oleh para kucing peliharaan.

Selain kalung lonceng yang paling banyak digunakan, kini ada juga kalung nama pada kucing dan ada juga kalung anti kutu.

Bagi sebagian orang juga kalung untuk kucing ini bisa dianggap sebagai tali pengikat antara yang memelihara, dengan kucing peliharaannya.

Atau bisa juga sebagai sebuah tanda, jika ada kucing yang memakai kalung itu artinya kucing tersebut sudah ada yang memiliki. Banyak sekali kalung untuk kucing yang dijual di pasaran, khususnya di beberapa petshop.

 

Cara Membuat Kalung Kucing Sendiri

Gambar Kalung Kucing Buatan Sendiri
Gambar Kalung Kucing Buatan Sendiri

Ada banyak jenis kalung yang bisa anda pakaikan di leher kucing peliharaan anda, misalnya kalung dengan tag nama, kalung yang disertai dengan lonceng, dan ada juga kalung anti kutu khusus untuk para kucing yang berkutu.

Berbagai jenis kalung tersebut memang memberikan sensasi tersendiri, dan bisa anda pilihkan 1 jenis kalung yang menarik untuk kucing peliharaan anda.

Lalu bagaimana cara membuat kalung kucing sendiri?

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan. Misalnya membuat kalung untuk kucing yang sederhana yang dibuat dari bahan tali saja, tanpa tambahan elemen lonceng atau nama kucing itu sendiri.

Kalung sederhana tersebut cocok digunakan pada jenis kucing apa saja, selain itu anda bisa memilih bahan kalung yang lembut dan tidak membuat iritasi.

1. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu tali simpul berwarna warni.

2. Kemudian gunting tali itu sesuai dengan ukuran panjang leher si kucing, atau anda bisa menambahkan ukuran panjangnya sedikit untuk memperbesar ukuran kalungnya. Agar kalung tersebut bisa diperkecil atau diperbesar sesuai dengan ukuran leher kucing.

3. Lalu simpulkan tali tersebut, pastikan anda sudah menyimpulnya dengan kuat.

4. Jika anda ingin menambahkan lonceng, pasangkan lonceng kecil di tali tersebut dengan kaitannya yang ditempel di tali.

5. Kalung untuk kucing ini bisa anda gunakan juga untuk gelang di tangan atau kaki anda. Karena ukurannya dapat disesuaikan.

Kalung yang terbuat dari tali dengan tampilan yang sederhana tersebut bisa diperkecil dan diperbesar sesuai dengan ukuran leher kucing tersebut.

Jika anda tertarik untuk membuat kalung untuk kucing ini, anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena caranya pun  mudah dan tidak ribet karena terlalu banyak bahan.

 

Memilih Model Kalung kucing

1. Kalung kucing nama

Gambar Kalung Kucing Nama
Gambar Kalung Kucing Nama. via : etsy.com

Kalung untuk kucing dengan nama kini sedang trend di kalangan para pecinta kucing, banyak yang memasangkan kalung pada kucing peliharaan mereka lengkap dengan nama si kucing.

Agar orang yang melihat pun tahu bahwa kucing tersebut ada pemiliknya, dan si kucing sudah memiliki nama.

Ada pula yang sampai membuatnya dengan bahan yang biasa digunakan untuk membuat perhiasan manusia.

Kalung ini biasanya terbuat dari bahan monel yang anti karat, anti luntur, dan tentunya juga anti iritasi. Sehingga kalung tersebut aman digunakan oleh kucing, bahkan bisa juga digunakan oleh manusia.

Desainnya elegan, kualitasnya sangat baik, ditambah dengan harga yang terjangkau merupakan perpaduan yang sempurna.

 

2. Kalung untuk mengusir kutu

Gambar Kalung Anti Kutu Kucing
Gambar Kalung Anti Kutu Kucing. via : ebay.com

Biasanya penyakit pada kucing yaitu banyaknya kutu yang bersarang di tubuhnya dan dibalik bulu-bulunya.

Sehingga pemilik kucing akan melakukan segala cara untuk mengusir kutu tersebut dari tubuh kucing. Karena kutu tersebut bisa menimbulkan penyakit pada kucing, dan membuat bulunya menjadi rontok.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengusir kutu tersebut adalah dengan memasangkannya kalung anti kutu.

Jika kucing anda terkena banyak kutu, maka anda bisa coba memasangkan kalung untuknya. Yang fungsinya memang untuk mengusir kutu tersebut dari tubuhnya.

Spesifikasi kalung untuk anti kutu tersebut adalah :

  • Kalung ini tidak beracun

Kalung ini tidak menimbulkan alergi apapun dan tidak beracun sehingga aman digunakan oleh kucing.

Bahan yang digunakan untuk membuat kalun ini adalah bahan-bahan alami seperti misalnya salah satu sari tanaman yang baunya tidak disukai oleh kutu.

  • Jenis kalung yang waterproof

Jika kalung ini terkena air maka jangan khawatir wangi sari tanamannya akan hilang, karena kalung untuk mengusir kutu ini merupakan kalung yang waterproof.

Sehingga walaupun terkena air, kalung untuk kucing ini akan tetap efektif dalam mengusir kutu.

  • Cukup tahan lama

Aroma yang terdapat pada kalung tidak akan cepat hilang, dan bisa digunakan sampai beberapa bulan lamanya.

 

3. Kalung kucing disertai lonceng

Gambar Kalung Lonceng Kucing
Gambar Kalung Lonceng Kucing. via : https://crafts4cats.com

Kalung untuk kucing yang paling banyak digunakan oleh para kucing adalah kalung kucing lonceng.

Karena dengan memakai lonceng, maka bunyinya yang bergemerincing akan memudahkan kita saat mencari kucing tersebut. Misalnya jika ia sembunyi di salah satu tempat terpencil di dalam atau luar rumah.

Tali yang digunakan untuk kalung yang disertai lonceng ini beragam, anda bisa memilihnya sesuai dengan selera anda dan apakah cocok atau tidak dengan kucing peliharaan anda.

 

Harga Kalung Kucing Umumnya

Jika anda membuatnya sendiri, maka anda hanya perlu membeli bahan-bahannya saja tetapi jika anda ingin membeli kalung untuk kucing tersebut banyak juga dijual di pasaran.

Harga kalung kucingdengan tali sederhana tersebut biasanya harganya tidak sampai 20 ribu rupiah. Tetapi harga kalung tergantung pada jenis, ukuran, corak dan desainnya sehingga harga bisa berbeda-beda.

Gambar Gravatar
Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan pemilik blog kucing No. #1 di Indonesia. Kamu bisa follow aku di Instagram yugi_al

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.