Kucing British Shorthair

Sering liat video lucu kucing? Nah, kucing jenis yang satu ini sering loh muncul di video-video tersebut, namanya kucing british short hair.

Jenis kucing yang berasal dari Britania ini dikenal-kenal sebagai salah satu jenis ras kucing tertua dan secara garis keturunan masih memiliki garis keturunan dengan kucing Persia.

Bahkan beberapa sumber menyebutkan jika nenek moyang dari jenis kucing satu ini berhubungan erat dengan bangsa Romawi yang sebelumnya pernah menguasai negara Inggris.

Nah, ingin tau lebih lengkap tentang jenis kucing yang satu ini kan? Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Kucing British Shorthair

Sejarah Kucing British Shorthair

Ilmu sejarah menyebutkan setelah selesai penjajahan bangsa Romawi terhadap Inggris, sektor pertanian di negara Inggri mulai berkembang.

Dengan adanya perkembangan bagian sektor pertanian tersebut, maka dibutuhkan tikus yang dimanfaatkan untuk mengendalakukan laju pertumbuhan hama secara alami.

Untuk itu, dibutuhkan adanya kucing untuk menjaga beberapa hasil pertanian bangsa Romawi.

Pada waktu itu, kucing bukanlah salah satu binatang yang disayang. Sebaliknya, kucing pada waktu itu lebih dipelihara untuk bekerja dan harus mencari makan supaya bisa tetap tumbuh.

Dikarenakan kucing memang untuk mengendalikan tikus, kucing saat itu lebih banyak mengusir hama dan memiliki kontak yang sedikit dengan manusia.

Nah karena memang dibiarkan hidup liar begitu saja, maka  jumlahnya semakin banyak.

Di akhir tahun 1800 an para pecinta kucing di Negara Inggris mulai menyadari jika kucing British tersebut ternyata nampak indah serta memiliki kelakuan yang unik.

Tahun 1871 diadakan kontes pertama untuk kucing yang dilakukan di Crytas Palace, London. Pada kompetisi tersebut, kucing British mendapatkan penghargaan yang sangat banyak.

Ciri Ciri Kucing British Shorthair

Ciri Ciri Kucing British Shorthair
  • Memiliki bentuk tubuh yang cukup berat. Berat badannya bisa mencapai 4 sampai 10 kg.
  • Jika dilihat, bentuk postur tubuhnya snagat padat, cukup pendek, serta memiliki otot di bagian dada.
  • Kepalanya berbentuk bulat lengkap dengan pipi yang nampak sangat penuh. Bentuk muka ini menjadikan kucing semakin lucu serta menggemaskan.
  • Bentuk hidungnya sangat pesek dan memiliki lekukan yang cukup lebar serta lurus. Mengenai bagian dagunya berbentuk bulat.
  • Ukuran kucing British Shorthair jantan lebih besar dibandingkan dengan kucing British betina. Kucing jantan bisa memiliki berta badan sampai 10 kilogram. Sedangkan kucing betina hanya memiliki berat badan sampai 7 kilogram saja.

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Bisa dikatakan perawatan Kucing British Shorthair ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

1. Penanganan dokter hewan

Jenis kucing satu ini harus mendapatkan penanganan khusus dari dokter hewan. Dengan demikian sebagai pecinta kucing, Kamu harus teratur melakukan konsultasi.

2. Makanan

Terkait dengan pemberian makanan, perlu diperhatikan juga gizi yang diberikan.

Kucing imut satu ini terkenal sebagai hewan yang sangat malas bergerak. Untuk itu, jenis makanan yang akan diperhatikan juga perlu diperhatikan.

3. Perhatikan kesehatan mulut

Mengenai kesehatannya, Kamu harus memperhatikan kebersihan giginya. Kucing satu ini dikenal memiliki kecendurungan masalah pada bagian gusi serta peradangan.

Ketika Kamu menggosok giginya, silahkan Kamu berikan jenis odol khusus untuk kucing. Kucing satu ini sangat suka dengan odol yang memiliki rasa tuna.

Kemudian mengenai sikat giginya, Kamu bisa memberikan jenis sikat berbulu pendek. Jenis sikat ini lebih pas karena sesuai dengan struktur bentuk giginya.

4. Tempat BAB

Jangan lupa untuk memberikan tempat khusus BAB. Sama halnya dengan manusia, hewan juga butuh tempat privasi untuk BAB.

Sebagai pemilik, Kamu bisa memberikan wadah khusus lengkap dengan jenis pasir khusus sebagai tempat BAB.

Pastikan juga tempat BABnya jauh dari tempat makan serta tempat minum kucing kesayangan Kamu.

Nah, ada tips khusus ketika menebarkan pasir khusus kucing.

Ketika menebarkan pasir, disarankan untuk tidak memberikan lebih dari dua inchi. Pasalnya kucing akan merasa tidak nyaman ketika berada di tempat yang memiliki pasir berlebihan.


Makanan Kucing British Shorthair

Makanan Kucing British Shorthair

Jenis kucing satu ini dikenal sebagai jenis kucing yang mudah gemuk. Perlu untuk Kamu ketahui, terlalu gemuk bisa menyebabkan kesehatan kucing menjadi terganggu.

Akan tetapi, sebagian orang memang ada yang senang dengan ukuran tubuh yang gemuk. Namun, ukuran tubuh gemuk ini membuat kucing rentan terkena penyakit diabetes.

Mengenai jenis makanannya,

Kamu wajib memberikan makanan yang memenuhi jumlah protein serta lemak omega 3 & 6.

Protein dibutuhkan untuk membuat masa otot serta membuang lemak. Disisi lain, lemak omega 3 & 6 membuat bulu kucing menjadi tetap sehat.

Mengenai sumber makannanya, bisa diberikan ikan salmon, daging merag serta ikan tuna.

Akan tetapi, Kamu juga bisa memberikan jenis makanan instan, seperti:

  • Makanan kemasan Royal Canin British Shorthair yang memiliki kandungan berupa protein 35%, lemak omega 3 sebanyak 1,2% dan lemak omega 6 sebanyak 0,8%.
  • Proplan Adult yang memiliki kandungan lemak omega 3 kurang lebih 0,7 % serta lemak omega 6 sebanyak 6,1%.

Perkiraan Biaya Perawatan Kucing British Shorthair

Perkiraan Biaya Perawatan Kucing British Shorthair

Mengenai perkiraan biaya perawatannya kurang lebih Rp. 1.700.000, dimana terdiri dari beberapa biaya sebagai berikut:

  • Pasir gumpal 10 liter : Rp. 100.000
  • Kotak litter box : Rp. 85.000
  • Royal canin british shorthair 2 Kg : 300.000
  • Vaksinasi shampo : Rp. 450.000
  • 1 botol shampi : Rp. 56.000
  • Sterilisasi : Rp. 900.000
  • Konsultasi ke dokter hewan : Rp. 250.000

Biaya di atas hanya perkiraan saja, dan jangan lupa Kamu harus menyiapkan budget juga jika sewakti-waktu kucing tiba-tiba sakit.

Harga Kucing British Shorthair

Harga Kucing British Shorthair

Kucing jenis ini tegolong dalam jenis kucing kategori menengah hingga mahal. Harganya kurang lebih antara Rp. 4.000.000 sampai Rp. 5.000.000 itupun yang tanpa sertifikasi.

Kucing British Shorthair memang sangat lucu dan menggemaskan. Semoga uraian ini bisa bermanfaat untuk Kamu semua pecinta kucing. Jadi gimana? Minat untuk memelihara kucing yang satu ini?

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.