Kucing Kembang Telon

Bagi kamu yang berencana untuk memiliki kucing, maka kucing kembang telon bisa dijadikan pilihan. Kucing yang sebenarnya disebut kucing calicoini memang unik karena warna bulunya terdiri dari tiga warna.

Umumnya, mereka berwarna putih dengan corak kekuningan dan hitam. Di Indonesia, kucing ini terbilang cukup banyak jumlahnya dan dibiarkan liar di tempat umum.

Jika kamu penasaran tentang kucing ini, berikut adalah serba-serbi dan fakta unik kucing belang tiga warnayang mungkin saja kamu belum tahu!

 

Fakta Unik Kucing Kembang Telon

Gambar Kucing Kembang Telon Cantik
Gambar Kucing Kembang Telon Cantik. via : https://www.thesprucepets.com

1. Calico bukanlah ras

Nama calico yang disematkan pada kucing ini karena memiliki tiga warna pada bulunya, bukan nama ras tertentu.

Sehingga, calico bisa saja terjadi pada berbagai ras kucing, tipe bulu dan juga ukuran kecil hingga yang besar.

Untuk dianggap calico, maka seekor kucing harus memiliki tiga warna yang biasanya dominasi putih dengan bercak oranye kekuningan dan hitam.

 

2. Genetiknya misterius

Tahukah kamu bahwa kucing ini menjadi penelitian para ilmuwan karena gennya yang misterius?

Hal ini disebabkan, karena hampir semua kucing dengan tiga pola warna ini memiliki dua kromosom X alias betina.

Pada kucing, pembawa warna bulu adalah kromosom X. Ketika salah satu kromosom dinonatifkan, maka polanya random. Itu sebabnya, pola warna kucing ini tidak pernah sama.

Penelitian ini sudah ada sejak tahun 1940. Hingga sekarang, topik ini masih menjadi hal yang menarik.

 

3. Masa hidup

Kucing ini mampu hidup selama 12-16 tahun, tetapi itu semua tergantung dari pemiliknya sendiri. Jika dirawat dengan baik dan kondisinya selalu sehat, maka bisa jadi lebih panjang umurnya daripada 16 tahun.

 

4. Macam-macam pola warna

Kucing ini memiliki 3 macam pola warna, yaitu dilute (bercak halus), tortoiseshell dan tabby. Kucing yang dilute memiliki pola yang soft.

Pola tortoiseshell cenderung berbintik di wajah, dada dan kaki-kakinya. Sementara kucing tabby umumnya warna bergaris dengan bintik hitam.

 

5. Dominasi betina

Apakah Kucing Kembang Telon Semuanya Betina
Apakah Kucing Kembang Telon Kebanyakan betina? via: https://www.thehappycatsite.com

Sepeti yang dijelaskan di poin pertama, bahwa umumnya kucing ini adalah kucing belang telon betina. Kromosomnya yang memiliki susunan unik membuat 99.9% kucing ini jarang sekali ditemukan berjenis kelamin jantan.

 

6. Calico jantan pasti steril

Meski dominasi betina, bukan berarti kucing belang telon jantantidak ada. Pejantan yang lahir umumnya memiliki kelainan bernama sindrom Klinefelter, di mana status mereka adalah kucing steril alami.

Selain steril, mereka juga memiliki masalah kesehatan.

 

7. Kepribadiannya unik

Kucing ini memiliki kepribadian yang unik, yaitu sedikit lancang, keras kepala dan mandiri. Selain itu, mereka juga adalah tipe kucing yang pemberani dan agak temperamen.

Sehingga, bagi yang ingin memelihara kucing ini, jangan harap mereka menjadi anak penurut dan fluff seperti kucing ras lainnya.

 

8. Mitos yang berkembang

Salah satu mitos kucing belang telon adalah mereka dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Di Jepang, calico dideklarasikan sebagai simbol “untung”.

Sementara dalam tradisi orang-orang Irlandia, dalam folklore kucing ini dipercaya dapat menyembuhkan kelainan kulit yaitu melanoma.

 

9. Maneki Neko adalah calico

Pernahkah kamu mampir ke restoran Jepang atau yang pemiliknya orang Jepang? kamu biasanya akan melihat sebuah patung kucing berwarna kekuningan yang satu cakarnya naik ke atas.

Patung tersebut adalah Maneki Neko yang merupakan seekor calico karena dianggap pembawa kebenruntungan.

 

10. Tidak bisa dikawain silang sengaja

Jika kamu berencana menginginkan calico atau kucing kembang telon, kamu tidak bisa mengawinkannya secara sengaja. Karena, calico hanya akan lahir berdasarkan genetika kromosomnya.

Satu pemikiran pada “Kucing Kembang Telon

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.