Yugi - Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan pemilik blog kucing No. #1 di Indonesia.

Yugi

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenis  kucing yang banyak dipelihara oleh berbagai kalangan mulai dari artis dan bahkan bangsawan.

Kucing yang mempunyai badan besar ini memang mempunyai aura yang lucu serta menggemaskan, sehingga beberapa orang menyebutnya dengan kucing raksasa.

Ukuran berat badannya bisa mencapai belasan kilogram dan panjang bisa sampai 1,5 meter.

Lalu apakah hanya itu saja?

Supaya kamu mengetahui lebih lanjut mengenai kucing Maine Coon ini kami akan memberikan informasi mengenai kucing Maine Coon terlengkap

 

Sejarah Kucing Maine Coon

sejarah kucing maine coon
foto oleh @marigard

Asal-usul kucing Maine Coon ini belum diketahui secara pasti. Namun, yang pasti kucing jenis ini masih satu keluarga dengan ras kucing anggora dan Norwegian Forest.

Konon kucing ini merupakan hasil persilangan genetika antara kucing lokal dengan luar berbulu panjang. Selain itu juga masih keturunan kucing milik Ratu Perancis, Marie Antoinette dengan ciri fisik bulu yang sangat lebat.

Kucing tersebut konon dikirim ke Wiscasse, Maine saat pecahnya Revolusi Perancis sebelum akhirnya Marie melarikan diri. Seiring dengan berjalannya waktu, kucing jenis ini menyebar di beberapa negara di belahan dunia.

Seperti halnya pada tahun 1895 terdapat Maine Coon betina berwarna krem mengikuti dan memenangi kontes kucing di Madison Square Garden, New York.

Ada pula yang mengatakan bahwa Maine Coon dibawa berlayar oleh bangsa Viking menuju banua Amerika Utara, lebih khusus lagi Amerika Serikat. Hal itu terjadi sebelum adanya pelayaran yang dilakukan oleh Columbus.

Kemudian semakin banyak peternak dan pecinta kucing yang mulai mengembangkan kucing ras ini sejak tahun 1950. Hal itu kemudian mendorong peternak untuk membentuk organisasi khusus kucing ini.

Tepatnya pada tahun 1968 mereka membentuk Maine Coon Breeders and Fanciers Assocation, dimana tujuannya untuk memelihara serta mengembangbiakkan kucing ras Maine Coon.


 

Jenis Kucing Maine Coon

jenis kucing maine coon warna hitam
foto oleh @lepale

Selain ukurannya yang raksasa, kucing Maine Coon dikenal sebagai kucing rumahan yang sangat dekat dengan manusia. Karena itulah ia juga lebih mudah akrab serta berinteraksi dengan manusia, khususnya pemeliharanya.

Beberapa orang juga menganggap bahwa kucing ras ini lebih suka mencari perhatian dari manusia.

Meskipun demikian, ia tidak seperti kucing pada umumnya yang suka meloncat ke sana sini, terlebih di tempat tinggi.

Maine Coon justru takut dengan ketinggian, namun tidak takut air dan bahkan bisa berenang di perairan.

Selain itu, kucing ras ini ternyata mewarisi sifat polydactyl, dimana ia mempunyai enam jari setiap kaki. Bagi beberapa orang ciri khas tersebut bisa menjadi suatu hal yang unik dan menggemaskan.

Namun, sebagian cuek akan keunikan tersebut dan bahkan ada yang tidak menyukainya.


 

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

Berikut informasi lengkap mengenai ciri-ciri kucing maine coon beserta sifat kucingnya

1. Tubuh yang mudah beradaptasi

Kamu pasti tahu bukan bahwa di Amerika sana mempunyai iklim yang bisa dibilang ekstrim. Nah dengan iklim tersebut, semua anggota tubuh si kucing ini beradaptasi.

Bulu yang mengkilap, tebal dan bahkan anti air! Bulu di bagian leher, perut dan kaki yang tebal berfungsi untuk melindungi tubuh dari salju dan suhu dingin.

Ekor kucing ini juga panjang dan bulunya tebal, pasti ia akan merasa sangat hangat saat tidur dengan melingkarkan tubuhnya.

 

2. Tubuh yang besar dan panjang

Kucing ini cukup tinggi, berotot dan tulangnya besar. Pejantan Maine Coon umumnya punya berat badan kisaran 6 – 9 Kg dan panjang badan mencapai 1m, kemudian untuk betinanya biasanya lebih kecil dengan berat badan 4 – 6 Kg.

Spesialnya, dengan tambahan bulu musim dingin sekitar 7cm membuat Maine Coon ini terlihat lebih besar dan panjang bahkan pernah tercatat ada yang pernah mencapai panjang badan sekitar 121 cm (dihitung dari ujung kepala sampai ekor).

Seperti ras kucing besar lainnya meskipun mempunyai tubuh yang bisa dibilang besar dan panjang, pertumbuhan dan perkembangan kucing Maine Coon lambat lho. Ini dibuktikan dengan bentuk tubuh dewasa baru bisa dicapai pada umur 3 – 5 tahun.

Baca juga : Ciri-ciri Kucing Anggora yang Asli.

 

3. Bentuk kepala yang unik

Ciri fisik – Ciri fisik utama yang dimiliki kucing Maine Coon ini tedapat pada kepala, bentuk badan, tekstur bulu dan bulu di sekitar leher yang menyerupai singa. Lihat saja gambar di bawah ini :

Gambar Ciri Khas Kepala Kucing Maine Coon
Ciri khas kepala kucing Maine Coon. gambar : purrfectcatbreeds.com

Bagian kepala si kucing ini mempunyai telinga yang besar lalu lancip pada bagian ujungnnya dan diselimuti bulu lebat, kepalanya mempuyai ukuran yang sedang dan lebar, dahinya sedikit melengkung dengan tulang pipi yang menonjol.

Matanya juga lebar dan sedikit oval, bisa terlihat bulat ketika matanya terbuka lebar.

Hidungnya pun lebar dan sedikit melengkung pada bagian ujung dengan dagu yang tajam menambah ciri-ciri yang hanya dimiliki pada si kucing Maine Coon ini.

Kemudian pada bagian leher yang berukuran sedang dan sedikit melengkung namun kuat. Panjang kakinya sedang dengan tulang dan otot yang kuat.

Coba liat model kalung kucing yang cocok untuk si kucing ini.

 

4. Mata yang indah

Mata Kucing Maine Coon
mata kucing maine coon yang cantik. via : pinterest.com

Kucing maine coon memiliki mata yang indah lho. Bentuk matanya oval dan terlihat besar nan manis juga sangat cocok dengan hidungnya. Pokoknya klop banget deh.

 

5. Ekor yang terlihat seperti kemoceng

Bentuk Ekor Kucing Maine Coon Seperti Kemoceng
Bentuk ekor kucing Maine Coon seperti kemoceng. gambar : pinterest.com

Ekornya memanjang dan lebar pada bagian pangkal kemudian semakin menipis ke ujung dibalut dengan bulu yang lebat, ekornya juga ada yang mengatakan seperti kemoceng (alat pembersih debu).

 

6. Warna-warni kucingnya

Salah satu dari sekian banyak keunikan si kucing ini adalah punya banyak variasi warna. Seperti yang sudah dikutip dalam wikipedia indonesia,  pola warna kucing Maine Coon :

tabby klasik atau makarel (cokelat + abu-abu), merah (coklat kejinggaan + krem), solid (putih/hitam/biru/merah), tortoiseshell (hitam + biru), dan silver (perak-hitam/perak-biru/perak-merah/perak-krem).

Baca juga artikel Kucing tiga warna atau kucing kembang telon.


 

Sifat Kucing Maine Coon

foto anak kucing maine coon terbaru

Kucing Maine Coon merupakan kucing yang ramah dan bersahabat dengan manusia, semakin sering kamu belai kucing ini maka ikatan yang kamu jalin dengan si kucing akan semakin bagus dan ia akan lebih suka berada di sekitarmu.

Kucing ini bisa dibilang mandiri, walaupun ia dibesarkan di rumahmu namun ia akan cepat beradaptasi di alam liar bahkan ia suka bermain air lho.

Kucing yang punya ciri khas yang unik dibandingkan dengan kucing yang lain ini memang bagus, namun masih kurang populer dibandingkan dengan kucing persia.

Kemudian sifat yang ramah dengan pemilik, mandiri dan suka bermain air ini juga menjadi perhitungan sendiri untuk mempunyai kucing Maine Coon sebagai rekomendasi kucing peliharaan untukmu!


 

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Gambar Kucing Maine Coon yang Cantik
Kucing Maine Coon yang cantik. gambar : inspirationseek.com

Maine Coon tergolong kucing yang mempunyai bulu halus dan panjang. Karena itu kamu harus merawatnya dengan baik dan benar mulai dari penyisiran bulu, memandikan, hingga pemberian makan serta minum. Hal itu sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik luar maupun dalam bagi kucing itu sendiri. Berikut adalah cara perawatannya:

1. Mandikan kucing sekali dalam dua hari

Artikel utama : jadwal dan cara memandikan kucing

Maine Coon merupakan jenis kucing yang tidak begitu menyukai air. Karena itu kamu tidak harus memandikannya setiap hari dan cukup dua hari dengan shampoo khusus kucing.

Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko kutuan, mengingat kucing ini mempunyai bulu yang panjang.

 

2. Bantu keringkan dan sisir bulu kucing

Setelah memandikannya, segera bantu kucing mengeringkan bulunya serta sisir secara hati-hati agar tetap halus serta tampak indah kembali.

Tips menarik :

Cara Merawat Bulu Kucing

 

3. Beri makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi

Artikel utama : Harga Makanan Kucing yang Terbaik

kamu bisa memberinya makanan kaleng atau kering khusus hewan dengan catatan harus tetap mengandung nutrisi yang tinggi.

Secara umum Maine Coon juga membutuhkan makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, asam amino, dan mineral. Tentu saja takaran antara dewasa dengan anakan berbeda.

 

4. Jaga kebersihan kandang

Kandang kucing yang bersih juga akan meringankan kamu dalam perawatan lainnya, khususnya mandi. Sebab jika kandangkucing bersih tentu saja Maine Coon juga akan lebih nyaman dan badan tidak terlalu kotor. Selain itu juga tidak mudah terserang penyakit.


 

Harga Kucing Maine Coon

harga anakan kucing maine coon
foto oleh @Platus

Sebagai kucing populer dan berkelas tentu saja Maine Coon dibanderol dengan harga yang relatif mahal dan berkelas pula. Selain itu juga bervariatif sesuai dengan bentuk, ukuran serta usia, dan jenisnya yaitu mulai dari 7 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Harga yang demikian belum termasuk harga vaksin kucing dan lain sebagainya.

Tapi harga yang mahal biasanya keturunan yang belum campuran dan ada sertifikasinya

Kenyataanya kamu bisa memiliki kucing maine coon meskipun yang sudah berdarah campuran. Dan banyak ditemui di indonesia kok.

Jadi bagi kamu pecinta kucing hias atau populer tidak ada salahnya untuk mencoba memelihara Maine Coon, sebab perawatannya yang relatif mudah. Hanya saja harganya yang terbilang tinggi dan berkelas sesuai dengan ukurannya.

Kucing Savannah

Arli Fauzi
2 min read

Kucing Birman

Arli Fauzi
2 min read

Kucing Russian Blue

Arli Fauzi
3 min read

21 Replies to “Kucing Maine Coon”

  1. Bagus sekali, tks infonya, sy hobby kucing, dan suka kucing besar spt main coon atau norwegian forest, tks Telah berbagai info

    1. Sangat cocok,karena saya sudah memeliharanya selama 3 tahun.kucingnya bisa dilatih,kucingnya sepertinya mengerti apa yang kita omongin.soalnya kiki(nama kucing saya)seperti itu,dan sangat aktif

  2. Saya mau tanya nih mba/ gan. Kira2 kucing saya ini jenis kucing apa ya ? Maine coon apa ga ? Saya mau upload fto nya dmn ?

  3. Wah saya baru tau klo kucing yg saya piara ternyata jenis maine coon. Saya pikir persia
    Makasih artikel’y ya min

  4. Gw punya kucing maine coon dirumah umurnya 1,5 tahun padahal keluargakeluarga gw sederhana dan terlalu kaya.Gw punya kucing maine coon karena gw nemu dijalan dari pada gak diurus mending gw rawat aja kalau udah 2,5 tahun gw pengen jual tapi gw harus bilang keayah & Ibu Gw

  5. kucing maine coon gua baru beli kemarin udh lgsg ilang, kira kira kalo sembunyi dimana ya?

  6. Saya mau nanya ini kucing saya ini apah kucing mainee coon atau kucing parsi ya boleh gak saya kirim foto ya

  7. Lucu nya kucing mainecoon kalo lagi hujan denger gelap.wahh pasti ngumpet dikolong kasur w .kalo udah ga ada gledeg baru kluar lagi..haha ternyata punya takut juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.