Kucing Muntah Kuning

Binatang peliharaan yang keracunan menjadi masalah yang serius, apalagi untuk kamu yang memelihara kucing. Kucing merupakan binatang yang bisa dibilang sangat mudah keracunan, hal itu dikarenakan kebiasaan kucing yang mengkonsumsi makanan secara sembarangan, atau bisa juga karena lingkungannya yang tidak sehat.

Banyak tanda-tanda yang terlihat ketika kucing kamu mengalami gejala keracunan. Mulai dari diare, sering buang air kecil, muntah dan juga tanda-tanda keracunan lain. Namun, yang paling jelas terlihat adalah kucing muntah.

kucing muntah kuning
Gambar Kucing Muntah Kuning, via : dogshowpictures

Ketika kucing kamu muntah, kamu tidak bisa menyepelekannya begitu saja. Karena bisa saja kucing kamu keracunan. Utamanya ketika kucing kamu muntah disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh kucing.

Untuk itu apabila kucing kamu muntasuh kamu tidak perlu panik. Pertama selidiki dahulu kenapa kucing kamu bisa muntah, selidiki apa saja barang atau benda berinteraksi langsung dengan kucing entah itu makanan, minuman, ataupun benda lainnya.

Ketika kucing muntah kamu juga perlu memperhatikan warna muntahan kucing tersebut. Karena bisa saja beda warna, beda penyebabnya. Namun, yang paling sering terjadi dan meresahkan adalah kucing muntah kuning

Untuk di artikel ini akan dibahas tentang kucing yang muntah kuning. Tentang cara mengobati kucing muntah kuning, gejala, dan lain sebagainya.

Namun, sebelum kamu tahu bagaimana cara mengobati kucing muntah kuning, kamu perlu tahu kenapa kucing bisa muntah kuning, intinya kamu perlu tahu penyebabnya dahulu.

 

Penyebab Kucing Muntah Kuning

1. Virus Panleukopina

Seperti kebanyakan penyakit yang terjadi pada kucing, virus menjadi salah satu penyebabnya. Termasuk juga untuk penyakit kucing muntah kuning. Virus Panleukopina merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan untuk kucing.

Penyakit ini disebabkan karena infeksi feline parvovirus yang menyebabkan keradangan atau gangguan pada saluran pencernaan.

Nah itulah yang menyebabkan kucing muntah dan berwarna kuning.

Namun kamu jangan menyepelekan virus ini. Karena virus Panleukopenia ini menjadi salah satu penyebab kematian kucing tertinggi. Selain itu virus Panleukopenia juga menular, sehingga berbahaya untuk kucing lain.

Apalagi untuk kamu yang memelihara lebih dari 1 kucing.

 

2. Makanan

Walaupun makanan menjadi kebutuhan wajib kucing.

Namun, kamu perlu memperhatikan apa saja yang kucing makan. Karena makanan kucing yang salah bisa menyebabkan kucing menjadi sakit, salah satunya adalah kucing muntah kuning.

kucing makan
Gambar Kucing Makan: via : wawashahab

Tidak hanya jenis makanan yang dimakan kucing. Porsi atau takaran makanan yang diberikan pada kucing juga berpengaruh pada kesehatan kucing dan bisa menyebabkan kucing muntah kuning.

Jadi kamu jangan senang apabila kucing kamu banyak makan, karena jika makanan yang dikonsumsi kucing terlalu banyak bukan tidak mungkin kucing kamu juga bisa muntah.

Terkait ini :

 

3. Kucing Hamil

Kucing yang hamil memang memerlukan perhatian lebih. Terkadang ada tanda-tanda yang sebenarnya wajar terjadi, namun kita bisa menganggap itu sebuah penyakit untuk kucing.

Ketika kucing kamu hamil, dan salah satu tanda kucing hamil ialah muntah dengan warna kuning kamu tidak perlu panik.

Karena bisa saja karena hormon esterogen yang ada pada lambung kucing meningkat pada saat kucing hamil. Hal itu lah yang menyebabkan kucing bisa muntah.

 

4. Keracunan

Nah, penyebab yang satu ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Keracunan sendiri bisa terjadi karena makanan, udara, atau faktor lingkungan lainnya.

Untuk kucing keracunan makanan sendiri juga bisa disebabkan karena, mungkin kucing kamu lapar, namun tidak ada makanan, sehingga kucing kamu makan se enaknya sendiri. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab kucing keracunan yang umum terjadi.

Nah, itu tadi merupakan beberapa penyebab kucing muntah kuning. Setelah tahu penyebabnya, kamu pasti penasaran, bagaimana sih cara mengobatinya ?

Di bawah ini ada beberapa cara mengobati kucing muntah kuning.

 

Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning

1. Cari Penyebabnya dan Jauhkan dari Kucing

Sebelum kamu mengobatinya, ada baiknya cari penyebab kenapa kucing kamu bisa muntah kuning. Baik itu benda yang didekatnya, maupun makanan yang dikonsumsinya.

Setelah kamu tahu penyebab kucing kamu muntah, kamu harus menjauhkan benda-benda tersebut dari kucing kamu. Dengan begitu kamu bisa fokus mengobati kucing kamu.

 

2. Gunakan Oralit

Apabila kucing kamu sudah terlanjur muntah, kamu bisa gunakan oralit. Karena kucing yang muntah biasanya sering minum, hal tersebut karena respon atau pertahanan dari tubuh kucing. Nah untuk itu kamu bisa gunakan oralit, oralit ini bisa berguna untuk mencegah kucing kamu dehidrasi.

Lalu dimana kamu bisa mendapatkan oralit ?

Oralit sendiri bisa kamu dapatkan di petshop. Namun, jika di petshop tidak ada kamu bisa membuatnya sendir dengan bahan-bahan yang ada disekitar kamu.

Cara membuat oralit sendiri kamu bisa menggunakan gula, garam, dan air hangat. Campurkan gula dan garam dengan perbandingan 2:1, setelah itu larutkan menggunakan air hangat.

Untuk memberikannya kamu bisa menggunakan spet ukuran 1 ml, untuk pemberiannya sekali pemberian oralit bisa diberikan sekitar 2 ml.

 

3. Jangan Beri Kucing Makan atau Minum

Tidak memberi makan atau minum pada kucing selama 12 jam bisa menjadi cara untuk mengetes apakan kucing kamu sudah sembuh atau belum.

Apabila kucing kamu tidak diberi makan dan minum selama 12 jam dan kucing kamu mengeong terus berati itu bisa menjadi tanda bahwa kucing kamu sembuh.

 

4. Bawa Kucing ke Dokter

kucing di dokter
Gambar kucing di dokter, via : petlogue

Nah, apabila semua penanganan pertama di atas tidak ada yang berhasil. Cara terakhir adalah dengan membawa kucing kamu ke dokter. Karena bisa saja kucing kamu terkena penyakit yang serius.

Dengan membawa ke dokter maka dokter bisa memberikan solusi perawatan seperti apa yang bisa membuat kucing kamu sembuh.

Nah, itu tadi merupakan beberapa cara mengobati kucing muntah kuning. Intinya adalah kamu selalu perhatikan semua benda yang dekat dengan kucing. Kontrol juga makanan yang masuk ke tubuh kucing, karena makanan menjadi salah satu penyebab kucing muntah kuning.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.