Kucing Scottish Fold

Kucing scottish fold adalah jenis kucing domestik yang ukurannya sedang dan memiliki bentuk wajah yang sangat bulat. Jenis kucing ini mendapatkan namanya dari negara asalnya, arti kata fold yaitu terlipat, dilihat dari ciri fisik kucing ini yang memiliki bentuk telinga yang terlipat ke dalam.

Socttish fold ini berasal dari negara Skotlandia dan memiliki kucing scottish tersebut adalah impian para pecinta kucing, karena kucing ini sangat lucu apalagi dengan bentuk wajahnya yang sangat bulat.

Keunikan pada bentuk wajah dan tubuhnya akan mengingatkan kita pada beruang atau burung hantu.

Kucing scottish tersebut memang sangat menggemaskan, tak heran jika banyak orang yang ingin memelihara kucing ras tersebut.

 

Sejarah Kucing Scottish Fold

Gambar Kucing Scottish Fold Lucu
Gambar Kucing Scottish Fold Lucu. via : catpedia.net

Sejarah kucing scottish fold diawali dengan seekor kucing jenis socttish yang bernama Susie, kucing ini bulunya berwarna putih dan memiliki bentuk telinga yang terlipat.

Pada tahun 1961 silam Susie ditemukan di pertanian Perthshire Skotlandia. Saat ditemukan kucing bernama Susie tersebut sedang hamil, yang kemudian melahirkan anak-anak yang lucu dengan bentuk telinga terlipat.

Setelah itu salah satu anak Susie diadopsi oleh seseorang yang bernama Mary, yang merupakan tetangga si petani pemilik Susie.

Pada awalnya kucing ras ini disebut dengan Floopy ears, tetapi di tahun 1966 namanya berubah menjadi scottish fold. Masih di tahun 1966 Mary dan suaminya mendaftarkan scottish fold ke Governing Council Of The Cat Fancy (GCCF).

Mary dan suaminya tersebut mencoba mengembangkbiakkan kucing scottish dengan bantuan seorang ahli genetik.

Kemudian lahirlah 76 ekor kucing ras scottish di mana 42 ekor diantaranya memiliki bentuk telinga yang melipat.

Sedangkan sisanya memiliki bentuk telinga yang meruncing, dengan demikian terbukti bahwa kucing scottish tersebut memiliki dominan gen telinga berlipat.

Tetapi sayangnya di tahun 1971 GCCF menghapus kucing ras scottish dari daftar, dengan alasan kucing ini belum memiliki gen yang stabil.

Kemudian kucing scottish diekspor ke Amerika Serikat untuk dikembangbiakan lebih lanjut di sana. Kucing ini disilangkan dengan kucing ras bulu pendek sehingga ia memiliki gen yang stabil.

 

Ciri-ciri Kucing Scottish Fold

1. Mulai dari kepalanya

Bentuk Kepala si Kucing Scottish Fold
Bentuk Kepala si Kucing Scottish Fold. via : pixabay

Untuk mengenali kucing scottish fold ini cukup mudah. Bentuk kepala kucing ini bulat lucu, dan telinganya terlipat ke bawah. Jadi makin bunder. Pipinya bisa terbilang kokoh.

Kalau ngomongin matanya, cukup menarik. Kalau kita lihat matanya terbuka lebar dan besar.

 

2. Leher pendek

Coba kamu perhatikan gambar pada nomer 1, terlihat kalau ciri-ciri kucing scottish fold yang asli ialah memiliki leher yang pendek.

 

3. Bulu kucing scottish fold

Pola dan Warna Bulu Kucing Scottish Fold Secara Umum
Pola dan Warna Bulu Kucing Scottish Fold Secara Umum. via : https://www.pets4homes.co.uk/

Tergantung jenisnya. Ada kucing scottish fold bulunya sedang dan tidak lebat banget. Cukup untuk menutupi tubuhnya. Tapi tetap aja ada yang punya bulu panjang.

Warna pada bulu kucing scottish fold seperti :

  • Hitam
  • Putih
  • Coklat
  • Cameo
  • Krem
  • Biru

Untuk pola warna, bisa :

  • Tabby
  • Tricolor
  • Bicolor
  • Smoke
  • Shaded
  • Solid
  • Spots

 

4. Bentuk ekor

Standar untuk kucing scottish fold ini ialah memiliki ekor dengan bulu yang sedang atau bisa panjang yang menyesuaikan dengan bulu tubuhnya.

 

5. Bentuk badan

Bentuk Kucing Scottish Fold yang Bulat
Bentuk Kucing Scottish Fold yang Bulat. via : vetstreet.com

Badan berukuran sedang dan kalau kita lihat-lihat terlihat bulat ya. Umumnya untuk pejantan kucing scottish fold beratnya 4-6 kg. Untuk betina, beratnya 2.7-4 kg.

Kaki dari kucing ini biasanya berukuran sedang atau pendek.

 

Sifat Kucing Scottish Fold

1. Penyayang

Salah satu sifat scottish fold yang menonjol adalah sifat penyayangnya, ia juga termasuk kucing yang bersahabat, perhatian, dan tentunya sangat menyayangi pemiliknya.

Ia sangat suka jika diberi perhatian dan kasih sayang oleh pemiliknya,  jika anda memberi perhatian dan kasih sayang pada scottish peliharaan anda maka ia akan membalasnya 2 kali lipat.

 

2. Mudah bergaul

Kucing scottish juga adalah jenis kucing yang tidak masalah jika ia harus hidup dengan jenis kucing lainnya di tempat yang sama.

Misalnya anda memelihara kucing ras scottish sekaligus dengan jenis ras lainnya, maka anda tak khawatir ia akan cemburu pada kucing lainnya yang juga hidup di rumah yang sama.

 

3. Aktif

Kucing scottish sangat suka bermain di luar ruangan, ia juga tidak suka jika harus mendekam terus di dalam ruangan.

Kucing ras yang satu ini merupakan jenis kucing yang aktif, dan sangat suka bergerak. Jika ia bermain di luar ruangan maka ia bisa lebih bebas bergerak ke sana kemari.

 

4. Pintar

Kucing scottish dianggap sebagai kucing yang memiliki intelegensi tinggi dibanding dengan jenis kucing ras lainnya.

 

Keunikan Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold Punya Banyak Keunikan
Kucing Scottish Fold Punya Banyak Keunikan. via : https://besthqwallpapers.com/

Lalu bagaimana dengan karakteristik kucing scottish fold tersebut, karakteristiknya diantara adalah sebagai berikut :

1. Ia memiliki temperamen yang ramah dan tenang dan juga bisa beradaptasi dengan jenis kucing lainnya di dalam suatu rumah.

2. Scottish juga termasuk kucing yang cerdas dan senang jika diajak bermain, kucing scottish dewasa senang berada di luar rumah dan lebih senang bermain di luar rumah dibandingkan di luar rumah.

3. Scottish sangat tidak suka dengan kesepian, jika ia berada di tempat yang sepi maka ia akan tertekan dan stress.

4. Ciri khusus dari socttish fold ini adalah tidur dengan posisi telentang, sedangkan keunikannya adalah suara mengeongnya yang sangat lemah lembut.

5. Vokal dan bunyi dengkurannya saat tidur pun berbeda dengan kucing lainnya.

6. Tingkah laku socttish fold yang umum terjadi adalah ia sangat sering duduk dengan bagian kaki belakangnya telentang, sedangkan bagian kaki depannya berada di perut mereka. Posisi ini sering disebut dengan posisi budha.

 

Harga Kucing Scottish Fold

Harga kucing scottish fold ini terbilang sangat mahal, walaupun harganya cukup bervariasi dan tidak ada harga pasti pada seekor binatang.

Tetapi harga rata-rata kucing yang masih berusia 3 bulanan harganya bisa mencapai 3 sampai 6 juta rupiah.

Sedangkan bagi kucing scottish dewasa biasanya harganya lebih mahal lagi yaitu sekitar 6 sampai 9 juta rupiah.

Harga tersebut tetapi dipengaruhi oleh kondisi dari kucing itu sendiri, semakin baik kondisinya apalagi jika penampilannya lucu dan menggemaskan maka harganya pun akan semakin mahal.

Kondisi lainnya pada kucing ras ini bisa dilihat dari vaksinasi, sertifikat dan lain sebagainya. Karena mengadopsi kucing scottish ini juga memerlukan sertifikat.

 

Cara Merawat Kucing Scottish Fold

Perawatan Kucing Scottish Fold tidak Ribet
Perawatan Kucing Scottish Fold tidak Ribet. via : lacarmina.com

Kucing scottish adalah kucing yang unik dan berbeda dengan kucing lainnya, dengan ciri fisik yang lebih lucu dan menggemaskan membuat kucing ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Sehingga anda juga harus pintar bagaimana cara merawat kucing scottish foldtersebut, jangan sampai sembarangan dalam memberi pakan dan perawatan tubuhnya.

1. Memberinya kasih sayang

Memelihara seekor kucing ras bukan diberi makan dan minum saja, tetapi kucing ras juga harus diberi kasih sayang.

Apalagi kucing scottish merupakan jenis kucing yang memiliki sifat penyayang, sehingga anda pun harus memberinya perhatian dan kasih sayang berlebih.

 

2. Memberi makanan dan minuman yang sesuai

Pastikan anda sudah memberi kucing scottish foldini makanan dan minuman yang sesuai dengan usianya. Ada banyak jenis makanan kecil khusus untuk anak kucing dan kucing dewasa.

 

3. Melakukan grooming dan vaksin

Penampilan kucing yang lucu harus diseimbangkan dengan perawatan groomingnya agar bulunya tetap terawat, dan pemberian vaksin agar ia selalu sehat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.