Kucing Sphynx

Sebagian besar orang ketika akan membeli kucing untuk dipelihara, yang pertama di perhatikan adalah bulunya. Bagaimana kondisi bulu kucing, bagaimana pola bulu kucing, dan juga lain sebagainya. Tapi bagaimana jika ada kucing yang tanpa bulu?  Mungkin sebagian besar orang menganggap kucing tanpa bulu merupakan kucing yang sedang sakit, atau kucing yang bulunya habis dicukur.

Gambar Kucing Sphynx
Gambar Kucing Sphynx : tuttosuigatti

Namun, ternyata memang ada jenis kucing yang tanpa bulu, kucing tersebut adalah kucing Sphynx. Kondisi kucing sphynx yang tanpa bulu menjadi keunikan sendiri dari kucing sphynx.

Walaupun kucing tanpa bulu terlihat menggelikan, namun ternyata banyak juga orang yang memelihara kucing sphynx ini.

 

Sejarah Kucing Sphynx

Perlu diketahui kucing sphynx sendiri berasal dari kucing Kanada yang melahirkan kucing tanpa bulu yang disebabkan oleh mutasi genetik.

Dari situlah mulai dikembangkan kucing tanpa bulu, dan ras pertama kucing tanpa bulu diberi nama Canadian Hairless. Ras tersebut sempat punah saat CFA memberikan pernyataan bahwa kucing tanpa bulu merupakan hal yang tidak normal.

Hal tersebut lah yang membuat pengembangan kucing tanpa bulu ini dihentikan. Kemudian lahir lah kembali kucing tanpa bulu yang berasal dari kucing domestik dan kelahiran tersebut terjadi di Minnestona Amerika Serikat.

Selanjutnya breeder yang bernama Georgina Gattenby bereksperimen dengan mengawinkan kucing tanpa bulu tersebut dengan ras kucing Devon Rex. Hasil perkawinan silang tersebut diberi nama sphynx. Yang akhirnya sekarang kucing tersebut juga diberi nama sphynx

Kucing sphynx sendiri juga memiliki ciri fisik yang sangat menonjol. Lalu apa saja ciri fisik dari kucing sphynx?

 

Ciri Fisik Kucing Sphynx Yang Perlu Kamu Ketahui

Karena merupakan jenis kucing tanpa bulu. Tentunya ciri fisik yang paling menonjol dari kucing sphynx adalah bulunya sangat pendek bahkan saking pendeknya sampai terlihat tidak memiliki bulu.

Ciri fisik lainnya adalah terlihat dari telinga kucing sphynx yang lebar, dan lebih panjang dibandingkan kucing pada umumnya. Kucing sphynx juga memiliki mata yang lebar.

Kepala kucing sphynx juga lebar. Untuk tubuh sendiri kucing sphynx sendiri berukuran sedang, dan tegap, dan terlihat bulat pada bagian perutnya.

Nah, itu tadi merupakan beberapa ciri fisik dari kucing sphynx. Dan kucing sphynx sendiri juga memiliki beberapa sifat atau karakter yang sedikit berbeda dengan kucing pada umumnya.

 

Karakter dari Kucing Sphynx

Pada umumnya kucing sendiri merupakan hewam peliharaan yang pemalas, namun berbeda dengan kucing sphynx. Kucing sphynx memiliki sifat yang aktif dan cenderung tidak mau diam.

Sifat aktifnya akan semakin menjadi-jadi apabila bertemu orang baru. Oleh karena itu awasi kucing sphynx peliharaanmu, hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kucing sphynx.

Nah, disarankan kamu menyediakan tempat khusus untuk kucing sphynx kamu. Tujuannya agar ketika kamu tidak bisa mengawasinya, kucing sphynx mu tetap aman.

Walaupun masuk kedalam jenis kucing yang aktif, ternyata kucing sphynx juga memiliki kemungkinan sakit seperti kucing pada umumnya. Di bawah ini merupakan kondisi kesehatan dari kucing sphynx.

 

Masalah Kesehatan Kucing Sphynx

Kucing sphynx sendiri memiliki umur atau harapan hidup sekitar 8-14 tahun. Walaupun kucing ini masuk kedalam ras kucing yang sehat dan aktif. Namun, tetap ada saja penyakit yang mudah menyerangnya, hal tersebut karena kondisi dari kucing sphynx yang tidak memiliki bulu.

Gambar Anak Kucing Sphynx
Gambar Anak Kucing Sphynx, via : twitter

Biasanya masalah kesehatan muncul pada anak kucing sphynx, daya tahan tubuh anak kucing sphynx yang belum kuat, ditambah dengan tidak adanya bulu pada kucing sphynx membuat anak kucing sphynx mudah kedinginan dan juga mudah terserang infeksi saluran pernafasan.

Diare juga menjadi penyakit yang sering terjadi pada kucing sphynx, hal tersebut karena asupan makan yang masuk ke tubuh kucing tidak sesuai, sehingga tubuh kucing tidak bisa menerima dan akhirnya terseranglah diare.

Salah satu contoh hal yang menyebabkan penyakit diare adalah pemberian obat-obatan, pemberian makanan yang proteinnya di bawah 80%, selain itu pengadopsian oleh pemilik baru juga menyebabkan kucing sphynx diare.

Nah, itu tadi merupakan kondisi kesehatan dari kucing sphynx, namun penyakit-penyakit diatasi bisa di cegah apabila kamu melakukan perawatan yang benar pada kucing sphynx.

 

Cara Merawat Kucing Sphynx

1. Rutin Lakukan Grooming

Karena kucing sphynx merupakan spesies kucing tanpa bulu. Maka perawatannya berbeda dengan kucing peliharaan pada umumnya. Untuk kucing sphynx kamu harus rutin melakukan grooming.

Kenapa harus rutin melakukan grooming? Karena tidak adanya bulu pada tubuh kucing sphynx membuat kucing sphynx akan mudah kotor dan jika kotor maka kulit dari kucing sphynx tidak bisa menyerap dengan baik minyak, air liur, dan keringat.

 

2. Gunakan Shampoo Mengandung Pelembab

Untuk membersihkannya kamu bisa gunakan shampoo bayi, atau shampoo yang mengandung pelembab untuk memandikan kucing sphynx.

Kucing Sphynx Mandi
Kucing Sphynx Mandi, via : petlogue

Pada saat memandikannya lakukan dengan lembut. Gosok juga dengan lembut bagian bagian yang berkerut untuk memastikan bahwa kotoran yang ada pada kucing sphynx hilang.

 

3. Sikat Gigi dan Potong Kuku

Jangan lupa juga potong kuku dan sikat gigi kucing sphynx kamu. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kuman yang hinggap pada kuku dan gigi kucing.

Selain itu memotong kuku kucing juga untuk menghindari kucing kamu melukai dirinya sendiri

Nah, itu tadi merupakan beberapa tips merawat kucing sphynx. Intinya merawat kucing sphynx membutuhkan keseriusan dan komitmen. Tentunya agar usia dari kucing sphynx panjang dan tidak mudah sakit

Selain itu harga kucing sphynx yang relatif mahal menjadi salah satu penyebab mengapa kamu harus serius dalam memelihara kucing sphynx. Lalu semahal apa sih kucing sphynx ini ? berapa harga kucing sphynx ini?

Di bawah ini merupakan daftar harga kucing sphynx yang bisa jadi bahan referensi kamu yang ingin memelihara kucing sphynx.

 

Daftar Harga Kucing Sphynx Terbaru

Jenis KucingUsiaHarga
Kucing Sphynx Tipe Jantan Nonped3 TahunRp 6.000.000
Kucing Sphynx Tipe Pejantan6 BulanRp 4.000.000
Kucing Sphynx Tipe Kitten2 BulanRp 1.800.000
Kucing Sphynx Ras Asli2 TahunRp 20.000.000
Kucing Sphynx Tipe Anakan Murah3 BulanRp 3.000.000
Kucing Sphynx Dewasa3 TahunRp 25.000.000
Kucing Sphynx Asli1 TahunRp 10.000.000

Nah, itu tadi merupakan daftar harga kucing sphynx di Indonesia. Intinya untuk kamu yang berminat memelihara kucing sphynx. Kamu harus benar benar ber komitmen. Karena sia-sia apabila kamu tidak memelihara dengan sungguh-sungguh, karena memang harga kucing sphynx relatif mahal.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.