Makanan Kucing Anggora

Kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing rumahan yang banyak dipelihara manusia. Bulunya yang panjang, ekornya yang mengembang, dan wajahnya yang imut menggemaskan banyak membuat orang memilihnya menjadi hewan kesayangan.

Merawat kucing jenis ini gampang-gampang susah. Kita harus menyediakan waktu mengurusnya mulai dari menyediakan kandang, kasih sayang, juga makanan kucing anggora.

Tahukah kamu makanan kucing seperti apa yang baik untuk kucing ini? Memilih makanan yang sehat dan bergizi dapat berpengaruh pada kelincahan, keindahan bulu dan juga kesehatan matanya.

Makanan adalah hal terpenting yang perlu di perhatikan jika kamu merawat binatang.

Nah, jika kucing anggoramu lincah, riang dan energik pasti betah dong bermain berlama-lama dengannya.

 

Makanan kucing anggora berdasarkan umur

Kucing Anggora Makan Bareng
Kucing Anggora Makan Bareng. via : https://www.videoblocks.com

Kucing anggora yang masih tergolong anak-anak dan kucing anggora dewasa  memiliki kebutuhan kalori berbeda. Bayi kucing yang baru berumur 0-4 minggu masih ASI eksklusif dari induknya.

Di usia 3-4 minggu baru boleh anak kucing mendapat asupan makanan. Namun, jenis makanan yang harus dikonsumsinya bukanlah makanan kering. Sebab, organ pencernaannya masih belum mampu mencerna makanan kering.

Kucing bisa dikatakan dewasa ketika dia mulai menginjak umur satu tahun. Nah, untuk usia dewasa kucing jelas bisa di beri makanan basah atau pun kering.

Kebutuhan kalori kucing dewasa lebih banyak dibanding kucing yang masih anak-anak. Kebutuhan kalori kucing idealnya adalah 4% dari berat badannya.

 

Merk makanan kucing anggora

Harga Makanan Kucing Merk Meo
salah satu makanan kucing yang terkenal, makanan kucing merk meo

Di pasaran ada banyak jenis makanan kucing anggora yang dapat kamu beli. Cukup mudah pula untuk mendapatkannya, baik itu di toko online, pet shop, supermarket, dan sebagainya.

Kamu harus memastikan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi baik untuk kucing anggora dengan melihat kemasan.

Pastikan kemasan tidak rusak untuk menjamin kelayakan komsumsi produk untuk kucing kita.

Dibawah ini adalah beberapa merk makanan kucing yang beredar di pasaran:

  • Royal canin
  • Pro plan
  • Whiskas
  • Me-O
  • Friskies
  • Bolt
  • Max
  • Me-o

Itu adalah beberapa merk makanan kucing anggora yang ada di pasaran. Harga yang di tawarkan setiap merek pun berbeda.

Kualitasnya pun berbeda. Royal canin menempati posisi paling atas makanan kucing yang rekomended dari dokter hewan karena kelengkapan nutrisinya.

Dari ke tujuh merek tersebut, tidak semua kucing cocok mengkonsumsinya. Ada beberapa yang tidak doyan, mengalami kerontokan bulu, menjadi agak mencret dan sebagainya.

Untuk mengetahui cocok tidaknya makanan tersebut dengan kucingmu bisa memperhatikan kotorannya. Jika lembek seperti diare, sebaiknya hentikan konsumsinya.

 

Cara memberi makan kucing anggora

Foto Memberi Makan Kucing Anggora Memakai Sumpit
Foto Memberi Makan Kucing Anggora Memakai Sumpit. via : youtube borgesogato

Jika berat badan kucing anggoramu adalah 7 kg, maka kebutuhan perhari kalorinya yaitu 4% x 7 Kg = 280 gr. Nah, kamu dapat membaginya dengan memberi porsi makanan selama satu hari.

Untuk mengetahui kandungan kalori dalam makanan kucing tersebut, kamu dapat melihatnya pada kemasan makanan kucing yang kamu beli.

Makanan kucing yang baik untuk dikonsumsi hewan imut itu sebaiknya mengandung protein, vitamin dan asam amino.

Kamu bisa memberi makan kucing 2-3 kali sehari. Kucing dewasa pasti sudah paham jadwal mereka untuk makan, jadi jangan sampai kucingmu mengalami kelaparan.

Sediakan makanan secara teratur. Sediakan pula minuman baginya. Letakkan di piring makan kucing.

Jangan letakkan jauh-jauh dari kandangnya

Itu hanya untuk mempermudah ia menjangkau makanannya.

Selain itu, perhatikan juga makanan yang diberikan. Jangan selalu memberi makanan kering. Hal ini tak naik untuk sistem pencernaannya.

Di pasaran ada dua jenis makanan kucing yaitu kering dan basah. Agar dia juga tak bosan, kamu bisa selang-seling mengatur menu makanannya.

Terkait: Vitamin Penambah Nafsu Makan Kucing

 

Cara membuat makanan kucing anggora sendiri

Makanan Kucing Buatan Sendiri
Makanan Kucing Buatan Sendiri. via : http://www.wideopenpets.com

Selain dengan membeli makanan kemasan, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri.

Kalau kita sudah mambahas mengenai makanan instan kucing yang dapat dibeli dan langsung dapat dimakan kucing kita,

Kali ini kita bahas tentang bagaimana cara membuat makanan kucing anggora sendiri tanpa membelinya di toko. Dijamin menggunakan bahan aman yang dapat mudah kamu temukan.

Ada beberapa resep makanan buatan sendiri untuk kucing anggora yang dapat kamu praktekkan dirumah :

  • Resep 1

Kucing memang termasuk binatang karnivora. Tapi tak jarang, beberapa diantaranya ada juga yang doyan mengkonsumsi makanan nabati atau yang berasal dari tumbuhan. Nah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kucing, kamu bisa mengkombinasikan sumber makanan nabati dengan makanan hewani. Seperti pada resep 1 kali ini.

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu sediakan :

  1. Tempe
  2. Ikan
  3. Minyak ikan
  4. Vitamin
  5. Nasi

Langkah membuatnya :

  1. Pastikan nasi, tempe dan ikan dalam keadaan matang. Nasi dan ikan jangan terlalu matang atau lembek ya, ini akan merusak nutrisi didalamnya. Sebaiknya untuk mematangkannya masaklah dengan cara rebus, bukan goreng.
  2. Setelah semua siap, tempe dan ikan di haluskan agar mudah memakannya, bisa disuwir-suwir. Ini akan membantu kucing memakannya.
  3. Campur semua bahan jadi satu, racikan makanan kucing ini hanya bagus untuk sekali makan. Jadi, sesuaikan porsinya agak habisa dalam satu kali eaktu makan saja.

Kandungan protein, vitamin, asam amino dan nutrisi-nutrisi lain dalam resep 1 ini dapat membantu kucingmu untuk mendapat asupan bergizi yang menstimulasi kekebalan tubuh, memberi energi dan menjaga bulunya agar tak rontok.

Bagaimana? resep ini cukup mudah dan bermanfaat untuk kucingmu bukan?

  • Resep 2

Untuk resep ke 2. Bahannya cukup simpel. Kamu hanya perlu menyediakan nasi dan daging. Sediakan nasi dengan tekstur sedang ya, jangan terlalu lembek atau keras. Kemudian untuk dagingnya, kamu bisa menggunakan daging ayam, ikan, ataupun daging merah.

Caranya :

  1. Cincang daging dan rebus hingga matang. Ini agar dagingnya tak alot. Setelah cukup matang angkat dan tiriskan,
  2. Campur nasi dengan daging tersebut menjadi satu, bila perlu kamu bisa menambahkan suplemen atau vitamin untuk kesehatan kucing sesuai takaran yang diperbolehkan.
  3. Resep 2 siap disajikan untuk hewan lucu yang berasal dari turki ini.

 

  • Resep 3

Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan untuk resep ke tiga ini antara lain :

  1. ikan tongkol mentah untuk di rebus, kemudian suwir-suwir ambil dagingnya saja
  2. Wortel segar, untuk di parut (bisa direbus sebentar agar steril dan bakteri yang mungkin menempel bisa mati)
  3. 1/3 cangkir oatmeal yang sudah dimasak

Langkah membuatnya :

Jika semua sudah matang, campur ketiga bahan tersebut dalam sebuah mangkuk agar merata, resep ke 3 siap untuk disantap kucing anggora kesayanganmu.

Simpan dalam kulkas agar tahan lama (kurang lebih 3 hari).

Memperhatikan asupan makanan kucing anggoramemanglah penting.

Salah-salah jika asupannya tak memenuhi kebutuhan atau tak seimbang malah menjadikan bulu-bulunya rontok, menjadikan kucing lemas dan bahkan membuatnya tak lincah, tak mau bukan?

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.