Makanan Kucing Basah

Kucing membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

Makanan kucing sangat penting untuk membantu perkembangan kucing, karena itu pemilik kucing perlu memerhatikan jenis makanan yang akan diberikan kepada kucing peliharaannya.

Makanan kucing bisa bermacam-macam dan semuanya memiliki kelebihan tersendiri.

Makanan basah kucing baby snappy tom

Secara umum, jenis makanan kucing ada dua, makanan kucing yang berbentuk kering dan basah.

Kedua jenis tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa menjadi bahan pertimbangan pemilik kucing dalam memilih makanan untuk kucing peliharaannya.

Banyak orang yang lebih memilih untuk memberikan makanan kering pada kucing, makanan kering memiliki harga yang murah, mudah disimpan, dan dapat ditaruh dalam mangkuk makanan kucing begitu saja. Bagaimana dengan makanan kucing basah?

Tentu saja masih banyak diantara pemilik kucing yang bertanya-tanya, makanan kucing mana yang lebih bagus untuk kucing peliharaannya.

Bagus Mana? Makanan Kering atau Basah?

Bagus Mana Makanan Kering atau Basah

Sebenarnya Kamu bisa memilih jenis makanan yang cocok untuk kucing tergantung pada kondisi kesehatan kucing peliharaanmu.

Makanan  kucing basah memiliki banyak kelebihan yang bisa menjadi pertimbanganmu dalam memilih makanan kucing.

Makanan kucing basah umumnya dikemas dalam kemasan kaleng, kemasan kaleng akan membuat makanan yang ada di dalamnya tetap terjaga kualitasnya dan menjaga kesegaran makanan.

Makanan kucing basah juga biasanya memiliki aroma yang tajam dan rasanya yang enak sehingga kucing akan lebih menyukai makanan basah.

Hal ini bisa menjadi jawaban jika kucing peliharaanmu memiliki masalah dengan penurunan nafsu makan. Makanan kucing basah bisa mengembalikan nafsu makan kucing yang hilang.

Makanan basah juga memiliki kadar air yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan kucing kering.

Dilihat dari segi manfaatnya, makanan basa memiliki manfaat khusus bagi kucing peliharaanmu yang menderita ginjal.

Manfaat Makanan Kucing Basah

Manfaat Makanan Kucing Basah

Makanan kucing basah sendiri juga memiliki manfaat loh, diantaranya:

  • Dapat membantu untuk menjaga agar kucing tidak dehidrasi
  • Bisa mengurangi penyakit pada saluran kemih dengan membuat urin kucing menjadi lebih encer, hal ini tentu dapat lebih meringankan masalah ginjal pada kucing peliharaanmu.
  • Makanan kucing basah juga bisa membantu otot dan tulang kucing menjadi lebih kuat.

Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Basah

Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Basah

Jika dilihat, makanan kucing basah memiliki banyak kelebihan yang dapat bermanfaat untuk kucingmu, namun makanan basah kucing juga memiliki kekurangan. 

Jika kucing peliharaanmu sudah terbiasa diberi makanan basah, akan lebih susah dan memerlukan waktu untuk membuat kucing peliharaan bisa berganti ke makanan yang kering.

Makanan kucing basah memiliki tekstur yang lembut dan basah, hal tersebut juga dapat berpengaruh pada kesehatan gusi dan gigi kucing.

Kucing yang selalu mengkonsumsi makanan basah dalam waktu yang lama bisa memiliki karang dan plak pada giginya.

Walaupun makanan basah memiliki aroma yang bisa menggugah selera kucing, tetapi ternyata makanan kucing yang disimpan terlalu lama dalam wadah terbuka akan membuat kucing tidak tertarik lagi untuk memakanannya.

Dari sisi harga, makanan kucing basah umunya dipatok dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan makanan kucing kering, sehingga tidak cocok jika Kamu ingin berhemat dan memilih untuk membeli makanan basah.

Cara Memilih Makanan Basah Kucing

Cara Memilih Makanan Basah Kucing

Saat Kamu sudah yakin memilih membelikan makanan basah untuk kucing peliharaanmu,.

  • Pilihlah makanan kucing dengan melihat standar gizi yang terdapat pada makanan kucing.
  • Lebih baik untuk memilih makanan yang mengandung gizi seimbang yang sesuai dengan usia dan perkembangan kucing.
  • Perhatikan juga bahan baku dari makanan kucing itu, pilih komposisi yang kira-kira akan disukai oleh kucing.
  • Pilihlah makanan kucing yang mengandung tuna atau salmon jika kucing peliharaanmu lebih menyukai ikan.
  • Kamu juga bisa memilih makan dengan bahan dasar ayam jika kucing lebih menyukai daging.
  • Kamu bisa mengetahui bahan baku makanan kucing dari kemasan makanan tersebut.
  • Perhatikan juga apakah kucing peliharaanmu memiliki alergi terhadap gandum, jika iya, pilih makanan kucing yang terdapat tulisan grain free.

Grain free memiliki arti bahwa merek makanan kucing tersebut tidak mengandung sereal dalam bahan bakunya. Karena kucing merupakan hewan karnivora, kucing tidak terlalu membutuhkan karbohidrat untuk tubuhnya.


Jenis Makanan Basah Kucing

Jenis Makanan Basah Kucing

Makanan kucing basah biasanya dibagi menjadi beberapa jenis, jenis tersebut digolongkan berdasarkan kondisi kesehatan kucing, usia, dan hal lain.

Terdapat banyak jenis makanan basah kucing untuk anak kucing yang masih disusui oleh induknya, jenis makanan basah yang cocok dimakan untuk kucing tua dengan gigi yang lemah, dan masih banyak lagi jenis makanan kucing basah lainnya.

Apabila Kamu memiliki banyak kucing di rumah dengan usia yang berbeda-beda, sebaiknya pilih jenis makanan kucing yang cocok untuk semua tahap pertumbuhan dan segala usia.

Selain tahap pertumbuhan dan usia, Kamu juga perlu memilih makanan kucing berdasarkan kondisi kesehatannya.

Misalnya, kucing peliharaan yang obesitas, memiliki alergi, dan lain-lain. Apabila bingung untuk memilih makanan yang sesuai, Kamu bisa menanyakan rekomendasi dan berkonsultasi dengan dokter hewan.

Beberapa rekomendasi merek makanan basah yang bisa Kamu pertimbangkan dalam memilih dan membeli yang sesuai.

Jika Kamu mencari makanan basah grain free, Kamu bisa mencoba Kit Cat Deboned Tuna & Salmon Toppers.

Merek makanan kucing Snappy Tom juga merupakan merek makanan kucing yang grain free serta bebas zat aditif buatan sehingga sangat aman untuk kucing.

Merek lainnya yang sudah sangat terkenal di pasaran yaitu Royal Canin, Whiskas, dan masih banyak lagi merek makanan kucing basah yang bisa Kamu pilih untuk kucing kesayanganmu.

Makanan kucing basah memang pilihan yang bagus, namun tentu saja Kamu harus selalu memperhatikan tahapan tumbuh kembang kucingmu sehingga makanan yang diberikan bisa sesuai.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.