Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

Kucing yang sehat dan bugar tentunya menjadi impian para pemilik kucing. Ada banyak cara membuat kondisi kucing tetap sehat dan bugar. Mulai dari memberikan makan sesuai porsinya, lingkungan yang bersih, dan pemberian asupan gizi yang cukup.

Nah, yang akan jadi pembahasan di artikel kali ini adalah tentang pemberian gizi untuk kucing. Terkadang kita sebagai pemilik kucing hanya berpikir “Yang penting kucing saya makan banyak”, pola pikir yang seperti ini harus dirubah si pemilik kucing.

gambar kuning telur untuk kucing
gambar kuning telur untuk kucing, via : khasiat

Perlu kamu ketahui, pemberian gizi untuk kucing sangat penting. Karena gizi sendiri bisa sebagai penambah stamina dan juga manfaat lainnya. Namun, terkadang kita bingung, gizi seperti apa yang cocok untuk kucing.

Kadang kita memilih praktis, sehingga kita membeli nutrisi, gizi untuk kucing secara sembarangan di luar sana. Tanpa kita tahu sebenarnya apa khasiatnya, apa efek sampingnya.

Untuk itu di artikel ini akan dibahas salah satu bahan yang bisa menjadi gizi dan digunakan untuk kucing kamu.

Bahan yang satu ini dijamin aman dan tradisional asalkan penggunaannya sesuai aturan.

Selain itu bahan yang satu ini juga mudah dicari atau mudah didapatkan. Bahan tersebut adalah kuning telur. Mungkin kamu bertanya, kenapa kuning telur bisa bermanfaat untuk kucing ?

Untuk itu kamu perlu kandungan dari kuning telur.

 

Kandungan Kuning Telur

1. Vitamin B12

Walaupun terlihat sederhana, ternyata ada kandungan vitamin B12 yang sangat bermanfaat untuk tubuh kucing. Vitamin B12 sendiri pada umumnya berfungsi untuk sistem saraf.

 

2. Zat Besi

Selain vitamin B12. Kuning telur juga mengandung zat besi, zat besi ini bisa sebagai penambah daya tahan tubuh. Jika kandungan zat besi pada tubuh kucing cukup, maka kucing tidak akan mudah terserang penyakit.

 

3. Vitamin D

Vitamin D sendiri juga terkandung dalam kuning telur.

Vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang, otot, pada kucing. Intinya jika kamu memberikan kuning telur pada kucing kamu.

Maka kucing kamu akan semakin bergairah tidak mudah lemas.

Nah, itu tadi merupakan beberapa kandungan dari kuning telur. Setelah kamu tahu kandungannya. Lalu apa sih manfaat dari kuning telur unuk kucing ?

Baca juga : Vitamin untuk Kucing

 

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

1. Bulu Kucing Semakin Indah

Gambar Kucing Bulu Indah
Gambar Kucing Bulu Indah, via : ternakkucing

Jika ditanya apa yang membuat kucing menarik? Tentunya sebagian besar orang menjawab bulu-bulunya. Tentu kamu tidak mau jika bulu kucing kamu rusak, atau rontok. Lalu bagaimana cara membuat bulu kucing semakin indah?

Kamu bisa menggunakan kuning telur untuk merawat bulu kucing, dan juga mencegah bulu kucing yang rontok.

Caranya mudah, kamu hanya perlu memberikan kucing kamu kuning telur ayam kampung sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

Setelah itu tunggu hasilnya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu juga tetap perlu membersihkan atau merawat bulu dengan shampoo khusus kucing.

 

2. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Kuning telur sendiri untuk manusia, terkenal bisa menambah stamina dan daya tahan tubuh. Ternyata hal tersebut juga berlaku untuk kucing.

Kandungan zat-zat seperti vitamin dan zat besi yang terkandung pada kuning telur lah yang membuat bisa menambah stamina dan daya tahan tubuh.

Bagaimana caranya? Sama seperti penggunaan untuk bulu, kamu hanya perlu memberikan kucing kamu kuning telur sebanyak 3 kali dalam seminggu.

 

3. Mempercepat Proses Penggemukan Kucing

Memang kuning telur ini sangat bermanfaat untuk kucing. Selain bisa memperindah bulu, ternyata kuning telur bisa kamu gunakan untuk menggemukan kucing.

Oiya, untuk kamu yang ingin menggunakan kuning telur untuk penggemukan :

sebaiknya jangan berpikir bahwa semakin banyak kuning telur yang diberikan maka kucing maka kucing kamu akan semakin cepat gemuk.

Anggapan tersebut salah, malah pemberian kuning telur yang berlebihan dan tidak terkontrol bisa membuat kucing muntah.

 

4. Mempercepat Penyembuhan Kucing yang Sakit

Ternyata khasiat kuning telur tidak hanya digunakan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Kuning telur juga bisa digunakn untuk mempercepat proses penyembuhan untuk kucing yang sakit.

Untuk kamu yang ingin menggunakan kuning telur untuk penyembuhan penyakit kucing.

Caranya adalah, dengan mencampurkan 1 spet madu dengan kuning telur, lalu suapi kucing kamu dengan ramuan tersebut.

Disarankan untuk kamu yang menggunakan kuning telur untuk kucing, gunakan kuning telur ayam kampung.

Karena telur ayam kampung sendiri lebih alami, hal tersebut terlihat dari makanan yang dikonsumsi oleh ayam kampung sendiri yaitu biji-bijian, serangga, dan cacing.

Nah, itu tadi merupakan beberapa khasiat atau manfaat kuning telur untuk kucing. Intinya kuning telur sendiri merupakan alternatif untuk kamu yang mungkin ragu untuk menggunakan produk nutrisi kucing kemasan.

Intinya pada saat pemberian kuning telur untuk kucing jangan berikan secara berlebihan. Karena hal tersebut justru bisa membuat kucing kamu sakit bahkan bisa sampai muntah.

8 pemikiran pada “Manfaat Kuning Telur untuk Kucing”

  1. Dear yugi ,

    Mau bertanya , saya punya kucing dan baru pertama kali saya kasih kuning telur tapi bukan dari telur ayam kampung melainkan kuning telur ayam australi yg biasa di jual , apakah di boleh kan atau berbahaya bagi kucing atau saya harus mengganti kuning telur ayam kampung , thx

  2. kalo 3 kali sehari dalam seminggu,minggu depannya lagi kasih makan wishkas yang kering secara bergantian seling waktu seminggu boleh ga??

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.