Mitos Kucing Hitam

Diposting pada

Halo para catlovers yang baik hatinya, pasti kamu sering melihat kucing hitam disekitar rumah atau lingkanmu kan? Lalu apa yang terlintas dalam pikiran para catlovers saat melihat kucing hitam? Takut gelia atau bahkan tidak ada kesan apapun? Entahlah jawabannya ada dihati para catlovers masing-masing ya hehe.

Namun percaya atau tidak orang-orang yang memiliki kesan negatif saat melihat kucing hitam biasanya hal negatif tersebut disebabkan karena kepercayaannya terhadap mitos tentang kucing hitam.

Mungkin akan berbeda dengan orang yang tidak percaya tentang mitos-mitos tersebut atau dengan kata lain tidak peduli terhadap kehadiran kucing hitam di sekelilingnya. (kayak saya hehe)

Nah kali ini kucingpedia.com akan membahas beberapa hal tentang mitos kucing hitam , sebenarnya maksudi dari mitos sendiri itu apa apa sih?

Nah menurut berbagai sumber Mitos itu berasal dari bahasa Yunani yaitu mythos yang artinya mitos dalam bahasa Indonesia. Yang artinya jika dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah sebuah kisah atau cerita suatu bangsa tentang pahlawan zaman dahulu yang mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, asal-usul bangsa tersebut.

Kucing Persia Hitam Punya Mitos Juga Kah
Kucing Persia Hitam Punya Mitos Juga Kah?

Mitos sebenarnya mengandung arti yang mendalam yang diungkapkandengan cara gaib. Dan mitos sendiri sering diceritakan secara berlebihan , sehingga mengakibatkan tidak selaras dengan logika manusia, seperti halnya pada mitos yang terjadi pada kucing hitam.

Sudah sangat banyak mitos yang berhubungan dengan kucing hitam.  Tidak hanya di Indonesia saja loh tetapi diluar negeri juga sebagian besar penduduknya ternyata disebut0sebut berpikiran kiritis dan logis menarik bukan?

Walaupun banyak yang tidak percaya tentang hal-hal gaib seputar mitos , tetapi cukup banyak juga orang-orang yang masih memegang mitos seputar kucing hitam.

 

Kumpulan Mitos Kucing Hitam

 

Apa saja mitos kucing hitam?

Nah untuk lebih jelasnya dibawah ini merukan beberapa pembahasan beberapa mitos yang ebredar tentang kucing hitam di beberapa negara di dunia:

  1. CHINA

Di negara tiongkok(China), Kucing hitam  mitosnya dapat menimbulkan kesialan, bahkan ahal tersebut  mulai disadari ketika kemuncullan kucing hitam tersebut sebagai pertanda akan datangnya penyakit atau kemiskinan.

 

  1. Inggris

Sedangkan negara atau kerajaa Inggris ini,  Mitos tentang kucing hitam jika kucing hitam dihadiahkan kepada sepasang pengantin baru, justru dipercaya akan membawa keberuntungan.

 

  1. Jerman

Di negara Jerman konon katanya mitos tentang kucing hitam yang melompat ke atas tempat tidur orang ketika sedang sakit, akan dipercayai bahwa itu tandanya orang yang sakit tersebut akan segera dijemput ajalnya atau meninggal dunia.

 

  1. Latvia

Orang-orang di negara Latvia khususnya para petani justru mempercayai bahwa kucing hitam dapat memberikan mereka keberuntungna pada hasil panennya apabila kucing hitam bermain diladang atau kebun para petani tersebut.

Karen para petani  di negara Latvia percaya bahwa pada dasarnya  mitos kucing hitam tersebut merupakan titisan dari para dewa panen yang bernama Rungis.

 

  1. Mesir

Sedangkan di negeri Mesir , konon katanya mitos kucing hitam merupakan perwujudan dari Dewi Bast sang dewa matahari, orang-orang mesir mempercayai tentang mitos tersebut.

 

  1. Normandia

Dinegeri Normandia, Mitos tentang kucing hitam dipercaya sebagai pembawa penyakit , terutama jika orang-orang negara ini melihatnya pada saat menyebrang jalan ketika sedang bulan purnama.

 

  1. Rusia

Jika di Negara Rusia mitos tentnag kucing hitam agak sedikit aneh kenapa?

Karena orang-orang dirusia percaya jika kucing hitam melintas didepan mereka, maka orang tersebut  yang melihat kucing hitam harus berjalan berbalik arah dan sambil memegang salah satu kancing bajunya supaya konon terhindar dari kesialan dalam hidup orang tersebut.

 

  1. Amerika Serikat

Dari hasil survei yang telah dilakukan diperoleh hasil dengan 13 persen warga Amerika Serikat yang mempercayai tentang adanya mitos kucing hitam dengan hal atau nasib buruk yang terjadi pada seseorang jika seseorang meihat kucing hitam disebuah persimpangan jalan.

Oleh karena itu mayoritas warga Amerika Serikat tidak tertarik untuk memelihara kucing Hitam. Hal ini dikutip sesua hasil penelitian yang dikakukan oleh Journal of Applied Animal Welfare Scnce pada tahun 2013 silam.

 

  1. Bengali

Dan disuku bengali atau suku yang terletak dibagian Negara India dan Bangladesh ini, terdapat mitos tentang kucing hitam, dan disuku bengali kamu akan mengenal sebuah mitos dimana terdapat seorang wanita yang dapaet merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing yang artinya apabila kucing hitam itu disakiti berarti wanita tersebut disakiti juga.

 

  1. India

Di Negara India mitos tentang kucing hitam ditandai dengan membakar seekor kucing hitam sebagai persembahan, yang artinya orang-orang India percaya bahwa jiwa yang bereinkarnasi akan dibebaskan setelah membakar kucing hitam tersebut.

Yang konon sejarahnya ritual ini sama seperti upacara pembakaran kucing htam yang dilakukan pada masa Babilonia Kuno yang merupaka sejarah awal mitos kucing htam.

Dan dari beberapa sumber yang diperolej konon katanya pada masa itu terdapat ritual pembakaran kucing hitam yang dibarengi dengan sesaji lainnya. Karena pada waktu itu orang-orang India menganggap kucing hitam bersahabat dengan ular , dan di India ular dipercaya sebaga lambang kejahatan.

 

  1. Indonesia

Nah sedangkan dinegara kita sendiri yaitu Republik Indoesia, banyak loh mitos-mitos yang beredar seputar kucing hitam. Diantaranya yaitu sebagai berikut! :

  • Apabila kamu menabrak kucing hitam hingga mati, maka konon katanya nasib sial akan menimpa si penabrak kucing hitam tersebut, kecuali jika langsung dikuburkan.
  • Selanjutnya apabila seekor kucing hitam melangkahi tubuh jenazah, maka jenazah tersebut konon katanya akan bangkit dan dirasuki roh jahat yang dibawa oleh kucing hitam tersebut
  • Jika kucing hitam dipukul hingga teruka oleh pemiliknya atau oleh seseorang, mitosnya rezeki si pemukul dan keluarganya akan berkurang selama 2tahun secara berturut-turut.
  • Dan mitos kucing hitam selanjutnya yaitu pada saat kita berjalan terdapat kucing hitam yang sedang melintas . konon katanya usaha yang kamu lakukan pada hari itu juga akan terbaung sia-sia.
  • Dan jika dilihat dari mitos kucing hitam yang menguntungkan, Ada saran bagi para catlovers supaya memeilihara kucin hitam yang terdapat pola putih dikening kucing tersebut. Hal ini disebabkan karena mempunyai makna pembawa berkah dalam mencari nafkah atau rezeki.
  • Mitos kucing hitam yang selanjutnya yaitu jika menemukan kucing hitam beranak tujuh disekitar rumah kamu, konon katanya sipemilik rumah akan menjadi orang kaya.
  • Dan jika seekor kucing hitam yang tidak memilki majikan, kemudian kucing hitam terseut betah tinggal dirumah kamu, mitosnya ini merupakan bertanda bahwa si pemilik rumah akan mengalami hal keberuntungan.
Kucing Hitam Gak Nyeremin Kok
Kucing Hitam Gak Nyeremin Kok

Nah para catlovers, itulah beberapa mitos tentang kucing hitam, mungkin ada yang kamu percayai tentang mitos kucing hitam tersebut? Semoga saja tidak ya, karena pada umumnya benar atau tidaknya mitos-mitos tentang kucing hitam tersebut tergantung keyakinan hati para catlovers masing-masing ya!. Semoga bermanfaat dan See you!

Seorang Blogger yang cinta kucing. Menjadi pecinta kucing sejak kecil dan bercita-cita membangun situs Blog Pecinta Kucing yang bermanfaat dan terkenal.

Tinggalkan Balasan