Obat Cacing untuk Kucing

Pilihlah Obat Cacing untuk Kucing yang tepat – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling banyak digemari. Selain lucu dan menggemaskan, kucing juga menjadi salah satu teman terbaik manusia. Tak heran jika banyak sekali orang yang memelihara kucing. Namun, seperti halnya hewan peliharaan lainnya, kucing juga memiliki beberapa masalah dengan penyakit.

Ada pun beberapa penyebab yang membuat kucing terserang berbagai penyakit. Sebagai salah satu bentuk pencegahan atau pertahanan dari adanya berbagai virus penyakit, maka dibutuhkan vaksin.

Namun sayangnya, tidak semua penyakit yang menyerang memiliki vaksin. Bahkan, biasanya seekor kucing pun dapat terserang cacingan.

Tapi, tak perlu khawatir. Sama halnya dengan manusia, ada beberapa obat cacing untuk kucing yang dapat diandalkan.

Penting untuk dibaca : Penyebab Kucing Cacingan

Ciri-Ciri Kucing Cacingan

Sebelum memutuskan membeli obat cacing untuk kucing, ada baiknya kamu mengenali dulu beberapa ciri-ciri dari adanya penyakit cacingan pada kucing kamu. Langkah ini menjadi lebih efektif untuk menghindari adanya salah diagnosa.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari kucing yang terjangkit cacingan:

1. Badan kucing kurus tetapi memiliki perut yang buncit

Hal ini harus dicermati karena perut buncit bisa jadi menjadi ciri-ciri kucing kamu cacingan.

Jika kamu menyentuh badan kucing kamu, namun langsung bersentuhan dengan tulangnya yang hanya memiliki sedikit daging dan perutnya besar maka kamu bisa mencurigai bahwa kucing kamu cacingan.

2. Kucing sering merasa haus namun hilang nafsu makan

Hal ini juga bis menjadi gejala bahwa kucing kamu cacingan. Biasanya dengan nafsu makan yang berkurang ini membuat kucing kamu kehilangan nafsu makan.

3. Keluar cacing ketika pup dan diare

Sebelum berniat membeli obat cacing kucing, dan kamu menemukan bahwa kucing kamu diare dengan mengeluarkan pup bercampur cacing maka sudah dipastikan kucing kamu cacingan.

Selanjutnya, kamu bisa memberikan beberapa obat cacing.

Selengkapnya: 7 tanda-tanda kucing cacingan.

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri dari kucing yang terjangkit cacingan, maka sudah saatnya kamu mengambl tindakan.

Hal ini dilakukan jika kamu menemukan ciri-ciri tersebut pada kucing. kamu belakangan ini.

Adapun beberapa rekomendasi obat cacing untuk kucing yang bisa digunakan.

Tak lupa juga beberapa cara memberi obat cacing pada kucing agar lebih efektif dalam mengobati cacingan pada kucing kamu.

Daftar obat cacing untuk kucing yang ampuh

Apa saja obat cacing untuk kucing?

Berikut adalah beberapa rekomendasi obat cacing untuk kucing kamu.

1. Drontal Cat (bayer)

Drontal Cat Obat Cacing untuk Kucing
Drontal Cat Obat Cacing untuk Kucing. via : vet-medic.com

Artikel lengkap: Cara mengobati kucing cacingan.

Untuk rekomendasi obat cacing yang pertama adalah obat cacing kucing drontal cat.

Obat ini menjadi rekomendasi nomor satu ketika kucing kamu terserang penyakit cacingan.

Obat cacing untuk kucing ini memiliki anfaat sebagai pemberantas cacing pada kucing secara luas.

Obat ini dapat digunakan sebagai penghilang parasit usus seperti cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang.

Hal ini pula yang menjadikan obat cacing kucing ini berbeda dengan obat cacing untuk manusia.

Sebagai spektrum obat yang memberantas cacing secara luas, maka Drontal Cat ini memang sangat efektif untuk megobati cacingan pada kucing kamu.

Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Kamu bisa memberikan Drontal Cat sesuai dengan berat badan kucing.

Setiap 1 tablet Drontal Cat diberikan setiap 4kg dari berat badan kucing.

Jika kucing memiliki berat badan 2kg maka dosis yang diberikan adalah ½ tablet Drontal Cat.

Begitu pun jika kucing kamu memiliki berat badan 6kg, maka dosis yang diberikan adalah 1 ½ kg Drontal Cat.

Berikan pada anak kucing pada usia 6 minggu, 8 minggu, 10 minggu, dan 12 minggu.

Selanjutnya diberikan lagi pada usia 1 hingga 6 bulan.

Selanjutnya, obat cacing ini bisa diberikan setiap 3 bulan sekali saat kucing sudah beranjak dewasa.

2. Drontal plus + (bayer)

Sama dengan Drontal Cat, namun Drontal Plus juga bisa untuk anjing.

3. Combantrin

Rekomendasi ketiga adalah obat cacing kucing Combantrin.

Jika kucing kamu terserang parasite usus yang lebih spesifik, maka Combantrin bisa menjadi andalan.

Sebelumnya, kamu pasti tidak asing lagi dengan merk dagang ini.

Biasanya Combantrin sangat terkenal sebagai obat cacing untuk manusia.

Ternyata, Combantrin Pfizer juga bisa menjadi andalan sebagai obat cacing untuk kucing kamu.

Obat cacing ini sangat efektif untuk mengobati jenis cacing gelang.

4. Vermox

Kamu juga bisa memberikan obat cacing kucing Vermox jika kucing kamu cacingan.

Obat cacing Vermox ini dipercya sangat ampuh untuk membasmi cacing gelang dan cacing pita.

Kandungannya sepertoi mebendazole membantu menghilangkan parasit usus pada kucing.

Cara penggunaannya pun hampi sama dengan obat cacing lainnya.

Hindari memberikan obat cacing kepada kucing yang sedang hamil.

Hampir seluruh obat cacing untuk kucing tidak dianjurkan untuk kucing yang sedang hamil.

Ada baiknya menunggu untuk lahir lalu memberikan dosis kepada ibu kucing dan anaknya.

Sehingga keduanya dapat diobati sekaligus.

Kamu bisa mendapatkan obat cacing ini di dokter hewan atau petshop terdekat.

5. Bawa ke dokter hewan untuk obat yang direkomendasikan

Langkah yang tepat ialah baiknya kamu memeriksakan kucing ke dokter hewan jika berkelanjutan.

Sang ahli pasti akan memberikan obat yang tepat untuk kucing.

10 pemikiran pada “Obat Cacing untuk Kucing”

  1. klo utk kucing usia sekitar 3 bulan yang Cacingan ( positif ada cacing di kotorannya ),

    berapa dosisnya bila menggunakan Combantrin …????

  2. kucing ku umurnya sekitar 3 bulan lebih terus tiba2 dia muntah dan ada cacingnya, aku cari tau ternyata itu cacing gilig/gelang akhirnya aku kasih obat cacing sirup merk ALBENWORM. aku baru kasih hari ini sih jadi belom tau hasilnya. aku mau nanya biasanya kalo pemberian obat cacing pada kucing yang udah cacingan itu berapa kali ya? setiap hari atau berapa minggu sekali gitu? yang tau tolong dijawab ya sangat membantu aku banget abisnya^^ terimakasih!

    • siip udah diobati.

      jangan sering2, seminggu sekali aja atauu baca di aturan minumnya. soalnya perut kucing beda banget dari perut manusia kan, sensitif banget gitu perutnya

      • Kalo kucing saya hanya muntah terus ada Cacing gelangnya.. Tapi kalo pup engga.. Susah banget kalo makan ! Gimana mengatasnya

  3. Kucingq perutnya buncit dan kurus sejak adopsi stelah 1bln sudah agak gemukan tp perutnya tetep buncit udah ku kasih obat cacing tetep buncit. Nafsu makan lahap.lincah.energic.bulu halus soalnya gk pernah nemu cacing di poopnya. Itu gimna caranya biar sembuh dr perut buncit .kasiann kyk hamil gak bisa flexible tubuhnya…. ?????

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.