Tanda Anak Kucing Mati dalam Perut

Seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga bisa melahirkan. Saat melahirkan biasanya kucing akan melahirkan beberapa bayi sekaligus.

Proses melahirkan anak kucing juga dilakukan secara mandiri oleh induk kucing.

Tapi kamu sebagai pemilik juga harus paham, tentang pentingnya kucing hamil, dan apa saja tanda jika anak kucing mati dalam perut.

Pentingnya Memperhatikan Kucing yang Hamil

Gambar Kucing Hamil

Saat pada masa hamil, jangan lupa untuk selalu memastikan kucing peliharaanmu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan tempat untuk beristirahat yang nyaman.

Saat melahirkan, kucing tidak memerlukan perlakuan khusus atau situasi tertentu.

Jika Kamu sudah terbiasa memiliki kucing dan kucing tersebut melahirkan, mungkin Kamu tidak merasa khawatir saat waktu melahirkan kucing telah tiba.

Tetapi, terkadang ada beberapa hal yang mungkin tidak terduga dapat terjadi pada waktu proses melahirkan kucing.

Pada umumnya, kucing akan melahirkan bayi kucing pada saat 64 sampai 67 hari masa kehamilan.

Kucing adalah makhluk yang mandiri, kucing tidak memerlukan bantuan siapa pun, baik itu bantuan manusia untuk dapat melahirkan.

Tetapi, pada saat tertentu mungkin Kamu menjumpai kasus di mana kucing mengalami kesulitan saat melahirkan, tentu saja hal tersebut bisa membahayakan keselamatan induk kucing dan bayi kucing yang akan dilahirkan.

Penyebab Anak Kucing Mati Dalam Perut

Penyebab Anak Kucing Mati Dalam Perut

Penyebab hal tersebut bisa disebabkan oleh apa saja, misalnya dari induk kucing atau anaknya.

Kebanyakan dari pemilik kucing akan membiarkan kucingnya saat melahirkan dan sering juga dibiarkan hingga keesokan harinya.

Hal tersebut sebenarnya tidak masalah, yang bisa menjadi masalah yaitu ketika anak kucing tidak keluar semua dari perut induk kucing.

Sebaiknya, pemilik kucing selalu memperhatikan saat kucing sedang melahirkan.

Cara Mengecek Anak di dalam Induk Kucing

Cara Mengecek Anak di dalam Induk Kucing

Saat kucing selesai melahirkan, perhatikan perutnya, apa perut kucing tersebut masih terlihat besar dengan selang waktu yang cukup lama.

Kamu perlu meraba perut induk kucing tersebut, jika saat diraba terasa sesuatu yang bulat dan terasa keras atau mungkin terjadi pergerakan, maka ada kemungkinan jika ada anak kucing yang masih tertinggal di rahim induk kucing.

Untuk dapat mengeluarkan anak kucing yang tertinggal dalam perut, maka caranya adalah dengan operasi dengan dokter.

Jadilah pemilik kucing yang peka, banyak pemilik kucing yang merasa hal tersebut wajar dan pada akhirnya membiarkannya.

Akibatnya Jika Bangkai Anak Kucing Tidak Dikeluarkan

Akibatnya Jika Bangkai Anak Kucing Tidak Dikeluarkan

Perlu Kamu ketahui, jika hal seperti ini dibiarkan dan benar bahwa masih ada anak kucing yang tertinggal, maka fetus tersebut akan membusuk dan dapat meracuni tubuh induk kucing, hal ini akan membahayakan induk kucing karena tubuh induk kucing akan menyerap bangkai anaknya.

Risiko lain yang bisa terjadi yaitu induk kucing mengalami infeksi saluran reproduksi sehingga menimbulkan aroma yang tidak enak dan akumulasi nanah.

Solusi terbaik yang bisa Kamu lakukan adalah dengan membawa kucing tersebut ke dokter hewan terdekat dai tempatmu berada.

Jika dibawa ke dokter hewan, kucing akan segera mendapat pertolongan untuk menindaklanjuti pengobatan.

Apabila terjadi infeksi, dokter akan memberikan resep antibiotik dan memberikan hasil pemeriksaannya.

Sebagai pemilik kucing, Kamu harus selalu memperhatikan asupan makanan dan minuman kucing agar dapat menunjang kualitas dan kuantitas pemberian susu untuk anak kucing yang lainnya.

Tanda-Tanda Anak Kucing Mati di dalam Induk Kucing

Tanda-Tanda Anak Kucing Mati di dalam Induk Kucing

Tanda yang bisa Kamu lihat apabila benar terdapat anak kucing yang mati dalam perut induk kucing adalah perut induk kucing yang tidak kunjung kempes.

Keadaan induk kucing yang gelisah, terdapat bau kurang sedap, dan hal lainnya bisa kamu rasakan dengan meraba perut kucing tersebut.

Dengan tindakan yang sigap dari pemilik kucing, kucing diharapkan bisa diselamatkan dan terhindar dari infeksi yang bisa menyebabkan kerusakan pada saluran reproduksi kucing tersebut.

Saat hal seperti ini terjadi, jangan lupakan anak kucing lainnya yang lahir, anak kucing tersebut pasti akan membutuhkan kehadiran induknya dan air susu sebagai asupan nutrisi anak-anak kucing.

Pastikan induk kucing selalu diberi makanan dan minuman seperti biasanya, agar induk kucing tetap sehat dan bisa memberikan air susu untuk anak-anak kucingnya.

Ternyata, hal yang biasanya dianggap sepele oleh pemilik kucing yaitu saat kucing melahirkan, terdapat beberapa hal yang mungkin bisa saja dialami dan akibatnya akan sangat buruk jika dibiarkan. Anak kucing yang tertinggal dalam perut induknya, akan menyebabkan sesuatu yang bisa membahayakan induk kucing jika tidak langsung ditangani oleh dokter untuk diberi pertolongan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.