Vitamin Bulu Kucing

Bulu pada kucing merupakan daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Kucing yang memiliki bulu yang lebat dan sehat terlihat menggemaskan dan disukai oleh banyak orang.

Makannya bulu juga merupakan bagian yang penting dari kucing yang tidak luput dari perhatian pemiliknya.

Pemilik kucing perlu merawat bulu kucing peliharaannya agar selalu sehat dan tidak rontok.

Kamu perlu melakukan perawatan tersendiri untuk dapat merawat bulu kucing.

Dalam perawatannya, bulu kucing memerlukan vitamin untuk membantu agar bulu kucing tetap sehat.

Hal tersebut memang memerlukan perhatian khusus, namun Kamu pasti akan suka jika kucing peliharaanmu memiliki bulu yang lebat dan juga sehat.

Manfaat Vitamin Bulu Kucing

Manfaat Vitamin Bulu Kucing

Terdapat banyak manfaat yang bisa Kamu rasakan jika menggunakan vitamin bulu kucing untuk perawatan bulu kucing peliharaanmu, yaitu:

  1. Mencegah bulu kucing rontok dan botak.
  2. Merangsang pertumbuhan bulu pada kucing.
  3. Membuat bulu kucing menjadi lebih mengkilap atau glowing.
  4. Menjaga kesehatan tubuh kucing.
  5. Melembutkan bulu kucing.

Jenis Vitamin Bulu Kucing

Sebenarnya ada banyak sekali jenis vitamin bulu kucing yang dijual di pasaran, Kamu juga bisa menemukannya dengan mudah.

Namun, sebaiknya Kamu perlu berhati-hati sebelum membeli vitamin bulu kucing. Kamu harus selalu selektif dan gunakan pada bulu kucingmu sesuai dengan anjuran yang disarankan pada produk atau oleh dokter hewan.

Beberapa merek vitamin bulu kucing, yaitu:

1. Ketwol Drops

Ketwol Drops

Vitamin Ketwol Drops adalah vitamin yang digunakan untuk membantu pertumbuhan pada bulu kucing dan vitamin ini telah terkenal di kalangan pencinta kucing.

Obat bulu untuk kucing ini menjadi salah satu obat favorit untuk mencegah kucing peliharaanmu mengalami kerusakan pada bulu dan mengalami kerontokan.

Ketwol Drops ini aman digunakan untuk kucing dewasa maupun anak kucing.

Obat ini mengandung vitamin B1, B2, E, Panthothenate, dan Nicotinamide. Di pasaran Ketwol Drops dihargai sekitar Rp. 60.000. Obat ini dipakai 2-3 tetes dalam sehari.

2. Nutricat By Japan

Nutricat By Japan

Vitamin Nutricat juga cukup populer di kalangan pemilik kucing, karena vitamin ini memiliki manfaat yang dapat dilihat dan dirasakan langsung.

Nutricat ini adalah obat yang merangsang pertumbuhan bulu pada kucing dan diformulasikan oleh Otsuda Japan.

Jika kucing peliharaanmu diberi obat ini, maka dapat mengatasi masalah bulu rontok dan membantu pertumbuhan bulu dengan maksimal.

Obat ini sangat cocok digunakan untuk merangsang pertumbuhan bulu, mencegah terjadinya kerontokan bulu kucing, serta membuat bulu kucing menjadi lebih mengkilap.

Kamu bisa mencoba obat ini pada kucing peliharaanmu sebagai bentuk pencegahan dan pengobatan pada masalah bulu kucing. Harga obat ini yaitu sekitar Rp. 65.000.

3. Minyak Ikan

Minyak Ikan vitamin untuk kucing

Minyak ikan ini memiliki banyak manfaat untuk kucing, bukan hanya sebagai perawatan untuk bulu kucing.

Minyak ikan bisa digunakan untuk merawat bulu kucing agar tetap lebat, selain itu beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh kucing juga dapat diatasi oleh minyak ikan, misalnya:

  • Kucing demam
  • Menambah imunitas pada kucing
  • Mencegah kucing diare

Dan masih banyak khasiat lainnya yang dapat didapatkan dengan minyak ikan.

4. Well Obat Perangsang Pertumbuhan Bulu

Well Obat Perangsang Pertumbuhan Bulu

Well obat penumbuh bulu pada kucing ini bekerja sangat efektif dalam mengatasi macam-macam masalah pada bulu kucing serta mencegah kerontokan yang disebabkan oleh banyak hal.

Vitamin Well ini aman apabila termakan oleh kucing peliharaanmu. Sebelum menggunakan vitamin ini, pastikan untuk mengocok kemasan sebelum siap digunakan.

Caranya yaitu dengan menyemprotkan vitamin secara langsung ke seluruh tubuh kucing terutama bagian yang mengalami kerontokan dan kebotakan, pastikan untuk tidak menyemprot ke bagian kulit hewan. Kamu bisa menyemprot vitamin sebanyak 2 kali dalam sehari.

Kamu bisa terus menggunakan vitamin ini sampai bagian bulu kucing yang botak tumbuh kembali.

Walaupun aman apabila termakan oleh kucing, namun sebaiknya Kamu memberikan vitamin ini setelah 1 jam waktu pemberian makan dan minum secukupnya agar tidak terjilat oleh kucing dengan berlebihan.

5. Virbac Megaderm

Virbac Megaderm

Salah satu vitamin yang memiliki kualitas bagus untuk perawatan bulu kucingmu ialah Virbac Megaderm.

Vitamin ini dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit kucing yang mengalami kerontokan, jamur pada bulu, dan masalah lainnya.Virbac Megaderm juga dapat membuat bulu kucingmu lebat, berkilau, dan terhindar dari rontok.

Vitamin ini mengandung omega 3 dan 6 yang memiliki fungsi anti radang untuk kulit sensitif dan memperbaiki jaringan kulit kucing.

Kamu sudah dapat melihatnya pada 2 minggu setelah pemakaian. Selain digunakan untuk kucing, Virbac Megaderm juga bisa diberikan pada anjing untuk menjaga kesehatan bulunya.

Cara Menggunakan

cara menggunakan vitamin bulu kucing

Untuk vitamin bulu kucing yang berbentuk cair, Kamu bisa memberikannya pada kucing dengan cara disemprotkan pada bagian bulu biasanya, Kamu bisa membaca petunjuk pada kemasan atau menanyakan di tempat pet shop Kamu membeli vitamin tersebut.

Namun, untuk cara menggunakan Virbac Megaderm yaitu dengan cara memberikannya dengan menggunakan pipet dan dimasukkan langsung ke dalam mulut kucing. Banyaknya vitamin yang diberikan tergantung dari bobot kucing.

  • Kucing dengan bobot 0-10 kg = 1×4 ml satu kali dalam sehari
  • Kucing dengan bobot 10-20 kg = 1 x 8 ml satu kali dalam sehari
  • Kucing dengan bobot lebih dari 20 kg = 2 x 8 ml satu kali dalam sehari.

Ada banyak pilihan vitamin bulu kucing yang bisa Kamu berikan untuk kucing peliharaanmu.

Tetapi, penting sekali untuk memperhatikan bahwa vitamin yang akan digunakan harus vitamin yang cocok untuk masalah pada bulu kucing dan aman untuk kucing peliharaanmu. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.